res

Tokoh pendidikan H.Usman Abu Bakar mendorong dunia pendidikan terhadap Pemerintah, Kepala sekolah dan guru. - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

"Nengah dana "orang tua Ipda Kadek Suardana, telah tiada_

03 Mei 2024

Tokoh pendidikan H.Usman Abu Bakar mendorong dunia pendidikan terhadap Pemerintah, Kepala sekolah dan guru.

 




Dompu - Cakrawalamerdekaonline, Memperingati hari pendidikan , bukan saja sekedar selogan, namun tidak jauh dari sejarah pengalaman pengalaman yang telah lalui bersama kita ,!!!.

   Oleh karena demikian , pada setiap tgl 2 Mei, tetap kita lakukan upacara dalam rangka HUT pendidikan setiap tahunya, dalam konteks kegiatan peringatan hari  pendidikan Nasional kali ini , di benak hati    seorang jurnalis,  bertepatan 2 Mei - 2024, telah bersilaturahmi dengan tokoh pendidikan Dasar H.Usman Abu Bakar mantan pengawas Senior yang masih berada di tengah tengah kita di Kecamatan Manggelewa, inilah kutipan hasil wawancara seorang jurnalis di rumah kediaman , bersama H.Usman :

Jurnalis : Hari ini , 2 Mei 2024, merupakan hari bersejarah , apa yang berkesan ?

H.Abubakar : Hardiknas, 2 Mei hari bersejarah, Ya, saya galau , di waktu senggang dan galau H.Usman menuturkan  patut kita syukuri nikmat hasil perjuangan Ki jajar Dewantara, yang banyak berbicara pendidikan.

Jurnalis : Bagaimana dunia pendidikan sekarang, kebijakan pendidikan ? Dan sejauh mana pandangan bapak terhadap dunia pendidikan.

H.Abubakar : Dunia pendidikan masih jauh kita harapkan tingkat disiplin guru dan murid , saya tidak  terlalu  jauh campur tangan urusan pendidikan karena sudah purna tugas , namun disisi lain  saya melihat lalu lalang tenaga pendidik dan peserta didik, karena pemangku kebijakan belum memberikan bimbingan yang sepenuhnya, oleh pemerintah dan pengawas.

Jurnalis : Tingkat kedisiplinan seperti apa yang di maksud ? 

H.Usman : menurut saya belum memahami dunia pendidikan yang sebenarnya, dilihat dari pemanfaatan waktu keluar masuk , terlalu banyak waktu  lowong !

Jurnalis : Dilihat keseharian , anak anak, apa  saran - saran menuju  masa depan pendidikan ?

H.Usman ; Dalam membangun dunia pendidikan, perlu ada perhatian khusus dan keseriusan pemerintah, pengawas, kepala sekolah , dan guru mawas diri

Jurnalis : Merujuk pada tugas pengawas ?

H. Usman : Tupoksi pengawas, pengawas dapat memiliki kompetensi, pengetahuan dan keterampilan , adanya jadwal kunjungan betul betul adanya pengawasan yang ketat mendorong kepala sekolah dan guru memajukan dunia pendidikan, jangan datang di sekolah saja , harus memberikan bimbingan dan saling tukar pikiran, jangan menekan kepala sekolah saling belajar dan mengisi kekurangan.

Jurnalis : Terkait dengan pengangkatan kepala sekolah kebanyakan perempuan ! ?

H.Usman : Kepala sekolah laki perempuan sama memegang amanat , namaun perempuan banyak memiliki keibuan, kepedulian yang tinggi, mawas diri dan merasa malu terhadap tugas yang di emban katanya.

   Demikian hasil wawancara jurnalis cakrwala , tentang dunia pendidikan bersama tokoh pendidikan H.Usman Abu bakar, dilain kesempatan kami bersama tokoh pendidikan yang lainya, agar bisa memberikan dorongan memajukan dunia pendidikan kedepan !(*Z*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar