res

Hening Sudarsana Dalang Dari Tanjungsari - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

PC Kembali Diperiksa, Tersangka Kasus Bulog Belum Ditahan

11 Mei 2021

Hening Sudarsana Dalang Dari Tanjungsari



Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com –  Camat atau Panewu Tanjungsari, Rahmadian Wijayanto AP M.Si mengungkapkan bahwa dalang dari Tanjungsari cukup baik dan punya prospek. Siapakah yang dimaksud dalang, beliau adalah Hening Sudarsana, beliau seorang dalang muda yang sekarang ini semakin meningkat reputasinya.

 

Demikian menurut Rahmadian Wijayanto yang ditemui wartawan di kantornya belum lama ini. Dalam kesempatan itu dikatakan bahwa dalang Hening Sudarsana termasuk dalang muda yang belakangan ini semakin baik dalam memainkan wayang.

 

Tanya wartawan kepada panewu Tanjungsari, Rahmadian Wijayanto, kok pak camat atau pak panewu paham tentang dalang Hening. Hening itu siapa pak camat, tanya wartawan. Jawabnya Hening itu nama komplitnya adalah Hening Sudarsana.

 

Tanya wartawan lagi, lho kok namanya nyrempet dalang Sudarsono dari Solo pak. Jawabnya, iya beliau itu adalah mengidolakan dalang kondang yang sudah senior seperti dalang Mantep Sudarsono dari solo, jawab camat.

 

Tanya wartawan lagi, apakah Hening yang dari Tepus itu pak camat. Jawabnya bukan dari Tepus, tetapi dari wilayah kecamatan Tanjungsari, dari desa Hargosari yang masuk wilayah kecamatan atau kapanewon Tanjungsari yang berada di sisi selatan kota Wonosari Gunungkidul.

 

Berarti dalang tepian pantai selatan pak camat, jawabnya, bukan tepian pantai, ya masih jauh dari pantai selatan. Rumah dalang yang berada di desa Hargosari memang mendekati pantai selatan, jauhnya sekitar 14 km dari pantai selatan.

 

Tanya wartawan lagi, kalau dari kota wonosari berapa kilometer pak camat. Jawabnya, tidak jauh, hanya sekitar 15 km saja. O... jadi dekat ya pak camat. Iya, jawab camat.

 

Masih kurang puas wartawan bertanya lagi kepada camat, Hening Sudarsana itu termasuk dalang tua apa dalang muda pak camat. Jawabnya, Hening itu termasuk dalang yang sangat muda, tapi sudah cukup profesional dalam memainkan wayang kulit, jawabnya.

 

Wartawan jadi penasaran berkait dalang Hening Sudarsana. Kemana-mana sering nyinggung tentang nama dalang Hening. Kepada para lurah, pamong, dan siapa saja yang dihadapi oleh wartawan.

 

Lalu diperoleh kabar bahwa dalang Hening Sudarsana berasal dari desa Hargosari kapanewon Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul DIY, termasuk dalang muda yang sudah senior. (Sab)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar