res

DLH Kota Pekalongan "Kunker" ke DLH Pemalang - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

12 Kasus Curanmor Berhasil Diungkap Polres Grobogan

29 Maret 2022

DLH Kota Pekalongan "Kunker" ke DLH Pemalang



Pemalang - Cakrawalaonline, Selasa(29/3), Dinas Lingkungan Hidup(DLH) Kota Pekalongan melakukan kunjungan kerja(kunker) ke DLH Kabupaten Pemalang.


Rombongan dari kota batik tersebut  mengunjungi Bank Sampah "Dekayee" yang merupakan binaan DLH Kabupaten Pemalang.


Dipimpin langsung oleh Kepala DLH Kota Pekalongan, Joko Purnomo, melihat proses pemilahan sampah di Bank Sampah yang dikelola oleh Andi selaku direkturnya.


Andi menjelaskan pada tamunya itu dari awal pemilahan sampah dengan menggunakan sebuah mesin yang dapat memisahkan sampah organik dan an organik.


"Sampah organik kemudian dengan perantara lalat BSF(Black Soldier Fly) diproses menjadi Maggot(Larva yang dimanfaatkan sebagai pakan alternatif untuk ternak)," Tutur Andi.


Ketika ditanyakan maksud dan tujuan pihak DLH Kota Pekalongan Fokus terhadap Maggot ini, Joko Purnomo mengatakan bahwa pihaknya ingin melihat proses Maggot.


"Insya Alloh nanti kami terapkan di Kota Pekalongan sebagai upaya mengurangi dan pemanfaatan sampah," Ucap Joko.


Lebih lanjut, Joko mengungkapkan bahwa masalah sampah di Kota Pekalongan merupakan problem sangat serius yang harus segera ditangani.


"Setiap harinya di Kota Pekalongan 'menghasilkan' sampah sebanyak 120 Ton, makanya kami kesini untuk melihat bagaimana pengelolaan sampah di Pemalang," Ujar Joko.


Joko menyatakan bahwa dengan melakukan kunjungan kerja ke DLH Kabupaten Pemalang, ia berharap memperoleh ilmu khususnya mengenai pembudidayaan Maggot BSF.


"Kami memiliki 21 TPS 3R, mudah-mudahan Maggot ini bisa dikembangkan di TPS 3R kami," Tandas Joko.


Kepala DLH Kabupaten Pemalang, Raharjo mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari DLH Kota Pekalongan.


"Terima kasih atas kunjungannya, kami berharap semoga jalinan silaturohim ini terus berlanjut terutama dalam mengatasi permasalahan sampah," Pungkas Raharjo.



(Reporter: slametsbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar