res

Busyetttt! 6.000 Orang Pemalang Alami Gangguan Jiwa - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

DPRD Pemalang Gelar Rapat Paripurna ''Penyampaian Raperda Pertanggungjawaban''

19 Juni 2023

Busyetttt! 6.000 Orang Pemalang Alami Gangguan Jiwa


Foto: Aris Gunarto (Kabid. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit)... 


Pemalang - Cakrawalaonline, Hal tersebut diatas terungkap ketika Cakrawala Online, mengkonfirmasi kebenaran informasi yang menyatakan ribuan orang Pemalang mengalami gangguan kejiwaan pada pihak dinas kesehatan setempat.


''Jumlahnya sekitar Enam ribuan orang,'' Ungkap Aris Gunarto, Kabid. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada DKK Pemalang.


Lebih lanjut, Aris mengatakan bahwa jumlah itu berdasarkan data dalam kurun waktu 2019-2023.


''Dengan gejala ringan dan sedang yang disebut dengan istilah ODMK(Orang Dengan Masalah Kejiwaan) serta yang berat yang dikenal dengan ODGJ(Orang Dengan Gangguan Jiwa),'' Jelas Aris.


Saat ditanyakan pada Kabid. P3, Aris Gunarto mengenai jumlah ODGJ yang ada di Kabupaten Pemalang, ia menjawab ada 130 orang yang mengalami gangguan jiwa berat atau ODGJ.


''Dan ODGJ yang ada di Pemalang sudah kami tindak lanjuti dengan membawa mereka ke rumah sakit Amino Gondo di Semarang untuk mendapat perawatan,'' Ujar Aris.


Waktu disinggung mengenai faktor yang paling dominan sehingga ke-6.000 orang warga Pemalang mengalami gangguan jiwa, Aris menyatakan bahwa faktor ekonomi yang paling dominan dalam kasus ini.


''Disamping faktor keturunan juga,'' Imbuh Aris.


Aris berharap pada masyarakat Pemalang agar tidak membuat ''Stigma'' bahwa ODGJ maupun ODMK tidak bisa sembuh, lalu dikucilkan.


''Jangan membuat Stigma dan Diskriminatif terhadap orang yang mengalami gangguan kejiwaan, karena diantara mereka yang tadinya terganggu jiwanya namun setelah dirawat ada yang sembuh dan normal kembali,'' Tandas Aris.Reporter: slametsbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar