res

Kades Teka Sire Yan Sofian Basmi Hama Tikus - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Babinsa Desa Dorokobo, dan Kades Mansyur himbau jaga keamanan lingkungan

08 Februari 2021

Kades Teka Sire Yan Sofian Basmi Hama Tikus



Dompu Cakrawalaonline, Kades Teka Sire   Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu NTB,  Yan Sofian melakukan  upaya basmi hama tikus yang merusak tanaman jagung petani.

   Sejumlah 180 ha, lahan jagung di So Teka sire, Mada kamau dan Mada kala  terserang hama tikus kata zakariah .           Bila tidak di atasi bersama  masalah hama tikus , akan mengakibatkan masyarakat petani mengalami kerugian ratusan juta rupiah ungkap Zakaria seorang petani.

    Kades Teka Sire Yan Sofian mejelaskan pada wartawan akan mengupayakan pemberantasan hama tikus secara bersama sama , melakukan doa , bersama tutur Yan .

   Selain basmi hama tikus bersama _ sama,    Yan Sofian Kades teka Sire Canangkan program peningkatan SDM petani hortikultura Thn 2022_2023 , agar masyarakat memanfaatkan lahan yang lebih kecil, dan tidak membutuhkan biaya yang banyak tanam holtikultura " Tomat " ajak Yan Sofian pada warganya, Zakariah, Abdullah dan Yudin, Mingu 7/2/21.

    Dengan petani holtikultura dapat menghasilkan 20 ton/bln dengan hasil yang memuaskan ungkap Zakariah . Petani holtikultura Zakariah mengungkapkan mulai merubah pola pikir tahun 2021 dari tani jagung ke tani holtikultura " Tomat"satu bulan  dapat menghasilkan 30 juta/ bulan , kalau tomat umurnya bisa 3_ 4 bulan x 30 juta , dengan lahan yang relatif kecil 25 are menghasilkan 120 juta .

   Untuk mendukung kegiatan petani holtikultura Tomat , Zakariah meminta pada kades agar di perbaiki jalan ekonomi antara SMA_ dgn lahan lapas.

    Kades Yan Sofian menyikapi usulan petani tomat Zakariah , Insa allah akan di renovasikan tahun 2022 mendatang katanya, karena tahun 2021 anggaran telah selesai di susun bersama - sama  bebernya. Zun


Tidak ada komentar:

Posting Komentar