res

Kodim 1614/Dompu hadir Sosialisasi tahapan Pilkada serentak cabup dan cawabup Dompu Tahun 2024 - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa yang bertanggung jawab di Dunia pendidikan terkait penandatangan ijazah

05 April 2024

Kodim 1614/Dompu hadir Sosialisasi tahapan Pilkada serentak cabup dan cawabup Dompu Tahun 2024

 


Dompu - Cakrawalaonline, Pada hari Kamis tanggal 04 April 2024 pukul 14.45 WITA bertempat di Cafe Laberka Kel. Bali satu Kec. Dompu Kab. Dompu berlangsung kegiatan *Sosialisasi Tahapan Pilkada serentak dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2024* yang diselenggarakan oleh KPUD Dompu dengan jumlah ± 40 Orang.


   Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain orang orang penting di antaranya :


 Bupati Dompu H. Kader Jaelani.

 Pasi Inteldim 1614/Dompu Kapten Inf. Adisan.

Ketua KPUD Dompu Arif Rahman SH.

 Ketua pengadilan negeri Dompu Bpk. I Ketut Darmawan SH.

Para Camat Se - Kab. Dompu.

 Para komisioner KPUD Dompu.

 Sektaris KPUD Dompu Bpk. Lahamudin SE.

 Kabag Ops Polres Dompu AKP Syamsul Rijal S,Sos.

Perwakilan Bawaslu Dompu 

Perwakilan Ketua Partai masing masing Se - Kab. Dompu.


Adapun Rangkaian kegiatan tersebut diawali  dengan Lagu kebangsaan Indonesia Raya !


Sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 oleh Ketua KPUD Dompu Arif Rahman SH, dalam penyampaian menyebutkan antara lain  :


- Perlu kami sampaikan bahwa pada tanggal 1 April 2024 telah dilaksanakan Lonceng secara nasional itu menandakan persiapan pelaksanaan pilkada serentak.


- Saat ini kami sedang melakukan evaluasi penetapan TPS karena memang ada perubahan mengingat kondisi dan kenapa kami harus melaksanakan sosialisasi tahapan Pemilu.


- Dan kami mendapatkan laporan dari bidang keuangan bahwa anggaran yang lontarkan ke kami sebesar 14 miliar dan kami berharap terhadap teman teman Media maupun LSM untuk bekerjasama dan bangun komunikasi yang baik agar mencapai hasil yang maksimal.


- Kami juga tetap menjaga integritas sebagai penyelenggara Pemilu hal itu kami meminta jangan pernah meragukan kinerja kami.


   Sambutan Bupati Dompu H. Abdul Kader Jaelani , dalam paparanya sbb  :


- Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting karena penyelenggara pesta Demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama yaitu salasatunya Pilpres dan Wakil Presiden dilanjutkan dengan pemilihan Gubernur wakil gubernur bupati dan wakil bupati.


- Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting dan ini bukan pekerjaan yang mudah dan ini pekerja besar yang sangat menentukan masa depan bangsa, negara dengan melibatkan jumlah pemilih yang sangat besar. 


- Pengalaman yang dimiliki dalam penyelenggaraan pemilu pemilu sebelumnya, Dompu memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk mempersiapkan pemilu 2024 jauh lebih baik dibanding pemilu pemilu sebelumnya. 


- Suksesnya penyelenggaraan pemilu 2024 tidak hanya menjadi tanggung Jawab dari penyelenggara pemilu saja, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), akan tetapi menjadi tanggungjawab bersama termasuk pemerintah dan juga masyarakat. 


- Salah satu bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Dompu, telah dibentuk tim Desk pemilihan umum legislatif, presiden dan wakil presiden serta pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2023-2024. 


- Urgensi pembentukan Desk Pemilu yaitu membantu kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, dan kewajiban penyelenggaraan pemilu. Bantuan dan fasilitas yang diberikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 


- Sebagai antisipasi terjadinya hal hal yang menghambat proses tahapan pemilu serentak tahun 2024 dan menjadikan pemilu serentak Tahun 2024 berdasarkan asas langsung umum bebas rahasia jujur dan adil serta menekan, mengurangi dan mencegah terjadinya pelanggaran. 


- Selaku kepala daerah saya mendorong secara aktif agar tahapan pemilu baik itu Pileg Pilpres yang telah berlangsung dapat mencerminkan bahwa kabupaten Dompu betul betul siap melaksanakan pemilu 2024.


   Pukul 15.10 WITA rangkain kegiatan pembukaan sosialisasi.


   Pada  Pukul 15.15 WITA dilakukan kegiatan awal  Sosialisasi Tahapan Pilkada serentak Tahun 2024 dimulai oleh Kadiv SDM dan Parmas KPU Kab. Dompu Bpk. Yusuf, SH yakni :


- Kedepan kami akan melaksanakan perekrutan PPK sampai dengan KPPS karena pertimbangan nya perlu dilakukan evaluasi kembali.


- Dalam pelaksanaan kampanye perlu menjaga kondusifitas wilayah dan harapan kami terhadap kepada Pemerintah Daerah agar tetap bersikap adil terutama netralitas ASN harus dijaga.


    Sosialisasi  tahapan pilkada di rangkaikan dengan  diskusi interaktif  :


    Camat Woja Edison SH, menuturkan dalam dalam penyampaian yang  intinya :


Dalam pesta Demokrasi ini kami mengharapkan terhadap KPU Dompu agar diperhatikan fasilitas penyelenggara tingkat Kecematan sedangkan untuk sikap kami tetap menjaga netralitas.


     Penyampaian Pasi Inteldim 1614/Dompu Kapten Inf. Adisan intinya:


- Kami menyampaikan beberapa hal yang pertama kita bisa ambil contoh dalam pelaksanaan Pilkades maupun Pemilu kemarin berjalan lancar dan kondusif dan kami meyakini bahwa pelaksanaan Pilkada kedepannya ketika kita sepakat pasti aman dan kondusif, dan di harapkan ketua parpol pendukung cabup dan cawabup bisa menetralisir keadaan.


- Untuk itu kami mengingatkan kepada para Partai Politik maupun calon Pilkada harus siap kalah apabila siap mengikuti kompetisi Demokrasi karena tidak semua menang.


   Kabag Kesbangpol Dompu Hardiansyah SH, menyebutkan  intinya:

- Kami bagian dari penyelenggara Pemilu dari sisi anggaran sudah clear yang berkaitan pergeseran logistik tentu kami koordinasikan dengan pihak keamanan sedangkan terkait ASN tetap dalam koridornya.


- Saya amati pada saat pemilu kemarin biasanya ada kekurangan tehnis yang dilakukan oleh penyelenggara tingkat bawah dalam hal ini KPPS sehingga potensi konflik ada dalam area tsb.


    Kabag Ops Polres Dompu AKP Syamsul Rijal, S'Sos menyampaikan dalam proses pilkada ;

- Kami mendukung penuh totalitas terkait keamanan Daerah Kabupaten Dompu dan kita mengambil pelajaran baik di Pilkades maupun Pemilu ada beberapa TPS yang kami datangi kurang menguasai tugasnya untuk itu harapan kami agar dilaksanakan Bimtek terhadap petugas TPS.


- Situasi aman bukan hanya dari pihak Kepolisian tentu butuh kerjasama dari semua elemen untuk bisa mengendalikan masa pendukung atau simpatisannya.


  Kadiskes Maman SKM, M. Kes, mengungkapkan 

Kami dari dinas kesehatan sudah menjadi regulasi pusat untuk mengecek kesehatan para Calon Pilkada diantaranya pengecekan Asam urat dan Gula darah secara gratis pungkasnya.


Penyampaian Sekdishub Suherman Spt yakni :

Harapan kita tetap mengawasi perkembangan situasi yang ada jangan sampai terjadi seperti di Kantor Kecematan Manggelewa.


Penyampaian perwakilan Dukcapil yakni :

Kami akan melakukan pemuhtihran kembali data mengingat ada yang meninggal dengan catatan harus ada surat dari desa masing masing dan perlu diketahui juga yang bisa memberikan hak pilih batas usia paling rendah 17 tahun.

Pukul 17.31 WITA dilakukan pendatanganan dan penyerahan berita acara dari KPUD Dompu kepada masing masing perwakilan Partai politik diawali dengan Partai PKB.


Catatan penting dalam proses tahapan sosialisasi pilkada :

    Diharapkan pada pihak penyelenggara pilkada, saat pelaksanaan pilkada Kedepan agar menjelaskan kembali apa yang menjadi tugas utama rekan rekan PPK maupun KPPS, supaya pada saat pelaksanaan pilkada rekan rekan dari PPK maupun KPPS menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan Tupoksinya masing masing, dan harus pilih orang orang yang kompetensi.


    Diharapkan kepada para Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Periode 2024-2029, agar mengingatkan para Timses maupun pendukung dalam pelaksanaan kampanye perlu menjaga kondusifitas, agar pelaksanaan Pilkada berjalan aman tertib.( Zun/Jul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar