res

Menuju Grobogan Lebih Hebat SRI – Bambang Libas Kotak Kosong Dengan 597.463 Suara - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Breaking

17 Desember 2020

Menuju Grobogan Lebih Hebat SRI – Bambang Libas Kotak Kosong Dengan 597.463 Suara



Grobogan-Cakrawalaonline, KPU Grobogan gelar pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Grobogan tahun 2020, di Firdausia Ballroom Grandmaster Hotel Purwodadi, dengan menerapkan Prokes, Rabu (16/12).


Nampak hadir 4 Komisioner KPU Grobogan, yakni Agung Sutopo, Ngatiman, M. Machrus dan Suwiknyo. Selain itu, saksi pasangan calon Yoyok Prihantoro serta Ketua Bawaslu Grobogan, Fitria Nita Witanti beserta anggota Bawaslu, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan, perwakilan PPK dari masing-masing kecamatan, serta koordinator JPPR, Triagus Utomo.


Meski ada pembatasan jumlah peserta yang masuk ke dalam ruangan, kegiatan tersebut tetap berjalan lancar karena tidak ada euforia dari tim pendukung pasangan calon tunggal Sri Sumarni – Bambang Pujiyanto.


Acara di mulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Selama pelaksanaan rapat pleno, ketua PPK dari 19 kecamatan di Kab. Grobogan memaparkan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan yang kemudian disinkronkan dengan hasil rekapitulasi KPU Grobogan.Dan hasilkan dua bagian keputusan, yakni data penggunaan suara dan rincian perolehan suara pasangan calon. Pada data penggunaan suara, jumlah surat suara yang diterima yakni 1.143.981. Jumlah tersebut termasuk surat suara cadangan.


“Dari total tersebut, jumlah surat suara yang dikembalikan pemilih karena rusak atau keliru dicoblos yakni 442 buah. Sementara jumlah surat suara yang tidak digunakan atau tidak terpakai, termasuk sisa surat suara cadangan yakni 434.925 surat suara. Jumlah surat suara yang dipergunakan 708.614 surat suara,” jelas Agung Sutopo selaku Ketua KPU Grobogan.


Masih menurutnya, untuk rincian data perolehan suara pasangan calon terinci 93.776 pemilih yang mencoblos kotak kosong. Sementara, pasangan calon Sri-Bambang memperoleh 597.463 suara.


“Jumlah suara sah total terinci ada 691.236 suara, yang tidak sah 17.375 suara. Total jumlah suara yang sah dan tidak sah yaitu 708.614 suara,” lanjut Agung.


Agung juga mengatakan hasil pleno tersebut selain ditandatanganinya juga di tanda tangani komisioner lainnya yakni Ngatiman, M. Machrus dan Suwiknyo serta saksi pasangan calon, Yoyok Prihantoro.


Salinan BA pleno tersebut kami serahkan kepada koordinator jaringan pendidikan pemilih untuk rakyat (JPPR) Grobogan, Triagus Utomo disaksikan 3 komisioner KPU Grobogan, anggota Bawaslu Grobogan, Kapolres Grobogan AKBP Jury Leonard Siahaan dan saksi pasangan calon.


“Alhamdulilah, pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Grobogan tahun 2020 berjalan lancar. Tahapan selanjutnya, KPU akan mengirimkan hasil pleno rekapitulasi hari ini ke Mahkahmah Konstitusi.


Selanjutnya, KPU akan menunggu ada gugatan atau tidak. Jika tidak ada gugatan, MK akan menerbitkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi. Nanti kalau turun, ternyata MK mencatat tidak adanya gugatan, akan menjadi rujukan bahwa hasil rapat pleno ini menentukan pasangan calon tersebut,” tutup Agung. Ng-Awg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar