res

Ketua DPRD H.Andi Bachtiar A.Md Par, menerima LPJ Wabub Dompu melalaui Lambimapasedebakti SH, anggota DPRD Fraksi Gerindra - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

03 Mei 2024

Ketua DPRD H.Andi Bachtiar A.Md Par, menerima LPJ Wabub Dompu melalaui Lambimapasedebakti SH, anggota DPRD Fraksi Gerindra



Dompu-Cakrawalaonline, Sidang rapat paripurna DPRD Kabupaten Dompu dengan agenda “Penyampaian hasil pembahasan pansus dan catatan strategi DPRD terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban  (LKPJ) Bupati Dompu pelaksana APBD Tahun Anggaran (TA) 2023”, dihadapan sidang dewan

Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dan kontribusi Lembaga DPRD Kabupaten Dompu dalam mensukseskan Pembangunan daerah Kabupaten Dompu.


Apresiasi yang sama juga saya sampaikan kepada Forkopimda, dunia usaha, insa pers dan komponen masyarakat sipil atas partisipasi, dukungan dan kontribusinya selama ini.


Pada kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih atas berbagai catatan strategis dan rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Dompu Tahun 2023 yang merupakan saran dan koreksi atas penyelenggaraan Pemerintah sesuai kewenangan daerah Kabupaten oleh Bupati Dompu selama Tahun 2023.


Catatan strategi rekomendasi ini akan menjadi acuan dalam peningkatan pelayanan publik dan perbaikan tata kelola penyelenggaraan Pemerintah daerah Kabupaten Dompu tahun berikutnya.


Setidaknya saya mencatat terdapat 3 (tiga) aspek yang menjadi fokus bahasa dalam catatan strategis dan rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Dompu Tahun 2023 yaitu aspek hukum dan Pemerintahan, aspek ekonomi dan keuangan dan kesejahteraan umum, secara umum catatan dan rekomendasi tersebut berisi analisis struktural dan fungsional terkait masalah dan kendala termasuk keberhasilan penyelenggaraan Pemerintah oleh Bupati Dompu sepanjang tahun 2023.


Penguatan reformasi birokrasi dan peningkatan pelayanan publik paling mendapat banyak perhatian.


Secara struktur dan fungsional keduanya memiliki hubungan saling mempengaruhi, penguatan dan perbaikan kinerja kelembagaan akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik.


Sehingga diskursus efektif dan efisien penyelenggaraan Pemerintahan tidak sepenuhnya masalah gemuk atau kurusnya struktur birokrasi atau perangkat daerah, akan tetapi dipengaruhi oleh upaya perbaikan kinerja penyelenggaraan Pemerintah dalam hal ini memiliki korelasi berkorelasi dinamakan perubahan fungsional Kelembagaan birokrasi. Oleh karena itu perlu dijaga adalah konsistensi dalam upaya dan strategi perbaikan kinerja, pencapaian target dan penyusunan program dan kegiatan sehingga dampak manfaat pembangunan lebih dirasakan oleh masyarakat serta mengurangi deviasi pencapaian visi dan misi VISI MISI Pemerintah daerah.


Saya sebagai Wakil Bupati BUPATI merasa bangga atas penghargaan yang tinggi dari DPRD Kabupaten Dompu karena dalam catatan dan rekomendasinya tidak hanya berisikan dan koreksi atas penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Dompu di Tahun 2023, tetapi memuat pengakuan dan penghargaan atas prestasi Bupati khususnya dalam tata keuangan dan perbaikan penyediaan pelayanan di bidang kesehatan di dua (2) Rumah Sakit telah mendapatkan akreditasi paripurna untuk RSUD Dompu dan akreditasi utama untuk RS Manggelewa.


Adanya pengakuan dan penghargaan ini membuktikan bahwa dalam penyelenggaraan fungsi antara DPRD dengan Pemerintah daerah terjadi relasi berimbang dan Egaliter dengan tetap dalam mekanisme cek and balance.


Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, ada informasi akan saya sampaikan untuk diketahui bersama Pemerintah Kabupaten Dompu di bulan depan tempatnya 24 sampai 29 Juni 2024 dilapangan Kelurahan Karijawa akan menyelenggarakan Dompu expo Tahun 2024, dimana pada event ini digelar festival Kopi, Kuliner, Muna Pa'a, Timbu, berbagai produk olahan dari komoditi, dan seminar tentang produk JARAPASAKA. Tuturnya Wabup Dompu


Rencananya event Dompu expo ini akan dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi kreatif  (MENPAREKRAF), Menteri Koperasi dan UMKM serta penjabat penting dari pusat lainnya, saya harapkan dukungan semua pihak bisa ambil bagian pada event ini dan OPD-OPD nantinya bisa memamerkan produk unggulan pada stan-stan yang disiapkan. Harapnya H. Syahrul Parsan. ( Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar