res

Sumbawa di landa banjir ribuan rumah terendam air - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Jadi Kabupaten Grobogan ke 298

Breaking

12 Februari 2024

Sumbawa di landa banjir ribuan rumah terendam air



Sumbawa Barat NTB - Cakrawalaonline, Banjir bandang akibat luapan Daerah Aliran Sungai (DAS) Sumbawa di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (9/2/2024) yang lalu, menyebabkan empat rumah hanyut dan 1.489 rumah lainnya terendam dengan ketinggian maksimal 2 meter.


Banjir itu terjadi sekitar pukul 15.30 Wita setelah hujan deras mengguyur wilayah itu.


Ribuan rumah yang terendam tersebar di enam kelurahan, yakni Kelurahan Samapuin, Kelurahan Pekat, Kelurahan Brang Bara, Kelurahan Bugis, Kelurahan Brang Biji, dan Kelurahan Lempeh.


Syahdan (40), warga Kelurahan Bugis, Kecamatan Sumbawa, turut terbawa arus banjir bersama rumahnya. Beruntung, Syahdan bisa berenang dan bisa menyelamatkan diri.


“Benar, saya tadi mau ambil KTP makanya masuk rumah. Tapi banjir makin besar dan saya naik ke atap dan terbawa arus sampai Brang Biji bisa selamatkan diri,” kata Syahdan.


Widodo (48), warga Kelurahan Brang Biji, mengatakan, aliran sungai meluap hingga pemukiman Warga.


“Banjir tadi naik di rumah kami sampai selutut orang dewasa, semua barang tidak ada yang sempat diselamatkan kena air semua. Beras saya juga basah,” kata Widodo.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa, Muhammad Nurhidayat mengatakan, terdapat 1.489 rumah yang terendam banjir dan 6.278 jiwa terdampak.


“Benar, banjir bandang menggenangi 1.489 rumah dan 6.278 jiwa terdampak. Empat rumah hanyut terbawa banjir,” kata Nurhidayat saat ditemui, Jumat.


Ia mengimbau kepada warga yang berada di sekitar bantaran sungai agar waspada akibat curah hujan yang relatif  tinggi.(simber siar Post)(***).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar