res

Facebook Rilis Aplikasi Facebook Gaming Khusus Android - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Breaking

26 April 2020

Facebook Rilis Aplikasi Facebook Gaming Khusus Android

Masa pandemi seperti sekarang ini membuat bermain game termasuk konten live streaming dari influencer gamer atau pro player jadi tontonan paling diminati. Hal ini membuat Facebook tidak mau kalah dari YouTube dan Twitch. Setelah sebelumnya hanya hadir di dalam aplikasi media sosial Facebook sendiri, kini fitur Facebook Gaming dilaporkan dirilis dalam aplikasi mandiri alias terpisah. Jadi tidak lagi harus diakses melalui media sosial mereka.

Dikutip dari The Verge, aplikasi Facebook Gaming akan sepenuhnya mengkurasi konten terkait game dan fokus ke komunitas streamer game. Namun, jenis konten game yang disajikan tidak sepenuhnya game kelas AAA (dibaca triple A), tapi termasuk game-game kasual yang dimainkan oleh pengguna Facebook. Aplikasi ini sudah tersedia di Android dan pihak Facebook menyebutkan bahwa masih dalam tahap menunggu dari Apple untuk iOS. Belum diketahui peluncuran aplikasi ini global atau di negara tertentu.


Facebook sendiri diketahui baru akan merilis aplikasi ini di bulan Juni namun melihat industri game di tengah pandemi Covid-19 atau virus Korona maka rencana tersebut dipercepat. YouTube terutama Twitch disebut sudah ramai lebih dulu sejak awal masa pandemi. Facebook Gaming sebetulnya bukan layanan baru. Kontennya sendiri sudah sering lewat di feed media sosial Facebook berisi berbagai gamer yang melakukan live stream. Namun, selama ini kalah dari YouTube dan Twitch karena mereka bisa menggandeng gamer influencer atau pro player ternama.

Twitch yang merupakan milik Amazon dan YouTube dari Google juga punya kompetitor lain yaitu Mixer buatan Microsoft. Ketiganya semakin sering berebut game streamer atau influencer dengan cara memberikan kontrak bernilai jutaan untuk streaming eksklusif di masing-masing layanan. Facebook Gaming memiliki PR yang lumayan panjang. Pasalnya layanan video mereka sudah memiliki bentuk mengotak layaknya instagram. Format ini terasa kurang nyaman untuk digunakan, terutama bagi orang-orang yang terbiasa menonton live streaming di YouTube atau Twitch. Selain itu Facebook Gaming memiliki banyak konten yang meleset dari pakem semestinya, mengingat pada awalnya layanan ini tidak dikurasi dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar