res

Masa Pandemi Covid-19 Sedekah Laut Ngrenehan - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Obyek wisata dermaga Soro , pusat rekreasi.

20 Maret 2021

Masa Pandemi Covid-19 Sedekah Laut Ngrenehan



Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalaonline, Sedekah laut tanggal 1 Suro tahun 2020 tetap dilaksanakan. Hal tersebut sudah masuk agenda tahunan bahwa Acara Sedekah Laut Pantai Kanigoro Tetap Dilaksanakan.


 


Hal ini menurut Ngatijo pamong kalurahan Kanigoro bahwa Sedekah Laut Ngrenehan sudah jadi tradisi dan tidak bisa ditinggalkan begitu saja. “Sedekah laut pantai Ngrenehan itu sudah jagi agenda tahunan. Jadi tidak bisa titinggalkan oleh para nelayan,” kata Ngatijo.


 


Bahkan menjurut Ngatijo, sedekah laut Ngrenehan itu membawa harapan besar bagi kaum nelayan. “Bila sedekah dilaksanakan, nanti menyambut tahun depan para nelayan panen ikan lebih besar. Ini pun dirasakan juga oleh para petani dan peternak di wilayah kalurahan Kanigoro,” jelasnya.


 


Sedekah laut pantai Ngrenehan yang dilaksanakan setiap tanggal satu Suro itu merupakan tradisi wajib. Dilaksanakan untuk menghilangkan kecemasan para nelayan. Bahkan memberi rasa kepercayaan diri menyambut panen di hari depan. Seperti dapat ikan banyak bagi nelayan. Kalau petani dan peternak yang baik hasilnya.


 


Berbagai sajian yang untuk sedekah laut dikemas oleh warga nelayan. Diantaranya kemasan nasi, lauk-pauk, kepala kambing, ayam dan lain-lain. Itu semua diantarkan ke tengah laut pantai Ngrenehan. Hal ini sisajikan untuk para penunggu laut selatan dengan harapan para nelayan selamat dalam bertugas melaut, serta panen ikan.


 


Suroso lurah Kanigoro mengaku bahwa sedekah Laut Pantai Ngrenehan di masa pademi Covid-19 itu lancar. Walaupun dirasa kurang besar acaranya, tetapi sedekah laut pantai Ngrenehan tetap dilaksanakan lebih khikmad lagi. “Memang biasanya diadakan pawai seni, kirap budaya dan pagelaran seni wayang, reyog dan lainnya,” ungkap Suroso.


 


Jarot Hadiatmojo S.IP M.Si panewo Kapanewon Saptosari mengungkapkan bahwa sedekah laut pantai Ngrenehan perlu dilestarikan. “Sedekah laut pantai Ngrenehan dan pagelaran seni budaya yang ada di Gunungkidul harus tetap dilestarikan. Ini semua untuk kepentingan warga masyarakat hingga pada anak cucu mereka,” ungkapnya.


 


Hal tersebut selaras dengan Hj Badingah S.Sos Bupati Gunungkidul di kala menjabat tahun 2020 dan di tahun 2021 ini bupati Gunungkidul dijabat oleh H Sunaryanto dan Heri Susanto S.Kom. Pihaknya akan membawa Gunungkidul beserta masyarakat untuk membangun semua wilayah yang ada jadi maju, aman, adil dan makmur sesuai harapan warga. (Sab)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar