res

Pelepasan Perdana Tol Laut Khusus Ternak 500 ekor di Pelabuhan Calabai - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

21 Juni 2021

Pelepasan Perdana Tol Laut Khusus Ternak 500 ekor di Pelabuhan Calabai

 


Dompu-Cakrawalaonline, -Pelepasan perdana tol laut khusunya ternak sebanyak 500 ekor, di pelabuhan UPP kelas III Calabai, menjadi catatan sejarah baru di dunia pelayaran tahun 2021ini, kegiatan dilakukan pada hari  Senin 21/6/ 2021 (16.40) WITA.

   

 Adapun kegiatan pelepasan ternak sebanyak 500 ekor,  bertempat di Kantor Unit Penyelengara Pelabuhan Kelas III Calabai telah berlangsung Kegiatan Pelepasan Perdana Tol Laut Khusus Ternak Melalui Pelabuhan Calabai Desa Calabai Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu NTB.

    

 Dalam proses kegiatan  tersebut dihadiri oleh Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani, dan Wakil Bupati Dompu H. Sahrul Parsan , ST. MT. 

 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB Bapak Drh. Khaerul Ihwan  M.Sc, Dandim 1614 Dompu Letkol Parali Cahyono  S. Kom, S.Tm .Ketua DPRD Kab. Dompu Andi Bachtiar  A.Md. Par, Kapolres Dompu yang diwakili oleh Kapolsek Pekat Ipda Muh. Sofyan S.Sos Dan Kasat Polairud Iptu L Muh Iksan Camat Pekat Gunawan , S, KM, Danramil Pekat Kapten Inf Muhammad Kasim  ASD , dan tuan Rumah Bapak , Kepala Kantor UPP Kelas III Calabai Hani Mamengko, SH. M. Si. 

Selain pejabat tinggi di lingkup Pemda Dompu, turut hadir para tamu undangan sekitar 100 orang.

Merujuk sebuah acara yang sakral sebagai berikut, diawali dengan, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan do,a, bersama yang dipimpin oleh Bapak Drs. Rusli H. Ahyar

     

 

Kepala Kantor UPP Kelas III Calabai Hani Mamengko SH.M. Si.dalam kata sambutan,  atas nama Kementerian  perhubungan melalui Dirjen, Perhubungan Laut , mengucapkan  terima kasih  kepada pemerintah Kabupaten Dompu yang  telah  mencanangakan program dan demi mensukseskan Peresmian Kapal  Pelabuhan  Tol  Laut khusus ternak di Pelabuhan Calabai Pada  hari ini suatu bertanda berkah di Kabupaten  Dompu  akan dimulainya angkutan  Pelabuhan  tol khusus pelabuhan ternak. 

   

Hanimawengko  SH, M,Si, menjelaskan dalam paparanya Perlu diketahui banyak tahapan yang  kita lewati dengan berbagai persoalan tapi saya mengapresiasi kepada pemerintah Kabupaten Dompu atas upaya yang di lakukan ,  sehingga terlaksana kegiatan ini, dengan sebaik baiknya, unkap Hanimawengko SH, M,Si.di Calabai 21/6. 

    

Selanjutnya, Pada tanggal 07 Juni kami melakukan  audiensi dengan Direktur Jendral  Perhubungan  laut dalam kurun waktu beberap hari  alhamdulillah pada hari ini telah disaksikan bersama akan dimulainya angkutan ternak di Pelabuhan Calabai kata Hanimawengko SH, M.Si.

   

 Kepala pelabuhan mengatakan keakuan bahwa beliau  orang pendatang  merasa  bangga dengan adanya  pelabuhan tol  laut khsus ternak  di Pelabuhan Calabai, untuk masyarakat Dompu.

   

 Hanimawengko , M,Si, mengajak  "Mari kita " manfaatkan tol laut jangan hanya pada  saat idul adha tapi di hari - hari lain, ujarnya.  

   

Dalam kesempatan yang sama,  Kepala Dines Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB Bapak Drh. Khaerul Ihwan M.Sc , mengungkapkan, atas usaha kita bersama, saya atas nama Pemerintah propinsi NTB, mengucapkan  alhamdulillah pada hari ini kita bisa melaksanaka Pelepasan Perdana Tol Laut Khusus Ternak Melalui Pelabuhan Calabai, semoga kedepan menjadi arus transportasi laut semakin meningkat.

    

Di Kabupaten Dompu seharusnya dilaksanakan di atas tanggal 20 tetapi atas  kerjasama kita   bersama dan perjuangan Bapak  Bupati Dompu kita bisa laksanakan  hari ini. Sesuai dengan program Jarapasaka Pengembangan ternak itu hal yang paling unggul di Kabupaten Dompu.  

 

Hal ini harus benar - benar kita  manfaatkan  bagaimana tol laut  ini datang dari Jakarta dengan kosong bagaimana kita manfaatkan maksimal mungkin mengirim komuditi yang lain, Mudah - mudahan ini semua akan bermanfaat bagi kita dalam mewujudkan perekonomian di Kabupaten Dompu.

  

 



Bupati Dompu Abdul Kader Jaelani dalam sambutanya Mengatakan " atas aspirasi dari masyarakat dan upaya dari berbagai  pihak kita bisa melaksanakan Pelepasan kapal tol laut kusus ternak di Pelabuhan  Calabai," ujarnya .

    

Kapal tersebut mampu  membawa hingga 500 sapi dalam satu kali perjalanan sesuai dengan penugasan dari Kementerian Perhubungan. 

    

 Dengan Potensi perekonomian di Kabupaten  Dompu  sangat menjanjikan  terutama kegiatan usaha peternakan  sapi menjadi komuditi utama sesuai potensi yang ada khusunya diwilayah Doroncanga.

    

 Bupati Dompu AKader Jaelani mengajak "Mari kita " manfaatkan semaksimal mungkin  laut ini,  tidak hanya untuk  mengirim sapi hidup tetapi juga dalam bentuk daging juga ,  maka keuntungan akan lebih banyak Papar Bupati Dompu.

 

(zun)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar