res

Peringatan HUT Ke-26, Lembaga Cakrawala Merdeka Diisi Dengan Seminar Yang Bertajuk Atasi Kejahatan Dunia Maya - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

08 Juli 2023

Peringatan HUT Ke-26, Lembaga Cakrawala Merdeka Diisi Dengan Seminar Yang Bertajuk Atasi Kejahatan Dunia Maya



Grobogan-Cakrawalaonline, Lembaga Cakrawala Merdeka Grobogan menggelar acara peringatan HUT ke-26, yang diisi dengan penyelenggaraan Seminar, yang bertajuk " Mengantisipasi Dan Mengatasi kejahatan dalam dunia Maya, yang bertempat di gedung Riptaloka Kabupaten Grobogan berlangsung tertib aman dan lancar, Sabtu (8/7/23).


Hadir dalam acara tersebut beberapa undangan dari SKPD, Diskominfo Grobogan, Kodim Purwodadi, ketua ormas, tokoh masyarakat, pimpinan perusahaan Cakrawala Merdeka Sutarno, Pimpinan Redaksi Media Cakrawala Jamaludin, Ketua LBH Cakrawala Pujianto, SH, dan  pendiri media Cakrawala Muhammad Ngafuan, SH, serta para relasi, yakni para wartawan yang bertugas di Grobogan, aktivis LSM, maupun para mahasiswa.


Pimpinan perusahaan Cakrawala Merdeka Sutarno menyebutkan awal 1997 media Cakrawala dirintis oleh Ngafuan, SH. Media ini merupakan satu satunya media lokal yang mampu bertahan hingga kini, yang mampu untuk bersaing. Meski lokal tetapi berskala nasional, karena cabang dan biro perwakilannya menyebar di seluruh Indonesia, sehingga  membuat bangga warga Grobogan tentunya, ucapnya.


Dulu, kata Sutarno, Media Cakrawala berupa majalah cetak yang terbit sebulan sekali, kemudian berkembang menjadi tabloid seminggu sekali, yang kemudian berbentuk ciber seperti saat ini. Disamping itu Cakrawala juga membentuk LSM dan LBH yang sering menangani berbagai kasus di seluruh Indonesia.



Kasi Kemitraan Diskominfo Grobogan Ariyati SE sedang membacakan sambutan Bupati Grobogan.

Dalam sambutannya Bupati Grobogan mengatakan era digital memberikan jangkauan lebih luas dalam melihat dunia melalui medsos dan internet. Bupati mengingatkan peserta harus cerdas bermedsos karena hampir setiap hari ada kasus pelanggaran Undang Undang ITE “Kita tidak ingin masyarakat Grobogan terbelit pelanggaran ITE” pinta Bupati.



Dalam Seminar yang bertajuk “Mengantisipasi dan Mengatasi Kejahatan Dunia Maya Bagi Masyarakat Grobogan” menampilkan tiga pembicara yakni Badiatul Asti pakar penulis media sosial, Jamaludin, SE Pimred media Cakrawala,   dan pakar hukum Pujianto, SH dari LBH Cakrawala Merdeka.


Badiatul Asti mengatakan peran medsos betul-betul tinggi dalam mempengaruhi komunikasi sosial. Terjadinya kejahatan dunia maya seperti di medsos atau internet. Banyak video-video porno yang direkam suka-suka dan di share oleh pelaku dan ini cukup membahayakan. Ini sebuah modus kejahatan di sosia media, katanya.


Peran media bisa menbentuk dan menentukan pola pemberitaan komunikasi sosial, lanjut Asti. Oleh karena itu berita harus di cross cek dan rechek serta seimbang. Jangan sampai kita menjadi bagian berita hoax yang bisa menimbulkan kegaduhan di masyarakat, pintanya.



Sementara itu, pembicara kedua Jamaludin menyebut jejak digital tak bisa dihapus meski akunnya sudah dihapus. Untuk itu Jamaludin meminta untuk tetap berhati hati dalam menggunakan sosmed, jangan sampai ikut ikut memposting berita yang hoax.


Sedangkan pembicara Pujianto, SH dalam materinya mengatakan UU ITE mengatur dua hal yakni pengaturan transaksinya dan pengaturan perbuatan melawan hukum.



Yang penting adalah antisipasinya, sehingga terhindar dari masalah pelanggaran UU ITE.” Buanglah baper kita supaya tak terjadi emosi.


Terkait penanggulangan cybercrime, Puji mengatakan Pemerintah sudah menyiapkan regulasinya.

Acara seminar ini cukup hangat saat peserta melontarkan pertanyaan menggelitik pembicara dan jawaban yang disampaikan diterima peserta dengan baik.


Terpisah, wartawan JMI Heru Gunawan yang dimintai komentarnya terkait acara seminar dalam HUT Cakrawala ke-26, mengatakan acaranya bagus karena lebih baik seperti itu daripada jeng-jeng.  Jams

Tidak ada komentar:

Posting Komentar