res

Desa Pakis Sebagai Desa Vokasi Semakin Maju Di Berbagai Bidang - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Warga Taloko Kecamatan Sanggar Optimalkan Supermasi Hukum

21 April 2021

Desa Pakis Sebagai Desa Vokasi Semakin Maju Di Berbagai Bidang


Grobogan-Cakrawalaonline, Dengan bertambahnya waktu desa Pakis kecamatan Kradenan semakin menunjukkan perkembangan di segala bidang. Disamping perkembangan pembangunan fisik, sarana dan prasana, ternyata perkembangan SDM (sumber daya manusia) juga tak luput dari program kegiatan, yakni sering dilakukan pelatihan ketrampilan bagi masyarakatnya.


Seperti yang baru saja dilaksanakan yakni kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan Pemanfaatan limbah pedesaan menjadi produk bernilai tinggi, yang pelaksanannya bekerjasama dengan LSM Cakrawala Merdeka.


Dalam kegiatan tersebut melibatkan pengrajin dari UMKM dan perguruan tinggi, peserta yang didominasi oleh kalanga remaja ini diajari membuat berbagai kerajinan maupun souvenir berbahan gedebog atau pelepah pisang.


Disamping menghasilkan produk, peserta juga dibekali pengetahuan tentang marketingnya. Sehingga setelah mereka bisa menghasilkan produk kemudian  bisa berlanjut ke pemasaran produknya.




Di bawah kepemimpinan Kades Priyono SH ini desa Pakis berhasil menjadi desa vokasi yang pernah mewakili kabupaten Grobogan di Demak beberapa waktu yang lalu.


Perlu diketahui bahwa desa Vokasi adalah kawasan perdesaan yang menjadi sentra penyelenggaraan kursus dan/atau pelatihan berbagai kecakapan vokasional dan pengelolaan unit-unit usaha (produksi/Jasa) berdasarkan keunggulan lokal dalam dimensi sosial, ekonomi, budaya dan lingkungan. 


Salah satu tujuan dari Program Desa Vokasi adalah bagaimana menekan angka pengangguran dan tingkat urbanisasi dengan memberikan keterampilan masyarakat di suatu desa dalam memanfaatkan keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif dari sumber daya dan potensi suatu desa berbasis kearifan lokal. 


Melalui program ini diharapkan dapat membentuk kawasan desa yang menjadi sentra beragam vokasi, dan terbentuknya kelompok-kelompok usaha yang memanfaatkan potensi sumber daya dan kearifan lokal, dimana warga masyarakat dapat belajar dan berlatih menguasai keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk bekerja dan menciptakan lapangan kerja sesuai dengan sumber daya yang ada di di wilayahnya sehingga taraf hidup masyarakat semakin meningkat. Ng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar