res

Problem desa Soro barat akan berahir, inspektorat turun tangan - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kasus Dugaan Kopursi Anggaran APBD,Yuda: DPRD Gagal Paham!

25 Juni 2022

Problem desa Soro barat akan berahir, inspektorat turun tangan



Dompu -Cakrawalaonline, Problematis Desa Soro barat Kecamatan Kempo Kab.Dompu NTB,  akan menemui titik terang , dikarenakan Inspektorat wilayah Kabupaten Dompu akan turun tangan sudah membentuk tim investigasi sesuai harapan masyarakat salah satunya adalah Mustamin, dapat mempertanggung- jawab informasi yang diberikan kepada media katanya, terkait dengan laporan pertanggung jawaban(LPJ) dan aset Desa  harus diselesaikan ujarnya.

   Tokoh masyarakat Mustamin dan ketua BPD Desa Soro barat Abdurahman menjelaskan agar staf Desa dapat bekerja sesuai dengan tugas pokok  dan fungsinya, termasuk sekdes. Selama kades baru terpilih Ilyas Wahyuddin  menjabat kades sekdes tidak mau masuk, bahkan dalam rapat pun tidak mau hadiri untuk membahas program Desa lima tahun kedepan, ungkap ketua BPD Abdurahman, 25/6/22.

    Dengan ketidak hadiran sekdes maka kades Ilyas Wahyuddin untuk sementara telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk di lakukan pemberhentian, namun di tolak oleh camat Kempo, Drs.Budirahman, karena fakta dan dokumentasi ketidak hadiran sekdes Andi dan staf Desa belum ada di pegang oleh camat Kempo selaku atasan langsung Kades.

   Bukan saja untuk sekdes mau di audit dan non aktifkan dan  staf Desa mau di non aktifkan, karena tidak bisa melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai aparat Desa tetapi,  bukti pembinaan dan musyawarah serta kesalahan yang fatal dari kades , tidak ada untuk dipertanggung jawabkan oleh camat,  Inspektorat dan Bupati  dan Dinas BPMPD. 

    Inspektorat Kabupaten Dompu Hasanudin  saat dikonfirmasi  media menaggapi atas problem desa Soro barat sedang bentuk Tim investigasi, dan sedang melakukan pemamggilan mantan kades untuk dimintai keterangan dan  pertanggung jawab keuangan tahun 2021, (Lpj), selain itu akan meminta pertanggung jawaban aset Desa baik yang bergerak maupun yang tidak bergerak.

   Merujuk pada laporan kades kecamatan , inspektorat dan Bupati Dompu,  menurut Inspektorat camat Kempo,  harus melakukan solusi dan turun tangan memberikan bukti pembinaan sehingga inspektorat dapat bekerja untuk menyelesaikan persolan Desa Soro barat, Insallah  waktu dekat inspektorat melakukan investigasi  dalam waktu tidak uang tidak  terlalu lama, sesuai aturan yang berlaku agar bisa diselesaikan secara bijak.(Zu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar