res

Mio Dompu ajak pengunjung rendah hati peduli sampah " - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Babinsa ajak warga jaga stabilitas keamanan, Desa binaan.

01 Mei 2023

Mio Dompu ajak pengunjung rendah hati peduli sampah "



Dompu Cakrawalaonline, Keluarga besar DPD Media Independen Online (MIO) Indonesia Kabupaten Dompu melakukan pembersihan " Pantai Wadu Naru " Desa Soro Barat, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu Minggu (30/3/23).


Gotong royong tersebut satu paket dengan agenda rekreasi, mengajak juga istri dan anak. Dirangkaikan dengan rapat terbatas, membahas hal-hal yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan kedepan. 


"Kegiatan bersih-bersih pantai ini, salah satu kegiatan kami rencanakan. Selain rencana penghijauan dan beberapa kegiatan lain," kata Ketua DPD MIO Indonesia Kabupaten Dompu, Sarwon Al Khan, di sela-sela kegiatan.


Pada siang bolong itu, anggota MIO Indonesia Kabupaten Dompu menyusuri pantai. Mereka dapat sadar  memungut dan mengumpulkan, lalu membakar beberapa  jenis sampah yang  dibuang sembarangan oleh pengunjung.


Ada sampah plastik, gelas dan botol air mineral, botol dan gelas beberapa jenis minuman ringan, kaleng minuman, kayu, karung bekas dan lainnya yang berserakan di sepanjang pantai.


Sarwon menilai, kesadaran masyarakat pengunjung tempat wisata tersebut masih sangat rendah. Sampah-sampah bawaan yang dihasilkan dari bekas makanan maupun minuman dibuang sembarangan, karena obyek wisata tetap dikunjungi setiap saat oleh masyarakat lokal pada umumnya. 


"Padahal, jika mereka sadar tentang kebersihan, khususnya tempat wisata ini maka para pengunjung bisa langsung mengumpulkan dan membakar sampah-sampah yang mereka hasilkan," tegas pria yang akrab disapa Om Won ini. 


Sarwon mengajak masyarakat Dompu untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan, utamanya tempat-tempat wisata yang ada di Bumi " Nggahi Rawi Pahu " .


"Menjaga kelestarian lingkungan di Pantai " Wadu Naru, " pada prinsipnya  kepekaan, kepedulian dan kesadaran kita pengunjung,” ujarnya.


Dalam kegiatan ini, ketua , sekretaris dan  anggota"  MIO" Indonesia Dompu, sempat berbincang-bincang dengan sejumlah pengunjung dan mengingatkan akan masalah sampah dan kebersihan. 


Dengan melakukan hal seperti  ini, mungkin belum seberapa. Namun, kami berharap kedepan bisa menjadi pemantik warga dalam membiasakan diri hidup bersih," ajaknya.


Yang tidak kalah pentingnya, om Sarwon akrabnya, meminta kepada pemerintah agar menyiapkan beberapa unit tempat sampah di lokasi tersebut. 


"Bisa jadi, pengunjung membuang begitu saja sampah-sampah karena tidak ada tempat sampahnya. Dengan adanya bak sampah  Mudah-mudahan warga memiliki kesadaran yang relatif tinggi  setelah ada tempat sampah," harapnya . 


Sebelum melakukan pembersihan pantai lebih dari satu jam, ketua dan anggota MIO Indonesia - Dompu melakukan rapat dan mendiskusikan beberapa isu. Termasuk di antaranya, bagaimana MIO mengawal secara kritis pelaksanaan roda pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Dompu, khususnya dermaga Soro agar kapal - kapal tidak berbulan bulan menunggu giliran bongkar muat ungkap ketua dan sekretaris " Mio" Dompu Sarwon Al Khan dan Arifudin SH.


Selanjutnya , mengadakan santap siang bersama dengan lauk  - paut ikan bakar. Usai Kunjungan obyek wisata  rekreasi, dan pembersihan -pantai, diakhiri dengan sesi  foto bersama. ( Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar