res

Hoaks Makin Merajalela Jelang Pilpres, Berikut Faktanya - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa yang bertanggung jawab di Dunia pendidikan terkait penandatangan ijazah

15 September 2023

Hoaks Makin Merajalela Jelang Pilpres, Berikut Faktanya

 




JAKARTA – Cakrawalaonline, Pesta pemilihan umum Kepala Negara Republik Indonesia sudah di depan mata. Pemilu dan Pilpres akan berlangsung pada hari Rabu, 14 Februari 2024 secara serentak.

Satu suara dari masyarakat Indonesia sangat bernilai dan berpengaruh dalam menentukan siapa yang layak memimpin negara yang dijuluki sebagai zamrud khatulistiwa ini. 

Pemilihan Presiden adalah momen penting dalam suatu negara. Tapi, sayangnya, penyebaran hoaks dan ujaran kebencian seolah membuntuti keberlangsungan acara akbar ini.

Oleh karena itu, penting bagi kita semua sebagai warga negara Indonesia untuk terdidik dengan informasi politik yang berkualitas guna matang dalam memilih pemimpin negara ini. Cek Fakta Liputan6.com telah mendapatkan sejumlah hoaks seputar Pilpres 2024 mendatang.

PDIP Resmi Tunjuk Ahok Dampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim PDIP menunjuk Ahok sebagai pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu. Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook, pada 10 September 2023.

Dalam postingannya terdapat video dengan narasi sebagai berikut:

"Breaking News: Kabar Mengejutkan dari PDIP

Ahok resmi dampingi Ganjar untuk lawan Anies di 2024."

Postingan itu juga disertai narasi:

"TAK DI SANGKA MEGAWATI USUNG AHOK DAMPINGI GANJAR UNTUK LAWAN ANIES DU 2024."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim PDIP menunjuk Ahok sebagai pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024?

Muhammadiyah Usung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Muhammadiyah mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Postingan ini beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 29 September 2022.

Dalam postingannya terdapat potongan video berjudul "Sah!! Muhammadiyah resmi usung Anies di Pilpres 2024"

Akun itu menambahkan narasi "SERBA SERBI PEMIMPIN TERBAIK SAAT INI , MESKI TERUS DIJEGAL NEO PKI BAHKAN BAWASLU IKUTAN JUGA !! BACALON AJA BELUM APALAGI CAPRES KOK SDH DITINDAK LANJUTI BAWASLU , KETOROMEN NEK BAWASLU ANTEK REZIM ANTEK CUKONG"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Muhammadiyah mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024? 

Anies Membaca Buku 'Cara Licik Menang Pilpres 2024

Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesan membaca buku berjudul 'Cara Licik Menang Pilpres 2024'. Foto Anies Baswedan baca buku 'Cara Licik Menang Pilpres 2024' diunggah akun Facebook Wan Ping, pada 24 November 2020.

Foto yang diunggah menampilkan Anies Baswedan mengenakan baju putih dan sarung sedang duduk dengan latarbelakang rak buku, tangan kanan dan kiri sedang memegang buku berwarna hitam berjudul 'Cara Licik Menang Pilpres 2024'. Cl – Sumber : Liputan 6

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar