res

Jelang Nataru Rutan Tarutung Pastikan Maksimalkan Pengamanan Jaga - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

21 Desember 2023

Jelang Nataru Rutan Tarutung Pastikan Maksimalkan Pengamanan Jaga

Cakrawalamerdeka Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Tarutung menerima kunjungan kerja (Kunker) Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Kriston Napitupulu beserta Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev), Kamis (21/12).



Kunker tersebut dalam rangka kegiatan monitoring dan evaluasi, penguatan tugas dan fungsi (Tusi) pemasyarakatan serta penguatan pengamanan dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2024 di Rutan Kelas IIB Tarutung. Kunjungan kerja Tim Monev tersebut disambut dengan baik Kepala Rutan Tarutung, Ismet Sitorus beserta jajaran.



Monev kali ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan Petugas dalam menghadapi potensi gangguan keamanan yang dapat terjadi selama libur Natal dan Tahun Baru.



Kegiatan penguatan tugas dan fungsi (tusi) Pemasyarakatan yang dilaksanakan di Aula Rutan Tarutung. Kriston Napitupulu menyampaikan, kepada seluruh jajaran Rutan Tarutung agar selalu melaksanakan 3 kunci pemasyarakatan maju, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, memberantas narkoba dan sinergi dengan aparat penegak hukum.



Kriston Napitupu menekankan pentingnya keamanan dan ketertiban dalam lingkungan Rutan, terutama dalam situasi libur Natal dan Tahun Baru yang rawan akan potensi gangguan.



"Kita harus memastikan bahwa keamanan dan ketertiban di Lapas / Rutan tetap terjaga, terutama selama libur Natal dan Tahun Baru. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi para warga binaan serta mencegah terjadinya kejadian yang tidak diinginkan," ujar Kriston Napitupulu.



Kriston Napitupulu juga menyampaikan kepada seluruh Petugas agar meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan selama 24 jam dengan memperbantukan petugas staf dan membuat piket tambahan, melakukan koordinasi dengan TNI/Polri, Pemadam Kebakaran dan BPBD untuk membantu pelaksanaan Pengamanan Natal dan Tahun Baru.



Selanjutnya Kriston menyampaikan untuk meningkatkan kegiatan intelijen dan mengoptimalisasi kegiatan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal Pas) untuk memastikan seluruh petugas melaksanakan SOP dan tidak melakukan penyalahgunaan wewenang.



Ismet Sitorus selaku Kepala Rutan Kelas IIB Tarutung berterima kasih atas kunjungan dari Tim Monev Kanwil Kemenkumham Sumatera Utara dan akan terus berbenah dalam meningkatkan pengamanan dan layanan pemasyarakatan yang ada serta berharap mendapatkan masukan yang positif pada perubahan Rutan Tarutung yang lebih baik lagi kedepannya.



“Dengan kegiatan Monitoring dan Evaluasi yang telah dilaksanakan jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumatera Utara, kami sangat berterima kasih atas kedatangan Tim Monev Kanwil karena hasil dari monev ini dapat kami pergunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pengamanan jelang natal dan tahun baru serta sebagai bahan evaluasi atas kinerja kami selama ini sekaligus kami dapat langsung berkonsultasi, melakukan langkah-langkah yang terbaik agar ke depannya kami bisa melaksanakan tugas dengan semakin baik” ,ujar Ismet Sitorus. Panji Simanungkalit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar