res

Dandim 1614/Dompu Melakukan Penanaman 1000 pohon di taman nasional tambora - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kodim 1614/Dompu adakan kampanye penerimaan prajurit TNI AD -2024.

09 Januari 2024

Dandim 1614/Dompu Melakukan Penanaman 1000 pohon di taman nasional tambora

Dompu Cakrawala online,_!

Pada hari Selasa tanggal 09 Januari  2024 Pukul 15.00 WITA Bertempat di ceantury rusa taman nasional tambora telah berlangsung kegiatan penanaman 1000 pohon serta apel siaga dan launcing pengamanan serta perlindungan kawasan taman nasional tambora antara korem 162/Wira Bhakti dengan balai taman nasional tambora yang dipimpin oleh Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M. dan diikuti oleh -+450 orang.


Turut hadir sebagai berikut.


Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan S.T, M.T.

Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M.

 Kapolres dompu diwakili Akp yuliansyah.

Kadis LH prov.NTB

Kepala kehutanan nurwana putra S.hut.

Kepala taman nasional tambora deni rahadi S.hut Msi.

Kepala pln.

Camat pekat Nuraini S.pd.

    PT.SMS

Anggota Makodim 1614/Dompu

Anggota Polres Dompu.

Anggota Pol pp Dompu.

Anggota Pol hut dompu.

 Anggota taman nasional tambora.

Ketua persit Kartika Candra Kirana Cabang XXVIII Kodim 1614/Dompu Ny.Astrini Dewi Anindita.

Ibu-ibu persit koramil pekat 

Anak-anak pramuka Sma sekab.dompu.


Rangkaian kegiatan sebagai berikut.


Pukul 15.30 WITA Pembukaan acara.

Pukul 15.40 WITA Pembacaan do'a.

Pukul 15.45 WITA Sambutan selamat datang wakil bupati dompu H. Syahrul Parsan S.T, M.T. dan Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M.

    Pukul 15.50 WITA Arahan Dan sambutan Danrem 162/WB dibacakan oleh Dandim 1614/Dompu.

Terlebih dahulu marilah tiada henti-hentinya kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas izin-Nya kita dapat hadir di lokasi Kawasan Taman Nasional Gunung Tambora ini dalam keadan sehat wal afiat.


Hari ini, kita berkumpul di lokasi Gunung Tambora, untuk mengikuti acara yang memiliki makna yang sangat penting bagi kelestarian alam dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kami berterima kasih kepada jajaran Forkopimda Kab. Dompu, Balai Taman Nasional Gunung Tambora, KSDA Tambora Dompu, yang telah bersedia membuat program patroli bersama sebagai bagian dari upaya perlindungan dan pengawasan terhadap Kawasan Konservasi Gunung Tambora.


Patroli bersama ini akan melibatkan TNI dan Balai Tambora dalam memantau kegiatan yang berpotensi merusak alam di sekitar Gunung Tambora. Dalam hal ini, kehadiran TNI akan memberikan kekuatan dan keamanan dalam menjaga kelestarian lingkungan, sementara Balai Tambora akan memberikan dukungan teknis dan pengawasan seputar konservasi alam.


patroli bersama, kita akan melakukan satwa rusa secara simbolis. Rusa merupakan salah satu satwa yang hidup di kawasan Gunung Tambora dan sangat penting untuk dipertahankan. Pelepasan satwa rusa ini merupakan langkah kecil yang sangat berarti dalam upaya konservasi dan pemulihan ekosistem alam.



Kita juga akan melaksanakan penanaman 1000 pohon di sekitar Gunung Tambora, sebagai bagian dari upaya restorasi ekosistem. Penanaman pohon ini akan membantu dalam menjaga keseimbangan alam dan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh kegiatan manusia. Setiap pohon yang ditanam akan kontribusi berharga untuk memperbaiki kondisi lingkungan sekitar.


Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keanekaragaman hayati dan kelestarian lingkungan. Kita semua memiliki peran penting dalam melestarikan alam demi kesejahteraan umat manusia dan generasi mendatang Mari kita jaga dan rawat bumi kita bersama-sama, sehingga alam dapat memberikan manfaat dan keindahan yang tak terhingga bagi kita semua.


Pukul 16.05 WITA Sambutan Wakil bupati dompu H. Syahrul Parsan S.T, M.T. Pada akhir-akhir ini isu kehutanan berkaitan dengan perladangan liar menjadi isu yang sangat seksi dibicarakan oleh masyarakat kita. Kenapa istri ingin menjadi seksi karena dampak yang ditimbulkan sangat berdampak langsung bagi kehidupan masyarakat baik dari sisi kesehatan sisi sosial maupun dari sisi ekonomi.


Luas wilayah hutan Kabupaten Dompu adalah 66.282,04 hektar atau 6,77% dalam kondisi agak kritis, ini menjadi tugas kita bersama Bagaimana menyelamatkan 4.196,91 hektar ini agar tidak menjadi kritis dalam memperbaiki kondisi hutan tersebut kami pemerintah kabupaten dompu sudah mulai melakukan hal hal sebagai berikut.


Pada hari jadi Dompu yang ke 206 Pemerintah Kabupaten Dompu  telah mencanangkan Dompu berjasa (Dompu bersih, Dompu hijau dan Dompu sehat). Dalam rangka Pencanangan dompu hijau dan kami mengharapkan kepada semua masyarakat Dompu pada setiap hari sabtu melakukan penghijauan, sehingga kedepan saya ingin menjadikan kabupaten dompu menjadi kabupaten yang bisa memberikan kontribusi oksigen terbesar dalam wilayah nusa tenggara barat.

Pada hari Kamis 9 Desember 2021 kami telah melakukan penanaman pohon durian dan pohon buahan lainnya sebanyak 1000 pohon di desa saneo Kecamatan woja tepatnya di kompleks bersama KNPI Dompu kelompok masyarakat pencinta lingkungan seneo mahasiswa dan mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yapis Dompu.

Pada hari Jumat 10 Desember 2021 di desa Kramat Kecamatan kilo telah dilakukan penanaman 13 2.000 pohon kelor dirangkaikan dengan hari rempah indonesia yang bersama KTH mada kolo kami yelah melakukan penanaman 12.000 batang pohon buah,300 kilo gram benih jahe merah dan 2500 pohonnporang.

Kegiatan penghijauan dalam kegiatan ini kami menanam 2000 pohon buah-buahan.

Di tahun 2023 Pemerintah Kabupaten Dompu khususnya Dinas Lingkungan hidup Kabupaten Dompu telah melakukan kerja sama dengan kodim 1614/Dompu, polres Dompu, kejaksaan Negeri Dompu, unsur swasta  untuk melakukan penghijauan dibeberapa tempat.


Hari ini Selasa tanggal 9 Januari 2024 kembali komandan Korem 162/wira bakti menginisiasi kegiatan Penanaman dengan melibatkan unsur pemerintah Kabupaten Dompu, Kodim 1614/Dompu,polres dompu,taman nasional tambora, KPH Tambora, KPH Empang riwo, KPH Soromandi untuk melakukan penanaman 1000 pohon di tempat yang memiliki nilai sejarah yaitu Gunung Tambora terima kasih ini merupakan penanaman pertama di tahun 2024 Semoga apa yang kita lakukan hari ini bermanfaat bagi masyarakat dan generasi Dompu Bima di 5 tahun, 10 tahun ataupun 30 tahun yang akan datang.

 Kami sangat berharap kolaborasi dalam penghijauan antara unsur pemerintah provinsi dan pemerintah Kabupaten, unsur TNI,unsur polri, dalam rangka mengembalikan fungsi hutan sebagai penyangga dunia sehingga mimpi kami untuk menjadikan Kabupaten Dompu menjadi kabupaten yang lestari dan hijau bisa terwujud.


 Pukul 16.15 WITA Launching patroli pengamanan dan perlindungan kawasan taman nasional tambora. Pukul 16.20 WITA Penandatanganan piagam dukungan pengamanan dan perlindungan kawasan Taman Nasional Tambora oleh Dandim 1614 Dompu bersama wakil bupati dan kepala taman  nasional tambora.

Pukul 16.30 WITA Pembukaan secara resmi kegiatan penanaman pohon dan educam konservasi di kawasan Taman Nasional Tambora.

 Pukul 16.40 WITA Penanaman bersama sekaligus pelepasan satwa rusa dan di lanjutkan dengan istrahat.

Pukul 17.00 WITA Kegiatan Selesai dilanjutkan kegiatan educamp.

Kegiatan Penanaman 1000 pohon ini bertujuan untuk melestarikan dan penghijauan alam sekitar di tempat yang memiliki nilai sejarah yaitu di gunung tambora dalam mengembalikan fungsi hutansehingga mimpi kami untuk menjadikan kabupaten dompu menjadi kabupaten yang lestari dan hijau bisa terwujud.


 Dandim 1614/Dompu bersama wakil bupati melaksanakan bermalam ditaman nasional tambora untuk mengikuti kegiatan educamp yang dilaksanakan di taman nasional tambora sampai pukul 22.00 WITA(***) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar