res

Hardiknas di Pemalang Canangkan ''Bulan Merdeka Belajar'' - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Seret Celurit Turut Jalan Seorang Pelajar Di Purwodadi Dibekuk Petugas

02 Mei 2023

Hardiknas di Pemalang Canangkan ''Bulan Merdeka Belajar''



Pemalang - Cakrawalaonline, Selasa(2/5), Pemda. Pemalang menggelar upacara bendera memperingati hari pendidikan nasional(hardiknas).


Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat bertindak sebagai Inspektur Upacara(Irup) pada upacara bendera peringatan hardiknas tahun 2023 yang dilangsungkan di alun-alun kota.


Dalam sambutannya, Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat membacakan teks pidato Mendikbud-ristek.RI, Nadeem Anwar Makarim.


Inti dari naskah sambutan Mendikbud-ristek. RI, Nadeem Anwar Makarim yakni mengenai ''Kurikulum Merdeka Belajar''.


''Dengan Kurikulum Merdeka Belajar diharapkan pendidikan di Indonesia semakin mendekati seperti apa yang di-inginkan oleh Pahlawan Pendidikan; Ki Hajar Dewantara yang mengutamakan minat dan bakat siswa,'' Ucap Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat membacakan sambutan Mendikbud-ristek, Nadeem Anwar Makarim.


Usai upacara hardiknas, dilakukan pencanangan secara resmi ''Bulan Merdeka Belajar'' oleh Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat didampingi istri yang juga sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang, Shanti Rosalia, dan disaksikan Pj. Sekda, Moh. Sidik, serta jajaran Forkopimda, Satu diantaranya yakni: Ketua DPRD Pemalang, Tatang Kirana.


Ketika diwawancara oleh sejumlah wartawan termasuk Cakrawala Online mengenai Hardiknas tahun 2023 yang mengemukakan tentang ''Merdeka Belajar'', Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, mengatakan bahwa anak-anak sekolah sekarang bisa bebas berinovasi sesuai dengan bakat dan minat yang mereka miliki.


''Jadi dengan merdeka belajar diharapkan muncul pelajar yang berprestasi dengan bermacam gagasan, ide, dan Inovasi,'' Ujar Mansur sambil berharap dengan Kurikulum Merdeka Belajar ini dapat membuat murid dan guru lebih nyaman dalam proses belajar dan mengajar.


Saat ditanya mengenai Pencanangan Program ''Bulan Merdeka Belajar'' tahun 2023 di Kabupaten Pemalang, Sekretaris Dindikbud; Basuki, menyatakan bahwa program tersebut merupakan program nasional yang digagas oleh kemendikbud-ristek.


''Kalo diawal program dulu, di Pemalang baru diterapkan hanya pada kelas Satu dan Empat SD, sedangkan sekarang, setelah dicanangkan 'Bulan Merdeka Belajar' ini, mulai bulan Mei atau tahun ajaran baru dan seterusnya, semua jenjang pendidikan dari SD sampai SMP akan diberlakukan Kurikulum Merdeka Belajar,'' Ungkap Basuki.


Pencanangan ''Bulan Merdeka Belajar'' ditandai dengan pelepasan rangkaian balon ke udara oleh Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat dan disaksikan semua yang hadir.


Sedangkan upacara bendera peringatan Hardiknas tahun 2023 di-ikuti para Pejabat Pemda. Pemalang  dan Pelajar.


(Reporter: slametsbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar