res

Kunjungan kerja Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Harfendi di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa yang bertanggung jawab di Dunia pendidikan terkait penandatangan ijazah

10 Februari 2024

Kunjungan kerja Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Harfendi di Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu

Dompu - Cakrawalaonline, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Harfendi S.I.P M.Sc, berkunjung Desa Dorokobo Kecamatan Kempo Kab.Dompu NTB, di terima ketua DPRD, H.Andi Bachtiar, M.Ap, kepala Desa Dorokobo Mansur , ketua kelompok tani Dahlan, Jum,at (9/2/2024.


Agenda Kunker perdana Pangdam yakni peninjauan lokasi ketahanan pangan tanaman padi dan jagung di Desa Dorokobo Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. 


Kunker Pangdam beserta ibu didampingi Danrem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han, Ny. Lisna Suniar (Ibu Danrem 162/WB), Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi (Pa Sahli Tk. II Kasad Bid. Komsos), Asrendam IX/Udy, Kol Arm Untoro Hariyanto, Aspers Kasdam IX/Udy, Kol Inf Haryanto

h. Kolonel Kav Eko Hermanto (Kasiren Kasrem 162/WB), Kasmin, Mayor Inf Diyan Mantofani, ADC Pangdam IX/Udy, Serda Dewa Made Agus Maha Swara, dan ADC Ibu Pangdam IX/Udy, Serda (K) Pande Putu Eka Yudhiantari

       Pangdam IX / Udayana didampngi Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Ryan Oktiya Virajati, ST., M.M, Kasdim 1614/Dompu, Kapten Inf I Wayan Sulendra, S.H., M.H, Para Danramil dan PA Staf Kodim 1614/Dompu, Ketua Persit KCK Cabang XXVIII Dim 1614/Dompu beserta Pengurus.

    Kegiatan kunjungan pangdam sempat bincang_ bincang terkait penanaman dengan ketua kelompok tani Dahlan.  Ketua kelompok tani Dahlan mengatakan  "Saat ini kami sedang melaksanakan MT (Masa Tanam) pertama dengan menanam padi, untuk MT (Masa Tanam) ke 2 akan ditanami jagung," ungkapnya.


Dahlan menyebutkan pemanfaatan lahan  bisa tiga kali setahun yakni  sekali menanam padi dan dua kali menanam jagung terangnya.


"Pada musim hujan kami menanam padi. Di musim kemarau kami menanam jagung. Untuk pengairannya kami memanfaatkan sumur bor," jelas Dahlan.


Selanjutnya Dahlan juga mengungkapkan kendala yang dihadapi, yakni kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi. Di sisi lain benih jagung dan padi serta obat-obatan juga semakin mahal.


Terkait dengan program ketahanan pangan ini, lanjut Dahlan pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dandim 1614/ Dompu, 


Menanggapi hal tersebut, Pangdam menyampaikan bahwa Kunker kali ini juga bersama 

Staf Ahli Kementerian Peetahanan Tingkat II Kasad Bidang Komsos Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi.


"Beliau dari PT. Cipmabe untuk melihat lokasi untuk ketahananan pangan tanam jagung yang ada di wilayah Dompu  Beliau ingin melakukan kerjasama dengan para petani Untuk menjelaskan semua terkait dengan bibit pupuk dan lain lain nanti kita sama sama mendengar penjelasan dari beliau," ungkap  Pangdam yang selanjutnya mempersilakan kepada Staf Ahli Kemenhan Tingkat II Kasad Bidang Komsos Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi untuk menjelaskan hal tersebut, Pangdam juga memikirkan keuntungan dan kerugian petani , yang intinya pangdam juga tidak mau merugikan petani tandasnya.


Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi mengemukakan terkait permasalahan pupuk dan bibit PT Cipmabe akan menyiapkan semuanya.


Mengenai tindak lanjut program tersebut, akan dibahas lebih lanjut dengan Dandim 1614/Dompu.


Kunker Pangdam IX/Udayana beserta rombongan di Kabupaten Dompu berlangsung dengan aman dan lancar,  ahirnya Pangdam beserta rombongan kembali ke Bima. (Zun).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar