res

Bupati Banyumas Tanyakan Pilihan Capres Pada Mahasiswa Baru Unsoed, Kompak Jawab "Pilih Anies" - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

10 Agustus 2023

Bupati Banyumas Tanyakan Pilihan Capres Pada Mahasiswa Baru Unsoed, Kompak Jawab "Pilih Anies"

 


Jakarta - Cakrawalaonline, Riuh gelak tawa menghiasi Auditorium Graha Widyatama di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, saat sejumlah mahasiswa baru (maba) ditanya Bupati Banyumas Ahmad Husein, Selasa (8/8).

Pasalnya Ahmad yang dikenal pula sebagai politikus PDIP itu melontarkan pertanyaan terkait Pilpres 2024 kepada sejumlah maba yang bersedia ke atas panggung. Bupati dua periode di Banyumas itu di sela memberi sambutan bertanya kepada para maba itu di antara tiga nama yang favorit jadi bakal capres saat ini siapa yang diprediksi unggul.

Ada lima maba yang dipanggil ke atas panggung. Dua mahasiswa pertama ditanya mengenai pandangan mereka akan seperti apa Indonesia lima sampai sepuluh tahun ke depan.

Dia merespons jawaban atas dua pertanyaannya ke mahasiswa, Indonesia harus dipimpin oleh 'orang yang bertanggung jawab dan orang yang dapat dipercaya'.

Kemudian ke tiga mahasiswa terakhir, Husein melanjutkan pertanyaan tentang soal pilihan capres.

"Kira-kira presidennya yang akan kamu jadikan pemimpin itu siapa. Jawab aja, jujur aja, enggak usah ragu-ragu. Saya ingin kejujuran yang hakiki," kata Husein dikutip dari akun Youtube BEM Unsoed yang menyiarkan kegiatan Soedirman Student Summit 2023.

Ribuan mahasiswa yang hadir dalam acara itu sempat riuh. Seorang mahasiswa laki-laki dengan perawakan kurus di depan Husein yang menerima pertanyaan itu pun sempat kikuk.

"Izin menjawab Pak, dari tiga, Anies Baswedan, Pak," jawabnya disambut keriuhan mereka yang hadir di auditorium tersebut.

Husein lalu melanjutkan pertanyaan yang sama ke mahasiswa lain di depannya.

"Sekarang saya tanya kedua, siapa yang akan memimpin Indonesia?" Tanya Husein.

"Anies Baswedan," ucap mahasiswa tersebut tanpa ragu dengan logat khas.

Aula kembali bergemuruh. Sejumlah mahasiswa berteriak dan bertepuk tangan mendengar jawaban dari teman mereka.

"Tolong jawab. Siapa yang memimpin Indonesia?" Husein melanjutkan pertanyaan kepada seorang mahasiswi berkerudung.

"Anies Baswedan," jawab mahasiswi berkacamata itu.

Lagi-lagi ruangan bergemuruh. Husein agak lama terdiam mendengar tiga jawaban mahasiswa tersebut. Namun dia segera menenangkan situasi dan kembali berbicara lewat pengeras suara di tangannya.

"Tidak masalah, ya, tidak masalah, tidak masalah. Ini adalah pilihan kalian bertiga. Walaupun beda pilihan dengan saya," ucap Husein, "Kalian tetap akan menjadi ajudan milenial saya," sambungnya berseloroh disambut riuh mereka yang ada di auditorium tersebut.

 

Dalam lanjutan sambutannya usai mendengar jawaban para maba tersebut, Husein menegaskan tak boleh ada permasalahan dalam menentukan pilihan. Dia pun mengimbau sebelum menentukan pilihan, para mahasiswa harus merenung dalam-dalam.

"Anak-anakku semuanya itulah demokrasi, saya tidak mempermasalahkan adanya beda pilihan, tapi anak-anakku semuanya yang ingin menentukan pilihannya renungkan dalam-dalam tiga orang ini. 'Kalau ini jadi, Indonesia akan bagaimana, Kalau ini jadi, Indonesia akan bagaimana, Kalau ini jadi, Indonesia akan bagaimana?'," tuturnya.

"Dan berhati-hatilah dalam memilih nanti karena suara kalianlah yang akan menentukan nasib bangsa ini," tutupnya.

CNNIndonesia.com telah meminta tanggapan dari Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah dan Sukur Nababan. Juga mengontak Sekreteris Tim Koordinator Relawan Ganjar Deddy Sitorus terkait jawaban para maba Unsoed yang notabene merupakan daerah 'Kandang Banteng' itu. Namun hingga berita ini ditulis, belum ada respons atas pertanyaan CNNIndonesia.com.

Diketahui jelang Pilpres 2024 yang masa pendaftarannya dibuka tinggal berbilang bulan, sejauh ini ada tiga nama yang menjorok di berbagai survey dan dijagokan parpol-parpol pemilik suara.

Tiga nama itu adalah Ketum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diusung Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), kemudian kader PDIP yang juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung partainya dan PPP. Terakhir adalah eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KKP).

Ketiga bakal capres itu diketahui sama-sama belum menentukan siapa bakal cawapres yang akan mendampingi mereka di Pilpres 2024.

Mengutip dari situs resmi Unsoed, Soedirman Student Summit (S3) merupakan rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang telah dimulai sejak sehari sebelumnya, Senin (7/8).

 

Soedirman Student Summit merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unsoed untuk menyambut mahasiwa baru mereka di tahun 2023. Rangkaian acara terdiri dari stadium general, EXPO UKM, parade Fakultas, parade Paguyuban, parade BEM, dan acara lainnya. Cl – Sumber : CNN Indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar