res

Kasdim 1614/Dompu Bacakan Amanat Danrem 162/WB Pada Upacara Awal Bulan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar PT Cakrawala Merdeka Mediatama Group Mengucapkan Selamat Hari Bank Indonesia 5 Juli 2024

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kodim 1614/Dompu adakan kampanye penerimaan prajurit TNI AD -2024.

01 Juli 2024

Kasdim 1614/Dompu Bacakan Amanat Danrem 162/WB Pada Upacara Awal Bulan



NTB-Dompu-Cakrawalaonline, Makodim 1614/Dompu menyelenggarakan kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih awal bulan, Senin (01/07/2024) Pukul 07.00 Wita.


Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasdim 1614/Dompu, Mayor Inf Wayan Sulendra SH., MH. Pada upacara tersebut, Kasdim membacakan Amanat Komandan Korem 162/Wira Bhakti, Brigjen TNI Agus Bhakti, S.IP., M.IP, M.Han.


Inilah selengkapnya:


Sebagai insan yang beriman dan bertakwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga hari ini kita bisa mengikuti Upacara Bendera Minggu Pertama Bulan Juli tahun 2024 dalam keadaan sehat wal'afiat. 


Pada bulan kemarin, kita diingatkan oleh peristiwa bersejarah, yaitu hari lahirnya Pancasila. Bagi Bangsa Indonesia, Pancasila merupakan dasar negara. Dari makna dan hakekat nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, maka pancasila wajib dilestarikan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi Prajurit dan PNS TNI-AD, wujud aplikasi tersebut diantaranya adalah membangun komitmen dan tekad kepada dirinya sendiri melaksanakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sesuai dengan jati dirinya sebagai tentara yang profesional. 


Para peserta upacara yang saya hormati: 


Saat ini, kita telah berada pada program kerja dan anggaran Triwulan III TA 2024 bulan pertama. Pada kesempatan ini selaku Komandan Korem saya akan sampaikan beberapa hal sebagai berikut. 


Bidang Intelijen. 

Untuk mencegah penyalahgunaan senjata api dan munisi serta bahan peledak oleh anggota TNI, maka kepada seluruh satuan jajaran Korem 162/Wira Bhakti agar meningkatkan tertib administrasi terkait pengamanan gudang senjata dan munisi serta melaksanakan protap sesuai juknis yang berlaku di lingkungan TNI AD. 


Bidang Operasi. 

Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pilkada secara serentak baik Pilgub, Pilbup dan Walikota agar masingmasing satuan jajaran Korem 162/Wira Bhakti menyiapkan satuannya dalam rangka pengamanan Pilkada. Antisipasi setiap perkembangan situasi di wilayah dalam penanggulangan bencana serta laksanakan koordinasi dengan instansi terkait guna pelaksanaan tugas. 


Bidang Personel. 

Agar masing-masing satuan mendata kembali anggota/personel di satuannya yang mengambil TWP dan melaporkan apabila ada kendala yang dialami. 


Bidang Logistik. 

Laksanakan perawatan dan pemeliharaan pangkalan, rumah dinas dan kendaraan dinas yang ada di satuan masing-masing, laksanakan penghematan penggunaan listrik dan air agar tidak melebihi pagu yang telah ditetapkan. 


Bidang Teritorial. 

Agar mendukung kegiatan peningkatan produksi padi nasional melalui peningkatan indeks pertanaman padi pada sawah tadah hujan melalui pompanisasi atau irigasi perpompaan yang tersebar di wilayah jajaran Korem 162/Wira Bhakti. 


Bidang Renprogar. 

Laksanakan layanan pembayaran penghasilan (gaji dan tunkin) personel TNI AD sesuaikan dengan surat edaran KASAD. 

Selaku Komandan Korem 162/Wira Bhakti, saya juga ingin menyampaikan beberapa penekanan penting dari Komando Atas kepada seluruh personel jajaran Korem 162/Wira Bhakti: 


Pertama, jangan ada yang terlibat dalam kegiatan Judi Online. Sudah banyak personel dari satuan lain yang terlibat dalam kegiatan tersebut, dan berakhir sangat buruk terhadap diri sendiri, keluarga, maupun nama baik satuan TNI yang sudah besar ini. Ingat, ada hukum pidana yang menanti. 


Kedua, bijaksana dalam penggunaan media sosial dan jangan pernah disalahgunakan. Laksanakan pengawasan terhadap penggunaan medsos secara mandiri terutama terhadap keluarga kita sendiri. Ada hal yang boleh dan yang tidak boleh kita laksanakan dalam penggunaan medsos sesuai dengan aturan yang 

berlaku di lingkungan TNI, dan sudah banyak terjadi pelanggaran serta ada korbannya. 


Ketiga, jaga kesehatan, keamanan, dan keselamatan diri serta keluarga. Di wilayah jajaran Kodam IX/Udayana sendiri sudah ada keluarga kita yang telah pergi mendahului kita pada bulan lalu sebanyak 13 orang, dikarenakan oleh beberapa faktor, sakit maupun laka lalin. Apabila sudah ada kelainan pada kesehatan diri kita maupun keluarga, segera laksanakan pengecekan awal ke dokter yang ada di rumah sakit. Untuk yang menggunakan kendaraan, pastikan kendaraan kita layak untuk digunakan serta selalu hati-hati dan perhatikan faktor keamanan maupun keselamatan. 


Para peserta upacara yang saya hormati: 


Sebelum mengakhiri amanat ini, saya tekankan kembali kepada seluruh Prajurit dan PNS jajaran Korem 162/Wira Bhakti agar selalu menjaga kekompakan, menghindari pelanggaran sekecil apa pun, serta jaga 

soliditas TNI-Polri. Bangun sinergitas yang baik dengan pemerintah daerah dan seluruh elemen lapisan masyarakat agar NTB selalu aman dan kondusif. 


Demikian amanat ini, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-Nya kepada kita sekalian, dalam melanjutkan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara tercinta.

(Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar