res

Babinsa Desa Jambu Koramil 1614-03/Hu'u Rutin Adakan Komsos Bersama Perangkat Desa - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

12 Desember 2023

Babinsa Desa Jambu Koramil 1614-03/Hu'u Rutin Adakan Komsos Bersama Perangkat Desa

NTB-Dompu, Cakrawala merdeka online,_ Guna menunjang dan mendukung kegiatan teritorial di Desa binaan, Babinsa Desa Jambu Koramil 1614-03/Hu'u, Serda Edi Susanto rutin selenggarakan Komunikasi sosial (Komsos) Bersama Perangkat dan Staf Desa Jambu Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Pada hari Senin (11-12-2023) Sekitar pukul 10.00 wita.


Pada kesempatan tersebut, hadir seperti.

Bapak A Majid selaku Bendahara Kecamatan, Bapak Ilyas Muhamad selaku Kepala Dusun Pandai, Bapak Fuad S.Pd selaku Kepala Seksi Pelayanan, dan Bapak M Said selaku Penggawa So Jambu Dua, hadir pula Bapak Jumal Ismail selaku Tokoh Masyarakat setempat.


Dalam kegiatan Komsosnya kali ini, Babinsa Desa Jambu membahas terkait memasuki musim hujan, itu artinya warga masyarakat petani kita akan memulai mempersiapkan diri untuk beraktivitas lagi di lahan perkebunannya guna untuk menanam.


Untuk mengawali kegiatan menanam, pada kesempatan tersebut Babinsa menyarankan agar semua warga masyarakat petani yang berkebun agar mengutamakan pemagaran So terlebih dahulu, mengingat hampir semua warga petani yang ada di Desa Jambu ini juga memiliki hewan ternak seperti Kambing, Sapi dan juga Kuda.


Alangkah sebaiknya dari sekarang pada kesempatan baik ini kita membahasnya dan kalau bisa nantinya diakhiri dengan kata sepakat, *(Aturan kita buat bersama dan kita harus ta'ati bersama juga tentunya untuk kesejahteraan kita bersama)*, "tegas Babinsa".


Adapun poin penting yang hendak di sampaikan dan di sepakati bersama pada kesempatan tersebut diantaranya seperti.


- Setiap warga masyarakat petani yang berkebun, walaupun lokasi kebunnya di bagian tengah namun tetap berkewajiban untuk mendapatkan jatah lahan untuk dipagari yang panjangnya sesuai kesepakatan bersama.


-Setiap warga masyarakat yang memiliki hewan ternak, berkewajiban agar hewan ternaknya tersebut di ikat atau di kandangkan dan seterusnya.


Selain dari sejumlah poin penting tersebut, Babinsa Desa Jambu Serda Edi Susanto juga menambahkan dalam forum tersebut agar dari sekarang kita harus membentuk Tim Kelompok Tani, dari satu tim terdiri dari beberapa orang warga petani yang di pimpin oleh satu orang dari tim tersebut. Dengan cara seperti ini nanti kita akan tau dalam Desa kita ini ada berapa jumlah keseluruhan kelompok tani yang aktif secara nyata.


Hal pembentukan seperti ini juga sangat penting nantinya, guna mempermudah untuk mengkalkulasikan dalam laporan dan pendistribusian logistik baik berupa pupuk maupun obat-obatan lainya agar tertib dan merata.

Dalam satu tim juga harus selalu bekerja sama dan kompak contoh kecilnya seperti masalah hama pada tanaman, pencegahan dan penangananya termasuk dalam menentukan pemilihan bibit yang tepat dan cocok untuk lokasi lahan dengan keadaan cuaca yang ada seperti saat ini.


Kita sudah banyak pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, karna kita tidak membentuk kelompok tani, pada saat pendistribusian logistik berupa pupuk dan obat-obatan dari Pemerintah kita selalu rebutan, akibatnya pembagian tidak merata.


Dalam suasana santai tersebut, para perangkat Desa dan juga warga masyarakat yang hadir pada pagi hari yang cukup cerah tersebut berterima kasih atas usulan dan saran yang telah di paparkan oleh Babinsa. 

Semua itiem yang kita bahas ini harus segera di realisasikan, Karna hal ini cukup penting dan bermanfaat untuk kebersamaan dan kemajuan Desa Jambu, "Ucap Pak A Majid selaku Pejabat Bendahara Kecamatan".

*(Zun).*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar