res

Kegiatan penanaman perdana HMT Indigofera Zollingeriana di Desa Tolokalo Kecamatan Kempo oleh Danrem 162/WB kerja sama antara Kodim 1614/Dompu dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara ke 78,1 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Warga Kampasi meci terima raskin masih minim.

17 Desember 2023

Kegiatan penanaman perdana HMT Indigofera Zollingeriana di Desa Tolokalo Kecamatan Kempo oleh Danrem 162/WB kerja sama antara Kodim 1614/Dompu dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu

 


Dompu Cakrawala merdeka online, Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S. IP., M. IP melaksanakan penanaman perdana Hijauan Makanan Ternak (HMT) Indigofera Zollingeriana di Kabupaten Dompu.


Penanaman dilakukan di Dusun Kesi Desa Tolokalo Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu pada hari Sabtu (16/12/2023) sekitar pukul 12.00 Wita.


Hadir pula dalam kegiatan dimaksud Ketua Persit KCK Korem 162/WB, Ny. Lisna Suniar, Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M, Wakapolres Dompu Kompol Jamaluddin, Ketua DPRD Dompu H. Andi Bachtiar, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu Muhammad Abduh beserta para Kabid dan staf, Ketua Persit KCK Kodim 1614/Dompu beserta anggota, para Perwira Seksi, Danramil 02/Kempo beserta anggota, Kasi Humas Polres Dompu IPTU Zuharis, SH, Camat Kempo Drs. Budi Rahman, Kapolsek Kempo IPDA Jubaidin beserta anggota serta Kepala  UPTD dan staf Peternakan Kecamatan Kempo, Kepala.Desa Tolokalo Ihlas, dan para petani ternak.


Danrem dalam sambutannya mengapresiasi terobosan yang dilakukan Pemda Dompu melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan bersama Kodim 1614/Dompu yang melakukan budidaya untuk pengembangan pakan ternak indigofera.


"Ini merupakan terobosan yang positif untuk pengembangan pakan alternatif bagi ternak di Kabupaten Dompu karena kita tahu Kabupaten Dompu sangat dikenal dengan peternakannya," ucap Jenderal TNI berbintang satu tersebut.


Danrem berharap semoga dengan pengembangan budidaya indigofera memberikan kesadaran bagi masyarakat untuk beternak secara modern dengan sistem perkandangan.


Menurut Danrem, peternakan dengan sistem lepas liar dapat menimbulkan permasalahan  bila hewan memasuki lahan pertanian masyarakat.


"Ternak yang dilepas juga bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas," kata Danrem. 


Danrem menjelaskan peternakan modern dapat mengadopsi sistem di Australia. Di suatu areal tertentu yang dibuatkan kandang khusus sekaligus memiliki lahan pengembangan pakan ternak.


"Semoga ke depan peternakan di Dompu sudah menggunakan sistem modern sehingga peternakan di Dompu menjadi maju," harapnya.


Bupati Dompu H. Kader Jaelani memberi apresiasi dan penghargaan kepada Kodim 1614/Dompu yang menginisiasi kegiatan penanaman tersebut bahkan dihadiri langsung oleh Danrem 162/WB.


"Semoga dengan pengembangan indigofera ini bisa terwujud peternakan modern dan ternak yang dikandangkan lebih cepat gemuk dan bobotnya lebih berat," ucap Bupati AKJ.


Bupati juga memberi apresiasi kepada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu atas inovasi-inovasi baru  bagi kemajuan peternakan di Kabupaten Dompu. (Zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar