res

Kodim 1614/Dompu Gelar Upacara Bendera Merah Putih Minggu Pertama Bulan Desember 2023 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Dandim 1614/Dompu membuka paksa pemblokiran jalan lintas Sumbawa Bimaa

04 Desember 2023

Kodim 1614/Dompu Gelar Upacara Bendera Merah Putih Minggu Pertama Bulan Desember 2023


NTB-Dompu, Tidak pernah terlewatkan dalam setiap Minggu pertama di awal bulan, Satuan Komando Distrik Militer  (Kodim) 1614/Dompu, Rutin menyelenggarakan Upacara Bendera Merah Putih Guna Mengenang dan Menghargai jasa-jasa Para Pahlawan yang telah berjuang demi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Kita sebagai generasi penerusnya berkewajiban untuk mengisi Kemerdekaan ini dengan membangun Bangsa dan Negara ke arah yang lebih maju guna mencapai Kerakyatan yang Adil dan Makmur sesuai cita-cita Kemerdekaan yang tertuang dalam UUD 1945 dan di jelaskan lagi secara rinci dalam butiran Pancasila,

Senin (04/12/2023) Pukul 07.00 Wita.

Usai Pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan Teks Pancasila dan Pengucapan Saptamarga, Inspektur Upacara dalam amanatnya membacakan Amanat Komandan Korem 162/Wira Bhakti.

Amanat Pada Upacara Bendera Minggu Pertama Bulan Desember 2023.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua.

Om Suastiastu, Syaloom.

Para Perwira, Bintara, Tamtama serta segenap Pegawai Negeri Sipil yang saya cintai dan saya banggakan,

Yang pertama dan yang utama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, hari ini kita masih diberikan kekuatan lahir dan bathin sehingga kita dapat mengikuti Upacara Bendera minggu pertama bulan Desember tahun 2023 dalam keadaan sehat wal'afiat.

Memasuki bulan bulan terakhir di tahun 2023 ini Program Kerja Korem 162/Wira Bhakti TA. 2023, saya ingatkan kembali kepada masing-masing Dansat dan staf Korem 162/Wira Bhakti, agar segera membuat laporan hasil kegiatan satuan yang telah dilaksanakan pada bulan lalu, untuk dilaporkan ke Komando atas, guna dijadikan sebagai bahan evaluasi pimpinan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut.

Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS sekalian,

Perlu kita ketahui bersama ada beberapa rangkaian kegiatan yang telah kita laksanakan, diantaranya kegiatan tim Dalproggar TNI AD di wilayah Korem 162/Wira Bhakti, gelar pasukan dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu damai 2024 wilayah NTB, rangkaian kegiatan peringatan Hari Pahlawan Ke 2023, kegiatan 78 Tahun 2023, penyambutan kepala staf Kepresidenan RI dalam rangka kunjungan kerja di wilayah Provinsi NTB serta berbagai pelaksanaan kegiatan latihan yang melibatkan beberapa instansi terkait tersebut telah berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Untuk itu, saya selaku Komandan Korem 162/Wira Bhakti maupun pribadi mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota jajaran Korem 162/Wira Bhakti yang telah mendukung berbagai kegiatan tersebut sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar serta sukses.


Ke depan masih banyak agenda kegiatan yang harus menjadi atensi bagi para Komandan satuan jajaran Korem 162/Wira Bhakti, diantaranya rangkaian kegiatan peringatan Hari Juang Kartika, pelaksanaan kegiatan pengamanan hari Natal dan Tahun Baru 2023 serta masih banyak kegiatan lain yang akan kita laksanakan pada bulan ini.


Kita ketahui juga mulai Tanggal 28 November 2023 sudah mulai masa kampanye, saya ingatkan kembali kepada seluruh anggota jajaran Korem 162/WB untuk Buku Netralitas TNI wajib di saku prajurit, dan Netralitas TNI pada pemilu 2024 yang berbunyi antara lain:

Pertama, tidak memihak dan tidak memberi dukungan kepada Partai Politik manapun paslon yang diusung serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis.

Kedua, tidak memberikan fasilitas tempat sarana dan prasarana milik TNI kepada paslon dan Parpol untuk digunakan sebagai sarana kampanye.

Ketiga, keluarga Prajurit TNI yang memiliki hak pilih (Hak individu selaku Warga Negara), dilarang memberi arahan dalam menentukan hak pilih.

Keempat, tidak memberikan tanggapan, komentar dan mengupload apapun terhadap hasil quick count sementara yang dikeluarkan oleh Lembaga Survey.

Kelima, menindak tegas Prajurit dan PNS TNI yang terbukti terlibat politik praktis, memihak dan memberi dukungan kepada Partai Politik beserta paslon yang diusung.

Adakan koordinasi yang baik dengan pihak-pihak terkait yang akan mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut, sehingga segala bentuk kegiatan yang kita laksanakan dapat berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Para peserta upacara sekalian yang saya banggakan,

Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya juga kembali mengingatkan kepada seluruh anggota jajaran Korem 162/Wira Bhakti agar selalu menjaga keamanan diri sendiri, keluarga serta lingkungan dimanapun kalian berada Jauhi pelanggaran sekecil apapun, karena pelanggaran sekecil apapun yang para anggota lakukan tidak hanya merugikan diri sendiri namun juga akan merugikan keluarga dan satuan tempat kalian bertugas.

Jadilah prajurit yang PRIMA, yaitu Professional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, serta bersikap disiplin dan taat kepada hukum serta aturan yang berlaku. Junjung tinggi loyalitas sesuai dengan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

Demikian amanat saya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan hidayah-Nya kepada kita sekalian, dalam melanjutkan pengabdian kepada Masyarakat, Bangsa dan Negara tercinta.


Sekian dan terima kasih, Wassalamualaikum  Warahmatullahi Wabarakatuh, Om shanti shanti shanti om, Shaloom.


Komandan Korem 162/Wira Bhakti, Brigadir Jenderal TNI

Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han. 

Usai Irup membacakan amanat 

Komandan Korem 162/Wira Bhakti, Pasiterdim 1614/Dompu, Kapten Inf M. Yamin menambahkan agar Seluruh personil Kodim betul-betul mengerti dan memahami dan mampu mengaplikasikan dalam tugas sehari-hari apa-apa yang menjadi perhatian dan Penekanan Bapak Danrem 162/WB, termasuk diantaranya yang menjadi Penekanan Bapak Panglima TNI yang di rangkum dalam Nuku Saku Prajurit, (Ucap Pasiter sebagai penutup).

Kegiatan Upacara Bendera Merah Putih Minggu Pertama awal bulan desember 2023 selesai ditutup dengan pembacaan Doa yang di pimpin oleh ASN Muhtar.

(zun).*_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar