res

Kodim 1614/Dompu Rayakan HUT NTB Ke-65 Tahun 2023 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

21 Desember 2023

Kodim 1614/Dompu Rayakan HUT NTB Ke-65 Tahun 2023

DOMPU - Cakrawalaonline, Perayaan Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Ke-65 Provinsi NTB Tahun 2023, Tingkat Kabupaten Dompu, dengan mengangkat tema (NTB Maju Melaju). Irup Bupati Dompu H Kader Jaelani, Rabu (21-12-2023) Pukul 08.15 Wita.

Perayaan HUT NTB yang ke-65 Tahun 2023 kali ini terpusat di Kabupaten Sumbawa, untuk menunjukkan bahwa Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa adalah satu kesatuan yang utuh, yaitu Nusa Tenggara Barat juga untuk memperkuat jalinan silaturrahmi dan mendekatkan Pemerintah dengan Masyarakat di seluruh Kabupaten dan Kota. 

Tema HUT NTB  ke-65 Tahun 2023 adalah "Nusa Tenggara Barat maju melaju".

Bupati Dompu juga melaunching penerapan aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi atau yang biasa disingkat dengan sebutan Srikandi. aplikasi Srikandi ini merupakan bentuk penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik, hasil kolaborasi empat Kementerian, di antaranya Kemenpan-RB, ANRI, Kominfo serta badan Siber dan Sandi Negara, sebagai pengamanan aplikasi dan sertifikasi elektronik.

Penerapan aplikasi Srikandi sebagai bagian integral dari pelayanan sistem pemerintahan berbasis elektronik ini dilakukan semata-mata untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta pelayananpublik yang berkualitas dan terpercaya. sekaligus dapat memangkas biaya dan waktu,membasmi korupsi pelayanan, serta mewujudkan proses kerja yang efisien dan efektif.

Hadir dalam kegiatan perayaan tersebut.

Bupati Dompu H Kader Jaelani,

Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan,ST.MT,

Dandim 1614/Dompu diwakili Mayor Inf M Safi'i,

Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, SKM., M.Kes,

Kapolres Dompu Diwakili Kabag SDM AKP Adhar S.Sos,

Ketua DPRD Kab Dompu H Andi Bahtiar Amd.Par,

Kejaksaan Negeri Dompu diwakili kasi pidum Addawatul islamiyah S.H., M.H, dan para tamu undangan lainya.

Usai Pembacaan teks Pancasila yang dipimpin oleh inspektur upacara dan Pembacaan naskah Pembukaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Dompu Muhamad Amin S.pd,

Pada sesi Amanat, Inspektur Upacara Bupati Dompu H Kader Jaelani membacakan  (Sambutan Gubernur NTB).

Puji Syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-nya, kita semua dapat berkumpul di hari yang penuh berkah ini untuk merayakan hari jadi Daerah kita tercinta, Nusa Tenggara Barat. Atas Nama Pribadi dan sebagai penjabat Gubernur, mewakili seluruh masyarakat NTB, kita merasa sangat bersyukur dan bangga dapat ikut mewarnai perjalanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di usianya yang ke-65 tahun Nusa Tenggara Barat tercinta.

Dalam suasana yang penuh kebahagiaan ini perkenankan saya mengajak kita semua sebagai bagian dari masyarakat Nusa Tenggara Barat yang hidup dan memiliki ikatan emosional dengan Daerah ini untuk senantiasa bersyukur atas nikmat pembangunan yang telah Allah SWT berikan melalui perantara ikhtiar, karya, dan pengabdian kita bersama. Semoga eksistensi, kebanggaan, dan kecintaan pada Daerah ini tetap bersemi dalam benak seluruh masyarakat NTB, sehingga kita dapat menata pembangunan berkelanjutan saat ini dan pada masa mendatang dalam suasana penuh kebersamaan, kekeluargaan, dan kedamaian. 

Segenap masyarakat NTB yang saya cintai dan saya banggakan, Momentum peringatan HUT NTB kali ini memiliki makna khusus bagi saya, dimana saya diamanahi sebagai Penjabat Gubernur NTB pasca dilantik Menteri dalam Negeri pada 19 september 2023 lalu untuk memegang kendali pemerintahan transisi di Provinsi NTB sampai dengan batas waktu penugasan yang telah di atur dalam Undang-undang dan peraturan-peraturan lainnya.

Makna khusus lainnya dalam peringatan HUT NTB kali ini serasa berbeda, karena dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa, untuk menunjukkan bahwa Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa adalah satu kesatuan yang utuh yaitu Nusa Tenggara Barat. Kehadiran kita disini untuk memperkuat jalinan silaturrahmi dan mendekatkan Pemerintah dengan masyarakat di seluruh Kabupaten dan Kota. 

Mengawali amanah sebagai penjabat Gubernur, langkah pertama menapaki perjalanan dalam mewujudkan cita-cita besar membangun NTB, kami kemas dalam spirit baru "NTB Maju Melaju". 

Semangat ini hadir sebagai proses akselerasi yang tidak hanya sekedar menjaga momentum pembangunan yang sudah ditorehkan oleh pemimpin-pemimpin sebelumnya, tetapi bagaimana terus memacu akselerasi pembangunan kedepannya. Untuk itu, program inovatif menjadi cara pembuktian dalam ikhtiar membangun yang progresif melalui terobosan baru yang kami inisiasi, yaitu program “Jumat Salam”. Jumát salam akronim dari “Jumpai masyarakat dan selesaikan aneka persoalan masyarakat” merupakan usaha Pemerintah Provinsi NTB untuk mengetahui kehidupan masyarakat serta mencari solusi terhadap setiap permasalahan di masyarakat yang dilaksanakan di semua Desa dan Kelurahan di seluruh Wilayah NTB. 

Program ini bertujuan untuk menanggulangi isu-isu strategis Nasional di Daerah yakni percepatan penurunan Stunting menuju 14% tahun 2024, penghapusan kemiskinan ekstrim menuju nol tahun 2024 dan peningkatan produktivitas daerah 2,7% menjadi 4,1% terhadap PDB Nasional. Selain itu secara khusus program ini juga diharapkan untuk mensosialisasikan pemilu damai di tengah-tengah masyarakat serta mendukung produk-produk lokal dengan menggalakkan gerakan bela beli produk lokal guna menggerakkan ekonomi masyarakat melalui program jumát blondong dan sarung produk lokal NTB. Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten atau Kota dan masyarakat NTB, yang sudah menyambut baik dan mendukung penuh program inovatif yang kami hadirkan ini.

Segenap masyarakat NTB yang saya banggakan, selama 65 tahun Nusa Tenggara Barat telah mengalami berbagai kemajuan signifikan di berbagai sektor dari pertumbuhan ekonomi yang membaik setelah melewati rangkaian cobaan yang menerpa hingga peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan serta perbaikan pembangunan berbagai infrastruktur. Alhamdulillah pada bulan Oktober yang lalu, NTB berhasil meraih capaian positif dalam pengendalian inflasi. NTB masuk dalam 10 besar Provinsi dengan inflasi terendah di Indonesia sebesar 2,66 year on year (yoy). Sementara angka inflasi gabungan month to month (mtm) NTB di bawah angka inflasi Nasional sebesar 0,34%. Demikian halnya, NTB kembali sukses mengelar berbagai perhelatan akbar Moto GP, MX GP Samota dan Selaparang, festival fashion atau Lombok International Modest Fashion Festival (LIMOFF) dan berbagai Event Mice Skala Nasional dan Internasional. Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan kesuksesan dalam aspek penyelenggaraan semata, melainkan juga memberikan kontribusi positif terhadap Ekonomi dan Pariwisata. 

NTB juga berhasil meraih berbagai penghargaan dan prestasi Skala Nasional antara lain masuk dalam 3 besar Nasional penghargaan Anindhita Wistara data dari BPS RI atas Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), kategori baik bersama dengan DKI Jakarta dan Bali. Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023 sebagai Pemerintah Daerah Terinovatif Klaster Provinsi Baru Kementerian Dalam Negeri RI. 

Anugerah meritokrasi kategori baik dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas keberhasilan Pemerintah Provinsi NTB dalam menerapkan sistem merit pada manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam bidang penyiaran, Pemerintah Provinsi NTB meraih penghargaan anugerah KPI 2023, kategori Pemerintah Daerah peduli penyiaran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat dalam bidang Pariwisata, Pj Gubernur NTB menerima penghargaan berupa lencana Abdi Desa Wisata. NTB juga meraih predikat terbaik pertama Indonesia Muslim Travel Indek (IMTI) Award dari Kemenparekraf RI. NTB adalah destinasi wisata ramah muslim terbaik di Indonesia, selain itu Daerah kita juga menerima dua kategori penghargaan pada ajang Anugerah Bangga Berwisata di Indonesia (ABBWI) 2023, yaitu terbaik pertama ABBWI 2023, tingkat kawasan Kalimantan - Nusa Tenggara, serta terbaik pertama sebagai Provinsi dengan destinasi Pariwisata berkualitas Se-Indonesia yang di selenggarakan oleh Kementerian koordinasi Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2023 klaster Provinsi, NTB meraih penghargaan top 45 inovasi pelayanan publik terpuji dari Kemenpan-RB melalui program inovasi terpadu plus sejak Desember 2023, seluruh Kabupaten dan Kota di NTB telah mencapai universal health coverage (UHC), dimana sebanyak 5.399.466 jiwa di NTB telah terdaftar sebagai peserta JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Pencapaian UHC ini telah mencapai 97,56 persen dari jumlah penduduk pada Tahun 2023.

Provinsi NTB juga meraih juara 3 kategori daerah yang melakukan implementasi kebijakan dan regulasi turunan Perda RUED Provinsi pada penghargaan anugerah Dewan Energi Nasional (DEN) 2023. Selanjutnya, dalam pendaftaran sistem elektronik lingkup publik tingkat provinsi Se-Indonesia, pemerintah Provinsi NTB mendapatkan penghargaan sebagai instansi teraktif urutan kedua, setelah jawa barat pada urutan pertama dan jawa tengah pada urutan ketiga. Besok pada selasa sore tanggal 19 Desember 2023 di Istana Wakil Presiden RI, Pemerintah Provinsi NTB kembali mendapatkan predikat Provinsi informatif, bersama 14 Provinsi lainnya, dalam penghargaan anugerah keterbukaan informasi publik tahun 2023. 

Segenap masyarakat NTB yang saya cintai, seluruh pencapaian prestasi pembangunan ini adalah buah kerjasama antara Pemerintah dan masyarakat, sebagai sebuah revolusi tindakan dan kebijakan. Prestasi-prestasi membanggakan yang kita raih saat ini tentu merupakan buah manis dari kerja keras dan kerja cerdas yang telah digagas pemimpin-pemimpin terdahulu. Ke depan, tantangan dan hambatan tetap membutuhkan sinergi kita bersama untuk terus berikhtiar mewujudkan NTB yang maju melaju. Mari kita pererat silaturrahmi, persatuan dan kesatuan antar anak-anak Bangsa, terlebih di tahun politik 2024 yang akan datang, kita akan melaksanakan Pemilu sebagai sarana kedaulatan rakyat. 

Oleh karena itu dalam menghadapi tahun Politik ini saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat NTB untuk berpartisipasi aktif mendukung pelaksanaan Pemilu dalam suasana yang kondusif, aman, damai dan harmonis. Hargai perbedaan pilihan Politik, tolak politisasi uang (Black Campaign), gunakan media sosial secara bijak dengan tidak menyebarkan berita Hoax dan ujaran kebencian yang dapat berpotensi memecah belah sesama anak Bangsa. Suksesnya pemilu di Daerah kita adalah cermin dari kebersamaan kita sebagai Warga Nusa Tenggara Barat, dimana demokrasi dapat tumbuh subur tanpa mengorbankan persatuan dan kesatuan kita, janganlah persatuan dan kesatuan kita korbankan demi sebuah perbedaan yang sesaat, demokratisasi berjalan, suasana tetap aman damai, tujuan dapat tercapai. Kondisi seperti ini sejalan dengan sesenggak sasak ”tunjung tilah, aiq meneng, empaq bau”, atau dalam lawas samawa ”bosang berisi ramang no berek”.

Segenap masyarakat NTB yang saya cintai dan saya banggakan, akhirnya, melalui peringatan hari yang bersejarah ini, perkenankan sekali lagi kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada segenap masyarakat NTB dan seluruh pemangku kepentingan, atas dedikasi dan kontribusinya membangun NTB, semoga semuanya tercatat sebagai amal ibadah di sisi Allah SWT., Aamiin Yarobbal’alamiin.

Seluruh rangkaian kegiatan di tutup dengan pembacaan Do'a yang dipimpin oleh H Samsul S.ag.

NTB Gemilang NTB Yang Hendak Kita Perjuangkan.

"Dirgahayu Nusa Tenggara Barat"  (NTB Maju Melaju)(zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar