res

Kemensos RI Beri Bantuan Korban Dampak Gempa Tapanuli - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Anak SD di Tanggungharjo Grobogan Meninggal Akibat Terinfeksi Virus HIV/AIDS

05 Oktober 2022

Kemensos RI Beri Bantuan Korban Dampak Gempa Tapanuli


 


Taput,Cakrawala Online-Kementrian Sosial (Kemensos) RI berikan bantuan tanggap darurat bencana gempa bumi di Tapanuli Utara .

Bantuan sebesar Rp.3 Miliar lebih dengan rincian, bantuan logistik tanggap darurat sebesar Rp. 2.430.499.670, santunan ahli waris/santunan luka dan bahan kontak LDP sebesar Rp. 51.640.000, lumbung sosial untuk empak kecamatan sebesar Rp.500.803.800 dan pemenuhan kebutuhan dasar kebakaran sebesar Rp 50.000 000.

Pemberian bantuan dilaksanakan di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Selasa 4 Oktober 2022.

Pemberian bantuan ini responship langsung dari ibu Mensos Tri Rismaharani setelah mengetahui gempa terjadi di Tapanuli Utara,” ujar Direktur Perlindungan Sosial Bencana Alam Kemensos RI Drs. Iyan Kusmadiana, MPS, SP.

Dijelaskan,santunan untuk ahli waris yang meninggal dampak gempa sebesar Rp.15 juta, untuk luka berat sebesar Rp. 5 juta dan luka ringan Rp.2 juta, Kemensos RI juga telah membangun lumbung sosial di empat kecamatan terdampak gempa dan telah mendirikan tenda besar di RSUD Tarutung, serta memberikan tenda kecil dan makanan siap saji.

Terkait kebakaran di Sarulla saat gempa,Ibu Menteri juga memberi bantuan sembako kepada 18 keluarga pemilik kios.

Pada kesempatan itu juga, Iyan memberikan bingkisan kepada anak-anak trauma gempa berupa mainan.

Bupati Nikson Nababan menyatakan apresiasi penuh atas bantuan santunan dari Menteri Sosial.

Kepedulian ibu Risma kepada kita begitu besar untuk membantu masyarakat Taput terdampak gempa.

“Bantuan yang diberikan ibu Menteri agar dipergunakan sebaik-baiknya,sebagai tambahan, saya juga turut memberikan bantuan pribadi kepada korban gempa,” ucap bupati.

Saat ini kita program healing,agar ekonomi kita pulih,termasuk pameran Hari Jadi Taput bertujuan untuk meningkatkan ekonomi rakyat.

Peristiwa ini menjadi pelajaran berharga bagi saya selaku Bupati,daerah kita rawan gempa,untuk itu Taput sudah harus ada Buffer Stock,kepada pak Iyan mohon disampaikan ke ibu menteri,”jelasnya.

Kadis Sosial Taput Bahal Simajuntak menjelaskan, penerima bantuan berupa santunan dari Kemensos berjumlah 11 orang.

Keluarga ahli waris Leo Sihombing untuk korban meninggal dunia dampak gempa.

Santunan korban luka berat atas nama, Chandra AP (24) warga Desa Sidagal masih dirawat di RSUD Tarutung.

Elisabeth Sihombing (18) warga Sitolu oppu Kecamatan Pahae Jae. Febrian Manalu (21) warga Tarutung dan Proklamasi Panti Hutabarat warga Desa Hapoltahan kecamatan Tarutung

Untuk luka ringan atas nama, Indah Lumbantobing (12) warga Tarutung, Linda (42) warga Tarutung, Rosma Hutabarat (47) warga Tarutung, Ruslan Simanjuntak (65), Pola Simanjuntak (35) warga Sipoholon dan Stevanus Sitinjak (14) warga Sipoholon. P S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar