res

Pendakian dan Turunan Curam, Nanga -Tumpu Longsor Lagi - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kasus Dugaan Kopursi Anggaran APBD,Yuda: DPRD Gagal Paham!

18 Januari 2021

Pendakian dan Turunan Curam, Nanga -Tumpu Longsor Lagi



Dompu- Cakrawalaonline, Awas jalur pendakian dan turunan curam  yang melintasi bukit Nangatumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB terulang  longsor lagi.                         

Ini merupakan warning keras bagi pengendara untuk selalu waspada ketika melintasi jalur pendakian dan turunan curam yang  berbahaya tersebut.


   

Sudah beberapa kali bukit ini,  dirlis oleh be erapa media bahwa  Nangatumpu Longsor terus  sehingga banyak jatuh korban kecelakaan, dan pernah memakan  korban pengendara roda dua akibat tertimpa batu besar.

       

Minggu sekitar pukul 07.30 wita sejumlah 4 orang  personil TNI yang bertugas

 1614-06/Manggelewa di bawa komando Danramil Kapten Inf.Matturidi dan anggotanya Serma Suherman, Serda Imansyah, dan Serda Budiman Babinsa Desa Banggo,  serta 

 personil Polsek Manggelewa langsung bergerak turun lokasi setelah mengetahui adanya longsor dibukit jurang pendakian dan turunan curam Nanga tumpu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB tersebut .       


Di lokasi, personil TNI Polri langsung membersihkan tumpukan batu yang menutupi badan jalan di jalur lintas Sumbawa tersebut karena sebelumnya, arus kendaraan jalur itu sempat macet dan terganggu akibat bebatuan yang menumpuk menutupi badan jalan akibat aktifitas longsor.


Setelah mengetahui adanya kejadian itu (tanah longsor) kami langsung turun tangan untuk membersihkan reruntuhan batu dan kayu di lokasi jalan,"ujar salah satu anggota Danramil 1614-06/Manggelewa Minggu 17/1/21.


Hal tersebut dilakukan TNI Polri  guna mengantisipasi agar tidak terjadinya kecelakaan lalu lintas saat pengedara motor dan lainnya melewati jalur setempat. Sebab beberapa bulan sebelumnya, dilokasi ini terjadi tanah longsor dan menimbulkan korban jiwa dua pengendara roda dua tewas  ditempat beberapa waktu lalu akibat tertimpa batu besar.


"Inilah alasan kenapa kami turun dan melakukan pembersihan jalur  jalan,"ujar anggota Koramil Manggelewa.


Secara terpisah, Kapolsek Manggelewa, Iptu Rodolfo M.De Aroujo mengatakan  telah berkoodinasi dengan pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk membantu membersihkan tumpukan tanah dan bebatuan."Kami telah berkoordinasi dengan pihak Dinas PU untuk mendatangkan peralatan agar dapat  memindahkan  tumpukan tanah dan batu berukuran besar,"kata Kapolsek pada media.


Kapolsek juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar selalu  berhati-hati melintasi jalur yang sering terjadi longsor karena sekitar dua bulan lalu, di lokasi nanga tumpu pernah menelan  korban jiwa karena longsor .


"Setiap turun hujan dengan intensitas cukup tinggi, besar kemungkinan terjadinya tanah longsor, saya imbau agar kita berhati-hati, agar tidak terjadi lagi hal hal yang tidak kita inginkan,"imbuh Kapolsek. (Zun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar