res

Penyebab Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Breaking

20 Oktober 2022

Penyebab Kebakaran Masjid Jakarta Islamic Center

 


JAKARTA - Humas Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC), Paimun Karim mengatakan penyebab kebakaran masjid di Jalan Kramat Jaya Raya, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Rabu (19/10/2022) karena adanya aktivitas pekerjaan perbaikan kubah.

"Penyebab kebakaran diduga dari aktivitas pekerjaan perbaikan kubah. Sebab per tanggal 26 Agustus 2022, Masjid Raya JIC sedang dalam masa renovasi yang dikerjakan oleh PT. Dwi Agung Sentosa Pratama yang ditunjuk oleh PT. Mitra Sindo Makmur berdasarkan surat nomor 017/MSM/VIII/2022. Tertanggal 19 Agustus 2022," kata Karim dalam keterangan tertulisnya, Kamis (20/10/2022).

 

Dia mengatakan, Masjid Raya JIC mengalami kebakaran setelah Shalat Ashar sekira pukul 15.15 WIB. Api pertama kali membakar dari sisi barat kubah Masjid JIC.

Namun angin yang bertiup kencang sehingga dengan cepat membakar bagian lain dari badan kubah Masjid JIC. Dalam waktu kurang satu jam, kubah utama Masjid Raya JIC rubuh ke lantai dua dan reruntuhannya juga sampai ke lantai satu bangunan Masjid Raya JIC.

"Cepatnya runtuh kubah juga mungkin disebabkan oleh beratnya beban 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton,"kata dia

 

Lalu untuk mengatasi kebakaran Masjid JIC, pihaknya memanggil 21 unit mobil pemadam kebakaran dari unit pemadam Jakarta Utara. Api berhasil dipadamkan pada pukul 17.00 WIB.

Menurut kebakaran dapat dikendalikan sehingga tidak menjalar ke bangunan lain di sekitarnya yakni Gedung Sosial Budaya dan Gedung Bisnis. Tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran ini.

"Beberapa dokumen dan perangkat komputer dari Pengelola Masjid Raya JIC dan lembaga-lembaga agama Islam lainnya juga berhasil diamankan dan dipindahkan ke Perpustakaan di Gedung Sosial Budaya," pungkasnya.er-Sumber:okezone.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar