res

Mau Vaksin Secara Mandiri? Inilah Caranya... - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

15 Februari 2021

Mau Vaksin Secara Mandiri? Inilah Caranya...



Jakarta- Cakrawalaonline,Program vaksinasi virus corona atau Covid-19  bisa dimulai awal tahun 2021. Mundur dari target awal  yakni November, kemudian direvisi Desember, program vaksinasi corona itu akhirnya bisa berjalan pada bulan Februari 2021.


Pemerintah sudah menyiapkan  infrastruktur hingga roadmap pembagian vaksin corona atau covid-19.


Ada dua jalur program vaksinasi corona yang disiapkan pemerintah yakni:

Pertama: jalur pemerintah.  Program vaksinasi ini diberikan secara cuma-cuma alias alias gratis, seperti tenaga medis, aparat hukum, tokoh agama, tenaga pendidik, apatur pemerintah pusat sampai daerah, hingga BPJS penerima bantuan subsidi.


Kedua,  jalur mandiri. Menyasar masyarakat yang berusia 19-59 tahun, ada sekitar 57 juta orang sasarannya vaksin corona atau Covid-19 dengan kebutuhan vaksin sekitar 115 juta dosis.

Berbeda dengan program pemerintah yang memberikan vaksin secara gratis, vaksin mandiri ini berbayar.


Hingga kini, pemerintah memang belum menyebutkan besaran harga vaksin corona ini. “Namun, kami pastikan negara akan hadir dalam harga vaksin ini,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir saat berdiskusi dengan pemimpin redaksi beberapa waktu lalu.


Khusus untuk jalur mandiri, Kementerian BUMN bahkan sudah menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) dan PT Bio Farma untuk menggarap infrastruktur teknologi vaksin mandiri ini, mulai produksi, pengiriman hingga penyuntikan ke end user. 


Direktur Digital Healthcare PT Bio Farma Soleh Udin Al Ayubbi menambahkan, masyarakat yang akan mengikuti vaksin corona secara mandiri harus mengikuti 7 step sebelum dan sesudah vakasinasi.

 

Lewat apps, masyarakat yang ingin melakukan vaksin harus menyiapkan dan mengisi yakni;

 KTP

Nomor telepon

Nama Lengkap

Tempat dan tanggal lahir

Alamat

Jenis kelamin

Status perkawinan

Pekerjaan

Kartu Keluarga (untuk pendaftaran secara keluarga)

Setelah mendaftar, peserta yang ingin melakukan vaksin corona secara mandiri secara otomatis dianggap sudah melakukan pemesanan awal alias pre-order atas vaksin corona. Dengan begitu, peserta harus melakukan pembayaran atas vaksin covid-19 itu.


Saat mendekati hari vaksinasi, peserta bakal mendapatkan pemberitahuan untuk datang di waktu yang telah ditentukan di klinik, fasilitas kesehatan, rumah sakit yang dipilih. Untuk itu, peserta perlu untuk mengisi consent/assent form untuk mendapatkan kode khusus berupa QR code.

Kode QWR ini akan digunakan untuk validasi saat imunisasi akan dilakukan.

Setelah diimunisasi, peserta bakal mendapatkan sertifikasi vaksinasi yang akan dapat digunakan sebagai bukti telah melakukan vaksinasi. Ng- sumber:KONTAN.CO.ID

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar