res

Dandim 1614/Dompu Turut Dalam Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M Tingkat Kabupaten Dompu*_ - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kodim 1614/Dompu adakan kampanye penerimaan prajurit TNI AD -2024.

17 Juni 2024

Dandim 1614/Dompu Turut Dalam Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 H/2024 M Tingkat Kabupaten Dompu*_




NTB-Dompu- Cakrawalaonline, Allahuakbar... Allahuakbar... Allahuakbar... Suara Takbir terdengar menggema di seluruh Alam jagat raya, termasuk di Kabupaten Dompu. Puncak acara pelaksanaan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H Tahun 2024 M, tingkat Kabupaten Dompu terpusat kan di Lapangan Beringin Pendopo Senin (17/06/2024) Pukul 07.15 Wita.


Tampak hadir seperti.

Bupati Dompu H Abdul Kader Jaelani. Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parshan. Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra. Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M. Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK. Ketua DPRD Dompu H Andi Bahtiar. Kepala Kemenag Dompu Drs H Ilyas H Kasim M.Si. Ketua MUI Dompu Drs H Muhammad Nasuhi M.S.I dan sejumlah Pejabat lain.


Sambutan Bupati Dompu.

Idul Adha bermakna suatu keteladanan dari Nabi Ibrahim Alaihissalam, merupakan pesan simbolis agama yang menunjukkan ketaqwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang hamba yaitu Nabi Ibrahim Alaihissalam kepada Titah Sang Pencipta Allah SWT. Esensi dari Idul Adha merupakan momentum untuk memperbaiki hubungan, baik sesama manusia dan hubungan dengan Allah SWT. Inilah hari besar kemanusiaan dan keimanan yang ditandai dengan syi'ar penyembelihan hewan kurban untuk mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam.


Sesuai tema Idul Adha tahun ini yakni *(Dengan Idul Adha 1445 H/2024 M, Kita Tingkatkan Ketaqwaan dan Kepedulian Kepada Sesama)*. Tema ini bermakna Hari Raya Qurban memiliki dua makna penting sekaligus. 

Pertama, makna Ketaqwaan Manusia atas perintah Sang Khalik. 

Kedua, makna Sosial, di mana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki, akan tetapi tidak menunaikan perintah kurban. Sebagaimana sabda Rasulullah SWT, "Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) lalu tidak melakukan kurban, maka janganlah mendekati tempat Shalatku". Dalam konteks itu, Nabi bermaksud mendidik umatnya agar memiliki kepekaan dan solidaritas tinggi terhadap sesama. Kurban adalah media ritual, selain zakat, infak, dan sedekah.


Disamping itu, marilah kita sama-sama berdoa untuk saudara-saudara kita yang sedang berada di tanah Suci dalam menunaikan Ibadah Haji. Semoga senantiasa diberikan kesehatan, keselamatan, perlindungan, dan kemampuan untuk menunaikan seluruh rangkaian Ibadah Haji dan Umrah serta kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang Mabrur dan Mabrurah. 


Demikianlah Sambutan yang dapat kami sampaikan.

Saya Pribadi, Keluarga dan atas nama Pemerintah Kabupaten Dompu beserta segenap jajaran mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M". Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan kemudahan kepada kita semua dalam membangun Kabupaten Dompu menjadi daerah yang Baldatun Toyyibatun Warrabun ghafur, yang selalu di Berkahi dan di Rahmati oleh Allah SWT.


Pelaksanaan Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 H/2024 M dimulai yang dipimpin oleh Imam, Ustadz Wais Al Qorni, Spdi dan Khutbah oleh Khatib H L Syarifuddin SP. Serta di akhiri dengan Doa.


Pelaksanaan Sholat Idul Adha yang di lakukan setiap tahun untuk melirik kembali sejarah pengorbanan, hakikat pengorbanan yang di lakukan oleh Nabi Ibrahim AS atas perintah Allah untuk melakukan penyembelihan terhadap anak kandung nya sendiri yakni Nabi Ismail AS.Dengan pengorbanan dua kata yang dapat di petik , yakni taqwa , dan jujur Nabi Ismail A.s, atas perintah Allah melalui orang tuanya N.Ibrahim A,s.maka dalam catatan sejarah itulah , patut kita contohi dan keteladanan nabi A.s.dalam kehidupan kita sehari-hari hari ,!(Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar