res

KODIM 1614/DOMPU Adakan LATBAKJATRI Triwulan IV/Ta 2023 Untuk Mengasah Kemampuan Prajurit - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

15 November 2023

KODIM 1614/DOMPU Adakan LATBAKJATRI Triwulan IV/Ta 2023 Untuk Mengasah Kemampuan Prajurit

NTB - Dompu, Cakrawala merdeka online,!_ Kegiatan LATBAKJATRI Triwulan IV sesuai surat perintah Komandan Kodim 1614/Dompu No Sprin : 3101/XI/ 2023 Tanggal 09 November 2023 yang akan dilaksanakan pada,

Tanggal 15 sampai dengan 17 November 2023 mulai pukul 07.00 wita sampai selesai,

Tempat pelaksanaanya di Lapangan tembak yang berlokasi di Desa Lune Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu NTB, Rabu (15-11-2023).

Diharapkan kepada seluruh anggota yang tidak terlibat Dinas dalam atau berhalangan lain di wajibkan hadir tepat waktu dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan, membawa perlengkapan kebutuhan pribadi.

Atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

"Begitu isi perintah Batih Ops Dim 1614/Dompu Serma Wahyudin melalui fia WhatsApp yang di infokan di grup Kodim".

Kegiatan Latbakjatri bagi seluruh Personil Militer Kodim 1614/Dompu ini adalah merupakan salah satu upaya Pimpinan Komando Atas yang telah di programkan dalam tiap triwulan guna memelihara dan meningkatkan kemampuan juga ketrampilan dalam menembak bagi setiap Prajuritnya.

Kodim 1614/Dompu menyelenggarakan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) Triwulan IV/ Ta 2023 ini berlangsung di Lapangan Tembak Kodim 1614/Dompu yang berlokasi di Desa Lune, Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu.

Kegiatan ini merupakan Program rutin yang di selenggarakan oleh Kodim 1614/Dompu di setiap triwulan dalam setahun, guna mengasah kemampuan Prajurit dalam hal menembak.

Sesuai instruksi dari Perwira Seksi Operasional Kodim 1614/Dompu Kapten Inf Adisan, Pelaksanaan kegiatan Latbakjatri di triwulan IV/tahun 2023 ini di rencanakan berlangsung selama tiga hari, terhitung mulai tanggal 15 November 2023 hingga tanggal 17 November 2023, dan kegiatan ini di ikuti oleh seluruh Prajurit Kodim 1614/Dompu.

Kegiatan yang merupakan program rutinitas TNI AD pada setiap triwulan ini di awali dengan apel pengecekan kelengkapan personil dan meterial sekaligus Berdoa yang di pimpin oleh Danramil 1614-01/Dompu Kota Kapten Kav M Kasim.

Pada saat Danramil 01 mengambil apel pengecekan di Lapangan Tembak Lune tersebut menjelaskan bahwa, "Kemampuan menembak merupakan salah satu modal dasar bagi setiap Prajurit yang harus di kuasai dan di pelihara secara terus menerus serta kontinyu, oleh karna itu sehingga di butuhkan latihan yang terarah dan terencana".

Dalam Triwulan IV/ Ta 2023 ini Guna Mengasah Kemampuan Setiap Prajurit, Komandan Kodim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M. Dalam perhatiannya menekankan bahwa, latihan menembak senjata ringan ini merupakan program dari Komando atas dan di laksanakan berdasarkan kalender latihan satuan yang di laksanakan setiap triwulan dalam setiap tahun.

Danramil 1614-04/Kilo Kapten Inf Mahdin Selaku Danlat di hari pertama ini menambahkan. Dengan di selenggarakannya latihan menembak secara rutin setiap triwulan ini, di harapkan kepada setiap Personil dapat meningkatkan kemampuan menembak, minimal mencapai tingkat mampu pada materi menembak tepat.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga mengingatkan kepada para pelatih dan pendukung serta seluruh pelaku latihan menembak agar tetap menjaga faktor keamanan selama pelaksanaan sampai selesai latihan menembak, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama yang nantinya dapat merugikan personil, material dan juga Satuan.

Laksanakan latihan menembak ini dengan tulus, ikhlas dan penuh semangat. (Namun tetap perhatikan faktor keamanan itu yang paling penting), karna suksesnya dalam pelaksanaan suatu latihan, tergantung dari hasil akhir pelaksanaan latihan yaitu (Keamanannya), oleh karena itu prioritaskan faktor keamanan, ikuti semua petunjuk dan arahan dari masing-masing pengawas lajur dan Pemimpin Petembak, dan apabila kalau terjadi kendala atau gangguan pada senjata bagi petembak agar segera laporkan sehingga dapat segera di atasi oleh pengawas lajur. “Tegasnya”

Untuk di ketahui bahwa, mekanisme dalam pelaksanaan Latbakjatri yakni para petembak berada di Daerah Persiapan guna mengambil senjata dan munisi, kemudian menuju ke Pemeriksaan awal, dan ke Lajur penembakan masing-masing sesuai no urut dan melakukan tembakan koreksi sebanyak 3 butir munisi sesuai instruksi aba-aba Pemimpin petambak.

Selesai tembakan koreksi, para petembak melanjutkan dengan tembakan penilaian sebanyak 10 butir munisi dan selesai menembak para petembak melakukan tindakan keamanan dengan mengosongkan senjata dan menuju ke Pemeriksaan akhir.

Tidak lupa, setiap selesai melaksanakan kegiatan di akhiri dengan Apel pengecekan dan Berdo'a. (Zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar