res

Desa Sawahan Mengisi Dukuh Jatisari dan PTSL Lancar - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kades taloko Kec.Sanggar Kab.Bima, Dialog Dengan Tokoh Pemuda

05 April 2021

Desa Sawahan Mengisi Dukuh Jatisari dan PTSL Lancar



Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Kalurahan Sawahan kapanewon Ponjong kabupaten Gunungkidul pada hari Rabu Legi 31-03-2021 mengadakan seleksi atau ujian pamong, untuk mengisi jabatan atau lowongan dukuh Jatisari.


Demikian diutarakan oleh Suprapto lurah kalurahan Sawahan didampingi Dwiyono selaku carik kalurahan Sawahan saat ditemui wartawan di kantornya belum lama ini.


Dijelaskan bahwa lowongan dukuh Jatisari itu karena dukuh lama Ibu Suparti yang wafat karena penyakit kanker. Dua peserta yang ikut ujian dukuh Jatisari adalah Didit Setiawan dan Ibnu Barokah.


Carik kalurahan Sawahan mengungkapkan bahwa pengisian dukuh Jatisari itu, setelah dilantik diharapkan mampu bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya. “Ya tentunya dukuh Jatisari yang telah dilantik harus mampu bekerja dan membantu tugas lurah di wilayah kalurahan Sawahan,” ungkap carik.


Kalurahan yang merupakan bagian dari Kapanewon Ponjong, posisinya berada di sisi Utara kapanewon. Jaraknya sekitar 10 Km naik perbukitan wilayah Sumbergiri, Umbulrejo hingga naik menuju Tambakromo dan yang lurus menuju wilayah kalurahan Sawahan.


Sawahan yang belum lama ini juga mendapatkan PTSL atau Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap dari pemerintah. Dalam penggarapannya dikerjakan oleh kelompok masyarakat tentang PTSL itu dirasa lancar tidak ada halangan suatu apapun.


Hal ini diakui Suprapto dan carik Dwiyono kala ditemui wartawan. Menurutnya, garapan PTSL di kalurahan Sawahan sudah jadi dan telah diserahkan kepada penerima hak tentang sertifikat itu. “Kepada warga yang telah menerima Sertifikat diharapkan dipelihara dengan baik. Sertifikat merupakan Surat Hak Milik, jangan terus digadaikan,” pesan lurah.


Sawahan yang berada di perbukitan miring, bagi para petani tidak terasa kesulitan dalam bercocok tanam. Lebih-lebih di musim hujan kalurahan Sawahan tidak kekurangan air. Hanya di musim kemarau wilayah Sawahan sebagian kekurangan air, terutama air minum untuk manusia dan hewan.


Sehingga wilayah Sawahan masih juga sering di drop air bersih untuk kebutuhan warga masyarakat yang sulit mendapat air bersih. Dengan kiriman air bersih menuju wilayah kalurahan Sawahan di musim kemarau, ternyata hal yang wajar. (Sab)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar