res

Anggota Bhabinkamtibmas Inisiasi Pembangunan Mesjid Al-Huda Simajambu, Tuntas 95 Persen Berbiaya 2 Milliyard - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Pj.Bupati Lahat Gelar Open House Di Pendopohan Rumah Dinas Bupati

28 April 2021

Anggota Bhabinkamtibmas Inisiasi Pembangunan Mesjid Al-Huda Simajambu, Tuntas 95 Persen Berbiaya 2 Milliyard



Taput-Cakrawalaonline, Warga Kecamatan Simangumban Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seorang personel Polres Taput bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Pahae Jae, Bripka Pol Junior Hutabarat karena telah membantu dan berperan serta dalam pembangunan Masjid Al Huda di Dusun III Simajambu di Desa Simangumban Jae Kecamatan Simangumban.


Tokoh Masyarakat Desa Simangumban Jae Samsir Ritonga, kepada wartawan Selasa (27/04), menjelaskan awal pertama berdiri Masjid tersebut pada tahun 1806 oleh Raja Panusunan Burung. Dialah yang pertama membuka Kampung ini dulunya dan mendirikan Masjid Al Huda. 


"Bangunannya masih berbentuk panggung dari bahan kayu dan ukurannya masih kecil. Masjid ini dulunya hanya digunakan oleh warga Muslim berjumlah 12 kepala keluarga. Pada tahun 1980, Masjid tersebut direnovasi lagi menjadi semi permanen dan hingga saat ini kembali direnovasi berdiri dengan megah karena jamaah sudah mulai banyak. Saat ini jumlah jamaah mencapai 100 KK lebih, " jelasnya. 


Tokoh Pemuda Muslim Desa Simangumban Jae yang juga Ketua Panitia Pembangunan Masjdi Al Huda,  Pardamean Simanjuntak mengatakan, awal pembangunan atau renovasi Masjid ini masalah dana. 


"Kami panitia dan Bripka Pol Bripka Junior Hutabarat berdiskusi untuk merundingkan masalah dana ini. Kemudian, Bripka Pol Junior Hutabarat langsung melakukan penggalangan dana. Dan terkumpullah dana sampai Rp 2 miliar. Atas kegigihan dari pak Junior inilah menggalang dana, pembangunan Masjid ini pun bisa tuntas dibangun, " jelasnya. 


Menurutnya, Pak Junior Hutabarat ini bergaul dengan masyarakat tidak memandang agama dan suku. Yang sangat diapresiasi masyarakat dari Pak Junior Hutabarat ini, dirinya beragama Kristen namun perhatiannya untuk pembangunan Masjid Al Huda ini sangat luar biasa. Pak Junior ini membantu melakukan penggalangan dana untuk pembangunan Masjid ini. Pak Junior langsung membimbing kami membuat  proposal permohonan bantuan kepada donatur dari pengusaha dan perantau. 


"Tidak hanya itu saja, Pak Junior ini sering menyumbangkan tenaga bekerja selama pembangunan Masjid ini. Kamipun begitu juga, umat muslim yang ada di Desa ini pun tidak ada memandang agama maupun suku, " ungkapnya. 


Pardamean mengungkapkan, berkat ide dari Bripka Pol Junior Hutabarat, panitia pembangunan Masjid ini langsung  mendirikan spanduk dan memberikan propasal. Akhirnya semakin banyak donatur yang memberikan bantuan dana untuk pembangunan Masjid Al Huda di Dusun III Simajambu ini. 


"Masjid ini awalnya direncanakan tidak semegah ini karena khawatir dana tidak mencukupi. Namun, Masjid sebesar ini yang menghabiskan dana Rp 2 Milyar lebih, akhirnya bisa berdiri megah, jamaah pun merasa terharu. Hal ini tidak terlepas dari dukungan moral Bripka Pol  Junior Hutabarat dalam memberikan motivasi dan berkata tidak ada yang tidak mungkin bila Tuhan berkehendak, pasti semua terlaksana, " tuturnya. 


Pardamean menuturkan, pengumpulan dana yang dilakukan Bripka Pol Junior Hutabarat dari Pendeta dan dari gereja, dan donatur lainnya ada juga. Semua dana ada dari Muslim dan ada dari agama lain untuk pembangunan Masjid kami ini. Kemudian ada dari putra perantau di Kecamatan Simangumban ini memberikan bantuan sebesar Rp 70 juta. 


Bripka Pol Junior Hutabarat yang dikonfirmasi wartawan menyatakan, dalam hidup ini dirinya mempunyai prinsip. Prinsip dalam hidupnya harus bisa bermanfaat bagi orang lain.


Saya termotivasi dari bantuan mantan Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen yang memberikan bantuan saat pembangunan Masjid Al Huda ini baru dimulai tahun 2018. Dari situlah, saya bersama panitia pembangunan Masjid langsung musyawarah melakukan penggalangan dana, " jelasnya. 


Ia mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi masyarakat Simangumban  ini. 


Saya bisa diterima oleh semua elemen masyarakat. Saya bertugas di Kecamatan Simangumban ini sudah hampir 5 tahun sebagai Bhabinkamtibmas. Panji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar