res

Dukcapil Temanggung Jemput Bola Sukses Pemilu - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa yang bertanggung jawab di Dunia pendidikan terkait penandatangan ijazah

14 Februari 2024

Dukcapil Temanggung Jemput Bola Sukses Pemilu

Temanggung - Cakrawalaonline, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Temanggung Jawa Tengah membuka pelayanan umum Sukses Pemilu dengan mobil unit keliling untuk memfasilitasi pemilih yang membutuhkan data kependudukan untuk persyaratan di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Layanan tersebut berupa penapisan penuntasan perekaman KTP Elektronik bagi pemilih pemula, dibuka di depan gedung DPRD Temanggung, Rabu 14 Februari 2024.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Temanggung Bagus Pinuntun mengatakan, program ini merupakan layanan penjagaan untuk mensukseskan pemilu dari sisi data kependudukan. 

"Sampai dengan tanggal hari pemungutan suara, prinsip garis kebijakannya adalah tidak peduli seseorang ada kendala masalah administrasi kependudukan, termasuk ketika ada pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) tapi belum memiliki KTP,  sedangkan itu dipersyaratkan pada saat pencoblosan, maka kita melayani di mobil pelayanan ini untuk perekaman sampai cetak KTP gratis langsung jadi", terang Bagus Pinuntun. 




Pelayanan E-KTP di mobil unit keliling Dindukcapil ini dibuka sampai pukul 14.00 WIB. Menurut Bagus Pinuntun, layanan seperti ini diminati masyarakat terbukti meskipun bersifat penjagaan bagi keperluan pemilih yang membutuhkan KTP untuk syarat pencoblosan, tetapi ternyata peminatnya ternyata masyarakat bukan hanya untuk keperluan pemilu saja, namun banyak juga permohonan rekam KTP dan IKD (Identitas Kependudukan Digital). 

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Ika Utami Wijayanti mengatakan, Dindukcapil menyediakan pelayanan di mana nanti masyarakat ketika membutuhkan dokumen kependudukan, kaitannya untuk pencoblosan, layanan mobil keliling  membantu masyarakat. 




"Diluar jadwal pemilupun, untuk pelayanan admindukcapil ada di hari-hari tertentu, biasanya kami sampaikan pemberitahuan lewat flayer. Pelayanannya meliputi  perekaman KTP elektronik, aktifasi IKD, dan perubahan elemen data. Sedangkan pelayanan beberapa hari ini memang lebih fokus untuk mendukung sukses pemilu termasuk perekaman KTP untuk pemilih pemula, dan untuk Blanko KTP-nya sudah tersedia dalam jumlah aman", terang Ika. 

Sejak 2 tahun terakhir ini Dindukcapil Temanggung menyongsong sukses pemilu 2024 dengan melakukan jemput bola perekaman KTP Elektronik bagi pemilih pemula 

" Itu kami mulai pelaksanaan perekaman tahun 2022, tepatnya di bulan April. Kami juga mulai mendatangi SMA-SMA,  untuk menuntaskan perekaman terkait pemilih pemula itu jemput bola ke SMA, SMK ataupun MA. Ada juga jemput bola ke pondok pesantren, ke desa ataupun ke kecamatan", tandas Ika. 

Untuk sasaran ke desa, terangnya lanjut, sudah  kondisikan untuk melakukan perekaman KTP karena Dindukcapil sudah  punya data di mana kantong-kantong wilayah yang penduduknya masih banyak yang belum melakukan perekaman KTP. 

Salah seorang pemilih pemula Paza Nabila Rahmadani menyambut positif kegiatan layanan di luar kant Dindukcapil tersebut. Ia akan menuju TPS tetapi belum punya KTP sehingga langsung dilayani di mobil unit pelayanan untuk perekaman KTP dan IKD. 

"Ini sangat memudahkan, cepat dan praktis, bisa dilakukan saat waktu saya senggang ataupun pagi ini saya ijin tidak sekolah untuk mengurus KTP guna pencoblosan nanti", ujar Paza Nabila. (ariesta TMG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar