res

Bakesbangpol Lakukan ''Pembinaan dan Pengawasan Ormas'' - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Polres Lahat Melaksanakan Penyembelian Hewan Qurban 1445 H tahun 2024 masehi

15 November 2023

Bakesbangpol Lakukan ''Pembinaan dan Pengawasan Ormas''


Pemalang - Cakrawala Online, Pemda. Pemalang melalui satu OPD-nya yakni: Badan Kesatuan Bangsa dan Politik(Bakesbangpol), Rabu(15/11) menggelar acara yang diberi Title: ''Pembinaan dan Pengawasan Ormas''

Kegiatan yang berlangsung di gedung Sasana Bhakti Praja ini, dihadiri Bupati Pemalang; Mansur Hidayat, para narasumber, dan undangan lainnya.

Dalam laporannya, Plt. Kabakesbangpol. Kabupaten Pemalang; Yudia Sulaksono, menyebutkan Dasar Hukum Pelaksanaan Pembinaan dan Pengawasan terhadap Ormas, antara lain: Pertama; Permendagri. Nomor: 56 Tahun 2017 Tentang Pengawasan Ormas di lingkungan Kemendagri dan Pemda, Kedua; Perbup. Pemalang Nomor: 81 Tahun 2021 Tentang Kedudukan Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Bakesbangpol. Kabupaten Pemalang, dan yang Ketiga; SK Bupati Pemalang Nomor: 220/277/2023 Tentang Pembentukan Tim Terpadu Pengawasan Ormas Kabupaten Pemalang.

''Kegiatan ini sebagai sarana Koordinasi antara Pemda dengan Ormas dalam rangka memberikan pembinaan dan pengawasan terhadap kegiatan ormas,'' Ungkap Yudia.

Lebih lanjut, Plt. Kabakesbangpol; Yudia Sulaksono, menambahkan bahwa pihaknya telah menghadirkan sejumlah nara sumber yang akan memberikan  pengarahan.

''Yaitu, antara lain: bapak Bupati Pemalang(Mansur Hidayat) sebagai Keynote Speech, Polres akan menyampaikan pengarahan mengenai peran ormas dalam mensukseskan Pemilu 2024, Kodim akan memberikan pembinaan terhadap ormas, Kejari akan melakukan pengawasan terhadap ormas, dan dari Akademisi yakni: Dr. Untung Budiarso menyampaikan materi mengenai Pemberdayaan ormas,'' Terang Yudia.

Plt. Kabakesbangpol; Yudia Sulaksono juga menjelaskan tujuan pihaknya mengadakan pembinaan terhadap ormas, sebagai berikut: Pertama; menjalin koordinasi dan kerja sama antara Pemda. Pemalang dengan ormas, Kedua; meningkatkan partisipasi dan peran serta ormas dalam pembangunan di daerah, dan yang Ketiga; sebagai sarana pembinaan ormas serta pengawasan kegiatan ormas.

''Peserta kegiatan ini merupakan pengurus ormas sebanyak 120 orang,'' Jelas Yudia.

Bupati Pemalang; Mansur Hidayat, dalam sambutannya berharap agar ormas dapat bersinergi dengan pemda.

''Apalagi sebentar lagi akan Pemilu, saya berpesan pada ormas, berikan edukasi pada masyarakat supaya persatuan dan kesatuan tetap terjaga, meskipun beda pilihan,'' Tandas Mansur mengingatkan agar ormas tetap berpegang teguh pada Pancasila dan hukum yang berlaku.

''Jangan sampai menyimpang dari Pancasila,'' Pungkas Mansur.

(Reporter: slametsbl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar