res

Sedekah Laut Pantai Gesing Selasa Kliwon 26-10-2021 - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

12 Kasus Curanmor Berhasil Diungkap Polres Grobogan

08 November 2021

Sedekah Laut Pantai Gesing Selasa Kliwon 26-10-2021

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Sedekah laut pantai Gesing berlangsung hari Selasa Kliwon tanggal 26 Oktober 2021. Acara ini berlangsung setelah sebelumnya yaitu Senin malam Selasa Kliwon tanggal 26 Oktober 2021 tepat jam satu malam dibuka Cupu Panjolo di wilayah kalurahan Girisekar kapanewon Panggang.

 

Demikian diakui oleh Tugimin ketua nelayan pantai Gesing ditemui Sabar Pers Cakrawalaonline Biro DIY untuk liputan Gunungkidul saat usai acara Sedekah Laut Pantai Gesing kalurahan Girikarto kapanewon Panggang.

 

Dikjatakan bahwa Sedekah Laut Pantai Gesing merupakan upacara adat tahunan yang telah lama diikuti dan dilaksanakan oleh kaum nelayan pantai Gesing. Acara ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan harapan bahwa acara ritual itu sebagai ungkapan rasa terima kasih atas jalannya kehidupan setahun kemarin dengan sukses.

 

Selain itu acara sedekah ini merupakan permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa setahun kedepan diharapkan keluarga besar nelayan Pantai Gesing sukses dalam mencari nafkah di laut atau di pantai Gesing dan sekitarnya.

 

Menurut Tugimin, sekarang ini ada ratusan nelayan pantai gesing yang kehidupannya belum memacai. Masih dirasa belum maksimal dalam mencari nafkah di laut mencari tangkapan ikan laut. Namun demikian karena mereka sudah bekerja sebagai nelayan di laut mau tidak mau setiap hari harus terjun kelaut mencari tangkapan ikan.

 

Kesulitan para nelayan, menurut Tugimin karena sekarang ini atau dua tahun kemarin merupakan situasi pandemi Covid-19 yang juga memberi pengaruh dampak negatif para nelayan. Karena sudah menaruhkan jiwa dan raga di laut untuk mencari ikan, para nelayan tak pernah mengeluh, bahkan tetap semangat bekerja cari ikan di laut.

 

Hadir dalam kesempatan Sedekah Laut Pantai Gesing itu diantaranya Ketua DPRD Gunungkidul, pejabat pemkab dan dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten Gunungkidul, kapolsek Panggang beserta Danramil Panggang serta tamu undangan lain termasuk warga masyarakat seputar kaum nelayan Pantai Gesing di wilayah kalurahan Girikarto.

 

Dalam kesemptan itu Tugimin mengaku merasa berterima kasih kepada semua pihak yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk mendukung acara Sedekah Laut Pantai Gesing di Girikarto kapanewon Panggang. “Kepada semua pihak dan termasuk kepada para pejabat pemerintah kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuan dan kehadirannya di sedekah laut ini. Dari keluarga besar nelayan tidak bisa membantu dalam wujud apapun kecuali hanya mendoakan kepadanya semoga sukses dalam menjalankan tugas,” ungkap Tugimin dikutip Sabar wartawan www.cakrawalamerdeka.com Biro DIY di Gunungkidul. (Sab/Yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar