res

Tiba-tiba Hilang Bau dan Rasa. Inilah Cara Ampuhnya.... - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa Yang Paling Bertanggungjawab Dalam Tragedi Kanjuruhan ?

26 Desember 2020

Tiba-tiba Hilang Bau dan Rasa. Inilah Cara Ampuhnya....



Indera penciuman dan pengecap sangat penting perannya karena membantu berbagai kelangsungan dan kualitas hidup.


Namun bagaimana rasanya jika fungsi indera tersebut mendadak hilang? sudah tentu kita kaget karena kita tidak akan merasakan bau atau rasa.


Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti alergi, masalah pernapasan bagian atas, obat-obatan, polip hidung, masalah gigi, penyakit degeneratif, penuaan, trauma, kemoterapi, dan saat ini, COVID-19.


Hilangnya bau dan rasa ini, akan kembali pulih jika diobati.


Selain dengan pengobatan dari sumber penyakitnya, ada cara alami untuk mengembalikan bau dan rasa.


Berikut cara efektif untuk mengatasi hilangnya bau dan rasa di rumah seperti dilansirkan boldsky.


1. Lemon


Asam sitrat dalam lemon sangat efektif dalam membangkitkan dan meningkatkan rasa asam dan manis serta mengembalikan indera penciuman dan perasa yang hilang.


Mereka juga membantu mengaktifkan reseptor penciuman dan pengecapan dan memainkan peran penting dalam persepsi indera.


Untuk melakukannya, Potong lemon menjadi dua bagian dan hirup selama beberapa menit setiap hari pada pagi dan sore hari.


Anda juga bisa menyiapkan jus lemon dengan mencampurkan lemon dan madu dalam segelas air.


2. Minyak jarak


Minyak jarak adalah salah satu pengobatan rumahan terbaik untuk mengatasi hilangnya bau dan rasa karena sifat antioksidan, anti-inflamasi dan antimikroba.


Jika indera penciuman dan perasa Anda hilang karena flu atau pilek, minyak jarak membantu melawan peradangan dan dengan demikian, mengurangi gejala sebagian besar.


Teteskan satu tetes minyak jarak yang telah dihangatkan ke dalam lubang hidung di pagi hari dan sebelum tidur.


Ini dapat membantu membersihkan lubang hidung.


3. Uap Terapi


Uap digunakan sejak zaman tertua dan dapat dengan mudah digunakan di rumah. Ini membantu mengurangi peradangan dan hidung tersumbat serta mengembalikan indra penciuman dan rasa yang hilang.


Didihkan air, tutupi kepala Anda dengan kain tebal dan biarkan uap masuk ke lubang hidung Anda. Lakukan selama sekitar 10-15 menit, dua kali sehari sampai gejalanya menetap.


4. Jahe


Sebuah penelitian berbicara tentang aktivitas antivirus jahe terhadap virus influenza penyebab flu biasa dan flu burung.


Senyawa aktif dalam jahe dapat membantu mengatasi kondisi ini yang berhubungan dengan hilangnya indra dan penciuman.


Kunyah sepotong kecil jahe atau siapkan teh jahe dan konsumsi.


5. Lavender


Stimulasi penciuman melalui penghirupan wewangian adalah prosedur yang sangat efektif. Menurut sebuah penelitian, bau lavender cenderung meningkatkan gelombang otak, yang pada gilirannya dapat membantu mengembalikan indera penciuman dan rasa yang hilang.


Tuang beberapa tetes minyak lavender ke dalam air mendidih dan hirup. Anda dapat melakukannya seperti menghirup uap.


6. Bawang putih


Sifat antimikroba bawang putih dapat membantu meluruhkan saluran hidung dan mengembalikan indra penciuman dan rasa.


Selain itu, asam risinoleat dalam bawang putih menunjukkan sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meringankan masalah pernapasan karena tersumbat dengan mengurangi peradangan.


Ambil 2-3 siung bawang putih, rebus, saring campurannya lalu minum airnya dua kali sehari untuk bantuan cepat. Anda juga bisa menambahkan sejumput garam untuk rasa yang lebih enak.


7. Peppermint


Peppermint adalah ramuan obat yang digunakan untuk mengobati gejala pilek dan flu yang berhubungan dengan penekanan indera penciuman dan perasa. Mereka membantu mengurangi peradangan pada ruang hidung dan membersihkan hidung tersumbat.


Peppermint dapat digunakan dengan dua cara untuk mengatasi hilangnya bau dan rasa.


Pertama, rebus daunnya dan siapkan teh dan minumlah setidaknya 2-3 kali sehari untuk hasil yang lebih baik.


Kedua, tambahkan beberapa tetes minyak peppermint ke dalam air mendidih dan hirup uapnya untuk menghilangkan hidung tersumbat.


8. Minyak kelapa


Minyak kelapa dapat digunakan dalam metode penarikan minyak untuk mengobati sakit tenggorokan dan masalah paru-paru lainnya yang mungkin menyebabkan hilangnya rasa dan bau. Minyak membantu membalikkan infeksi paru-paru alergi dan radang trakea.


Aduk minyak kelapa di mulut selama sekitar 5-10 menit, ludah dan sikat. Lakukan proses ini hanya sekali sehari, sebaiknya di pagi hari. Wn


Tidak ada komentar:

Posting Komentar