res

Dandim 1614/Dompu menginisiasikan pasar melalaui Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Pasokan Dan Harga Pangan Kabupaten Dompu - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa yang bertanggung jawab di Dunia pendidikan terkait penandatangan ijazah

06 Maret 2024

Dandim 1614/Dompu menginisiasikan pasar melalaui Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Pasokan Dan Harga Pangan Kabupaten Dompu

 


Dompu - Cakrawalaonline, Pada hari Rabu tanggal 06 Maret 2024 pukul 09.15 Wita bertempat di Kodim 1614/ Dompu Jln. A. Yani Kel. Dorotangga Kec. Dompu Kab. Dompu Prov. NTB, telah berlangsung kegiatan Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Pasokan Dan Harga Pangan yang di selenggarakan oleh Kodim 1614/ Dompu bersama Dinas Ketahanan Pangan Nasional Kabupaten Dompu. Yang di pimpin oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani. Yang dihadiri sekitar -+ 1000 orang. 


Hadir dalam kegiatan sbb :


Bupati Dompu H. Kader Jaelani. 

b.Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M

Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain S.IK.

Wakapolres Dompu Kompol Jamaluddin S.Sos.

Kasdim 1614/Dompu Kapten Inf I Wayan Sulendra, S.H., M.H.

Perwira Staf Kodim 1614/Dompu

Para Danramil Kodim 1614/Dompu Karendal Polres Dompu AKP Rijal

Kepala Badan KesbangPol Kabupaten Dompu, Ardiansyah SE.

Kabag Ekonomi dan SDA Setda Dompu Soekarno ST.MT.

Kasubag Prokopim Agus Miswara S.STP

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Nasional Kabupaten Dompu Bapak Ilham SP, beserta anggota.

Anggota Makodim 1614/Dompu beserta Jajaran Koramil. 

 Anggota Polres Dompu. 

Ketua Persit KCK Cabang XXVIII Dim 1614/Dompu Ny. Astrini Dewi Anindita. 

Pengurus Persit KCK Cab XXVIII Dim 1614 Dompu Koorcab Rem 162 PD IX Udayana.



Adapun jenis barang di jual sbb :


Beras SPHP Rp. 104.000 / 10.kg

Telur ayam Rp. 57.000 / satu krak

Minyak Kita satu liter Rp. 15.000 

Minyak Bimoli lima liter Rp. 105.000 .

Gula pasir 5 kg/ 1 kg.= 17.000/kg

Adapun kegiatan 

Pukul 09.15 Wita kegiatan dimulai


Pukul 09.20 Wita Do'a bersama oleh Koptu Muslim. 


Puk 09.25 Wita laporan Kepala Dinas Pertahanan Pangan Nasional Kabupaten Dompu Bapak Ilham SP, yang intinya :


Kegiatan kita pada hari ini yaitu gerakan pangan murah yang tujuan dari kegiatan ini yang kami ingin targetkan yang pertama yaitu untuk membantu ibu-ibu dalam hal kebutuhan sembako yang anomali lonjakan harga yang sangat tinggi untuk beberapa komoditi.

 

Untuk menekan laju inflasi daerah yang ingin kami sampaikan pada kegiatan pangan murah sehingga untuk beras kami usulkan sekitar 30 ton namun hanya 6 ton yang bisa dipenuhi hari ini karena keterbatasan juga dari teman-teman Bulog untuk stok beras.


Untuk minyak goreng 50 liter yang kami bisa adakan hari ini hanya sekitar 1000 liter saja,  sedangkan untuk telur 500 kran, g.pasir 500 kg, varietas beras  6 ton, kami hanya Bisa membantu warga Dompu yang kaitan dengan kebutuhan sembakonya dan untuk kami estimasi hari ini diperkirakan hanya setengah jam saja untuk kegiatan kita ini langsung habis kami sampaikan untuk bapak Dandim 1614/Dompu Terima kasih atas kerja samanya sehingga kami bisa melaporkan untuk bantuan pangan bulan 2 kami rencanakan minggu ini untuk dropping seluruh delapan kecamatan dengan jumlah keluarga penerima manfaat yaitu sekitar 270 ton.


Selama bulan Ramadan nanti kami juga akan melaksanakan kegiatan yang sama yaitu gerakan pangan murah selama 3 kali untuk lokasinya masih kita susun dikantor mudah-mudahan bisa untuk beberapa Kecamatan yang kami adakan nanti.


 Pukul 09.35 Wita Sambutan Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M, memaparkan me jaga stabilitas kenaikan harga menjelang bulan suci Ramadhan , dan di gadang gadang untuk kebutuhan masyarakat menjelang bulan suci ramadhan .


Alhamdulillah pagi ini kita dapat berkumpul untuk memeriahkan kegiatan operasi pasar murah seperti yang kita ketahui bersama bapak Ibu sekalian bahwa kegiatan ini merupakan upaya dari pemerintah daerah bekerja sama dengan Kodim 1614/Dompu untuk menekan inflasi yang terjadi di wilayah Dompu yang mengakibatkan kenaikan harga pangan walaupun itu juga terjadi di tingkat nasional.


Saya berharap dan tentunya kita semua berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menekan lagi inflasi dan dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di wilayah Dompu yang akan memasuki bulan suci Ramadan di minggu ini Saya berpesan mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan tertib dan terkendali dalam melakukan transaksi.


 Marilah kita berdoa agar ketahanan pangan bahkan kewujudan kedaulatan pangan dapat terjadi di wilayah Dompu sehingga apa yang digadang-gadangkan untuk mewujudkan Dompu menjadi wilayah Mashur dapat tercapai karena itu semua tidak mungkin tercapai kalau kita sendiri tidak dapat memenuhi kebutuhan paling dasar yaitu kebutuhan pangan.


Pukul 09.45 Wita Sambutan Bapak Bupati Dompu H. Kader Jaelani, sekaligus membuka acara Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Pasokan Dan Harga Pangan Kabupaten Dompu, yang intinya :


 Untuk menghadiri acara atau gerakan pangan murah atau pasar murah yang diinisiasi oleh dinas ketahanan pangan bekerjasama dengan Kodim 1614/Dompu beserta Polres Dompu Alhamdulillah ini sungguh luar biasa dari tadi udah disampaikan laporannya oleh Pak kadis ketahanan pangan kemudian juga sudah disampaikan oleh bpk Dandim 1614/Dompu bahwa kegiatan ini adalah kegiatan secara nasional karena ini menggunakan dana APBN sehingga upaya pemerintah untuk menekan laju inflasi daerah menjelang menjelang puasa di bulan Ramadan dan idul Fitri.


Memang Kami selalu mengadakan acara seperti ini dan setelah ini akan ada acara-acara berikutnya itu baik dari dinas ketahanan pangan kemudian Dinas perdagangan juga akan mengadakan kegiatan pangan murah ini sehingga ada pada saat kita melaksanakan ibadah puasa nanti.


Saya bersyukur walaupun harus kepanasan ibu-ibu tetap sabar dalam mengantri, mudah-mudahan kegiatan ini dapat Membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa dibulan suci Ramadhan.


saya membuka acara gerakan pangan murah dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang hari besar agama atau menjelang ibadah puasa Ramadan dan Idul Fitri 1445 Hijriah.


Pukul 09.55 Wita Penyerahan beras secara simbolis.


Pukul 10.05 Wita Peninjauan Stant di Kodim 1614/Dompu.

Pukul 11.00 Wita Seluruh rangkaian Kegiatan selesai dengan aman dan tertib. 


Kegiatan Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Pasokan Dan Harga Pangan Kabupaten Dompu bertujuan untuk membantu masyarakat Kabupaten Dompu dengan berbagai mahalnya harga Sembako dapat mengurangi harga yang melonjak naik drastis, dan digadang gadang untuk kebutuhan masyarakat menjelang bulan puasa.


Diharapkan kepada pemerintah kabupaten Dompu melakukan kegiatan gerakan pangan murah dalam rangka menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di setiap Kecamatan Yang ada di wilayah kabupaten Dompu, untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, menjelang bulan suci Ramadhan.


Kegiatan Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Pasokan Dan Harga Pangan Kabupaten Dompu di Kodim 1614/Dompu berjalan dengan aman dan tertib. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar