res

Sosialisasi dan Penyuluhan Kamtibmas merujuk pada pencegahan, pemberantasan, dan penyalahgunaan narkoba, di SMKN 1 woja - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Balap Liar Ugal-ugalan Di Area Bendung Kletak Diangkut Petugas

15 Mei 2024

Sosialisasi dan Penyuluhan Kamtibmas merujuk pada pencegahan, pemberantasan, dan penyalahgunaan narkoba, di SMKN 1 woja

 


Dompu-cakrawalaonline, Kegiatan TMMD ke 120, tindak lanjut kegiatan non visik dalam rangka program penyuluhan, pencegahan, pemberantadan, dan penyalahgunaan narkoba di SMKN 1 woja, marak dan sorak di apresiasikan oleh kepala SMKN 1 Woja Bapak Yarid S,T, Pada hari Selasa tanggal 15 Mei 2024 Pukul 08.10 WITA, bertempat di SMK N 1 Woja Desa Bara, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu NTB.

    Kegiatan Penyuluhan Kamtibmas dan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di SMK N 1 Woja dalam rangka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -120 TA.2024 diwilayah Kodim 1614/Dompu- yang dipimpin oleh Wakil bupati Dompu H. Syahrul Parsan, S.T, M.T. yang diikuti oleh para guru dan siswa sekitar 250 orang.


Hadir Dalam kegiatan Sebagai Berikut :


Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT

Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf I Wayan Sulendra S.H. M.H. 

Pasi Ter Kodim 1614/Dompu Lettu Inf Hamzah.

Kaur Ops Narkoba Ipda Mohammad Erwin Rosadi S.sos.

Kanit bintibsos sabinmas Aiptu Ismi.

 Kepala sekolah SMK N 1 Woja Abdul Yarid S.T.

Babinsa Bara Serka M. tayeb.Seluruh Guru dan siswa SMK No 1 woja, dimulai dari Pembukaan Acara pembacaan Do'a.

 Pukul 08.20 WITA Sambutan  Kasdim 1614/Dompu Mayor Inf I wayan sulendra S.H. M.H 

Saya hanya sampaikan kepada anak-anak sekalian karna kalianlah yang akan menjadi masa depan negara ini khususnya diwilayah kabupaten Dompu sehingga mulai dari sekarang kalian akan dibekali bagaimana kaitannya dengan Kamtibmas.

 Terkait dengan kamtibmas karena kalian ini adalah orang yang terdidik disekolah ini jadi kalian harus mampu untuk memberikan kepada masyarakat yang belum memahami jadi jangan gampang terpengaruh apabila ada kasus sedikit-sedikit langsung menutup jalan atau blokir jalan.


Kegiatan penyuluhan di awali  Sambutan Kepala sekolah SMK N 1 Woja Abdul Yarid S.T, dalam konteksnya dalam kata kata sambutan mengucapkan Selamat datang kepada bapak Ibu semua beserta ucapan terima kasih karena sudah mempercayakan perhelatan acara ini di SMK Negeri 1 woja sebenarnya semuanya siswa berjumlah hampir 400 orang karena di tempat ini juga kami baru saja melaksanakan upacara pelepasan untuk siswa kelas 12 yang sudah tamat berjumlah 136 orang dan Alhamdulillah semuanya dinyatakan lulus sehingga yang berada di depan bapak Ibu ini adalah siswa kami yang berada di kelas 10 dan kelas 11.


Pada pagi hari ini dengan adanya kegiatan penyuluhan tentang narkoba kami begitu sangat antusias tentang penyuluhan ini dan mudah-mudahan anak-anak sekalian seperti semboyan kita katakan tidak pada narkoba,tadi bapak sudah memberikan arahan kepada kita sehingga jangan coba-coba mendekati narkoba.


Masa depan bangsa ini tergantung terletak pada pundak kalian jadi bapak titip pesan tolong dengarkan baik-baik nanti apa yang disampaikan oleh para pemateri karena Pada kesempatan ini penyuluhan tentang narkoba sangat berharga dan anak-anak harap tenang demikian juga dengan bapak Ibu saya mohon dan saya harapkan mari sama-sama kita ikuti acara ini dengan seksama sampai selesai mungkin demikian sekedar himbauan dan catatan yang kami sampaikan kepada kesempatan ini sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas kepercayaannya pada SMK Negeri 1 woja ini.

     Sambutan wakil bupati dompu H. Syahrul Parsan, S.T., MT

 Hampir di seluruh pelosok diwilayah kabupaten Dompu ini untuk peredaran narkoba sangat luas sehingga ini menjadi perhatian kami semua di semua instansi baik itu dari pemda,kodim dan polres karena hampir semua anak-anak maupun dewasa masyarakat yang berada di kabupaten Dompu ini melakukan memakai narkoba.


Narkoba ini dapat merusak fisik maupun mental generasi muda sehingga Otomatis apa yg dicita-citakan oleh orang tuanya akan pupus karna mentalnya sudah dirusak pikirannya jadi kita jangan pernah mencoba narkoba.

 Jadi anak anak semua harus mendengarkan apa yang disampaikan oleh pemateri apabila ada yang menggunakan narkoba segera dilaporkan kita tidak menangkap untuk dimasukan di sel tetapi kami akan melakukan rehabilitasi terhadap yang menggunakan narkoba.


 Pemberian piagam penghargaan kepada polres dompu.


Dalam kesempatan tersebut penyampaian materi yang paparkan oleh

Kanit bintibsos sabinmas Aiptu Ismi, yang menjelaskan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan sinergitas antara anak-anak bersama TNI/Polri dalam menjaga Kamtibmas diwilayah kabupaten Dompu

jadi Penyuluhan ini diharapkan bisa memberi pengetahuan serta manfaat bagi anak-anak maupun masyarakat supaya dapat meningkatkan sinergitas bersama polisi dan TNI dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

   Kegiatan ini terlaksana dengan baik dikarenakan usaha yang dilakukan oleh polres dan kodim  dan Pemerintah Desa dalam memfasilitasi kegiatan serta Kegiatan ini terlaksanana dengan antusias pada peserta cukup baik.


Ipda mohammad erwin rosadi S.sos, mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara tentang kegiatan sosialisasi penyebaran gelap narkoba di SMK Negeri 1 Woja, bahaya narkoba itu sangat tidak bagus untuk kesehatan kita dan mungkin guru kita bisa melakukan pencegahan terhadap penyebaran dan Peredaran narkoba yang beredar di Kabupaten Dompu.


   Narkoba jenis ekstasi, Pramadol, komik juga bisa menyebabkan ketergantungan, jangan sampai mencicipi jenis tersebut karena sangat berbahaya. Indonesia sudah menjadi daerah sasaran narkoba dari tahun 2000 ke bawah tentu menjadi daerah transit menjadi daerah tujuan pasaran karena suatu masyarakatnya juga banyak dan negara kepulauan untuk masuknya narkoba sangat luas.


   Jenis narkoba yang ada di Indonesia yang sudah diundang-undangkan sebanyak 81 jenis narkoba, ada fenomena baru bahwa di Indonesia ada narkoba jenis baru yaitu daun Kratom tapi tidak ada di daerah Dompu karena itu merupakan tanaman endemik di pulau Kalimantan. Daun kratom biasanya dipakai oleh kaum suku Dayak untuk menghilangkan rasa nyeri jadi efeknya itu sama dengan sabu-sabu, menghilangkan rasa nyeri dan rangsangan dan menurunkan kesadaran.


  Untuk mencegah dari peredaran narkoba yang pertama tingkatkan rasa kepedulian yang perlu di kedepankan baik dari keluarga maupun guru untuk pencegahan penggunaan narkoba oleh anak-anak kita, yang kedua iman dan taqwa yang perlu diperhatikan, yang ketiga adalah menjaga pergaulan dengan bisa memilih teman dan yang keempat membantu kawan yang telah menjadi pecandu narkoba untuk pencegahannya.


Dengan Adanya kegiatan penyuluhan dan sosialisasi kodim 1614/Dompu ini agar dapat menumbuhkan rasa kesadaran terhadap para pelajar di SMK negeri 1 Woja agar terhindar dari bagaimana bahayanya penggunaan penyalahgunaan narkoba dan memotivasi kepada anak muda yang berada di SMK negeri 1 Woja untuk mendukung kodim 1614/Dompu dalam kegiatan TMMD yang sedang dikerjakan tersebut.

 Untuk memotivasi para pelajar untuk terhindar dari bahayanya narkoba yang dapat merusak generasi muda diwilayah kabupaten Dompu.(**)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar