res

KPU Kabupaten Pemalang Gelar Rapat Pleno RDPB Secara Intern - Cakrawala Online

Breaking

29 Mei 2021

KPU Kabupaten Pemalang Gelar Rapat Pleno RDPB Secara Intern



Pemalang - Cakrawala Online, Menurut keterangan Ketua KPU Kabupaten Pemalang, Mustaghfirin melalui Kasubag. Tehnis Pemilu dan Humas, Nugroho Hadi Wibowo, menginformasikan bahwa pada hari Jum'at(28/5), KPU Kabupaten Pemalang telah menyelenggarakan Rapat Pleno dengan agenda Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan(RDPB) tahun 2021 Periode bulan Mei.


Lebih lanjut, Hadi (nama panggilan Kasubag. Tehnis Pemilu dan Humas, Nugroho Hadi Wibowo) memberitahu bahwa Rapat Pleno RDPB berlangsung secara Intern di ruang rapat KPU setempat dan dihadiri oleh jajaran KPU, diantaranya: Ketua KPU Kabupaten Pemalang, Mustaghfirin, para anggota yang terdiri dari Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi yakni Aida Yunirahmawati, Divisi Tehnis Penyelenggaraan yaitu Harun Gunawan, Agus Setiyanto(Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM), serta Wahyono(Divisi Hukum dan Pengawasan).


Hadi menyatakan  bahwa Rapat Pleno dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Ketua KPU RI Nomor: 336/PL.02.SD/01/KPU/IV/2021 tertanggal 21 April 2021 perihal Perubahan Surat Edaran KPU RI Nomor: 132/PL.02.SD/01/KPU/II/2021 tentang Pemutahiran Daftar Pemilih Berkelanjutan(DPB).


"KPU Kabupaten Pemalang melaksanakan rapat pleno Internal RDPB setiap bulan dan melaksanakan rapat koordinasi terkait RDPB setiap Tri Wulan dengan melibatkan beberapa pihak, seperti: Disdukcapil, TNI, POLRI, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Jawa Tengah, Dinas Sosial, Dispermasdes, Parpol, dan Bawaslu," Jelas Hadi.


Kasubag. Tehnis Pemilu dan Humas pada KPU Kabupaten Pemalang ini, menambahkan bahwa dalam Rapat Pleno RDPB, Aida Yunirahmawati(Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi) menyampaikan jumlah pemilih pada DPB periode bulan Mei 2021.


"Tercatat ada 3.605 Potensi Pemilih Baru dan 59 Pemilih TMS(Tidak Memenuhi Syarat), sehingga jumlah pemilih yang termuat di DPB periode bulan Mei 2021 sebanyak 1.111.535 Pemilih," Ungkap Aida sambil menyebutkan jumlah pemilih Laki-Laki(560.513 orang) dan Perempuan (551.022 orang).


Ketua KPU Kabupaten Pemalang, Mustaghfirin melalui Kasubag. Tehnis Pemilu dan Humas, Hadi, menyatakan bahwa Pemutahiran data pemilih dilakukan secara berkesinambungan sehingga pada saat pemilu selanjutnya data pemilih sudah ada perbaikan, tinggal meng-Update perubahan yang terjadi.


"Oleh karena itu, KPU Kabupaten Pemalang sebagai Penyelenggara Pemilu selalu berkomitmen kuat untuk melaksanaka Pemutahiran daftar pemilih yang lebih baik agar tercipta daftar pemilih yang Komprehensif, Akurat, dan Mutahir," Tandas Hadi.


Dalam Press Release-nya, Hadi juga memperkenalkan Aplikasi terbaru yang dimiliki oleh KPU Kabupaten Pemalang dan diberi nama "SIAPPEM" (Sistim Informasi Administrasi Pemilih Pemalang).


"Karena kami menyadari kesuksesan kegiatan yang kami lakukan tak lepas dari dukungan semua pihak terutama dari masyarakat, oleh karenanya kami menyediakan layanan melalui Aplikasi SIAPPEM untuk memudahkan masyarakat memberikan saran dan masukan terkait dengan data pemilih karena melalui Aplikasi SIAPPEM yang bisa di-download melalui play store, dengan hanya menggunakan NIK(Nomor Induk Kependudukan), masyarakat khususnya pemilih dapat melihat daftar pemilih dan jika namanya belum tercantum pada daftar pemilih, dapat langsung menginformasikan pada kami," Pungkas Hadi.


(Reporter: SSBL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar