res

Korban Penipuan 500 juta Polres Taput Limpahkan Berkas Perkara Kasus Ke Kejaksaan Negeri Tapanuli utara - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

03 Juni 2021

Korban Penipuan 500 juta Polres Taput Limpahkan Berkas Perkara Kasus Ke Kejaksaan Negeri Tapanuli utara



Taput-Cakrawalaonline, Setelah proses  penyidikan perkara dugaan  tindak pidana penipuan yang merugikan korban Sere Pina Br Naibaho ( 37)  warga Desa Sipahutar 1 kec.Sipahitar Taput telah dianggap lengkap, akhir nya penyidik Polres Tapanuli Utara melimpahkan berkas tersebut ke Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara .

 

Tersangka Paulina Natalia Simanjuntak (30) warga Desa Sipahutar 1 Kecamatan Sipahutar Kabupaten Taput  melakukan penipuan atas korban SPN pada januari 2021. 


Tak tanggung - tanggung uang yang ditipu  tersangka PS dari korban sebesar Rp 500 juta. 


Akibat perbuatannya, pelaku dilaporkan oleh korban  ke Polres Taput  pada10 Februari 2021. 


Setelah dilakukan penyidikan dan cukup alat bukti, PS pun langsung ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan pada tanggal 21 April 2021. 


Sebelum korban melaporkan hal tersebut ke Polres Taput, korban masih mengajak tersangka untuk damai dengan mengembalikan uang nya. Namun tersangka tidak ada niat baik dan bahkan sering bersembunyi2. 


Kapolres Taput AKBP M Saleh. SIK. MM melalui Kasubbag Humas Aiptu W Baringbing membenarkan kasus tersebut.  PS Ditetapkan sebagai Tersangka pada tanggal 21 April 2021 dan langsung kita tahan di ruang tahanan Polres Taput. 


Kronologis kasus tersebut, modus yang dilakukan tersangka terhadap korban Sere Pina dengan cara mengajak  korban untuk menabung Deposit di salah satu BPR. 


Tersangka mengaku bekerja di BPR tersangka pernah mendatangi rumah korban, dan dari situlah si tersangka mengajak korban untuk membuat tabungan deposito.


Tersangka menjanjikan bunga deposito yang besar dan bonus hadiah  terhadap si korban.


Kemudian tersangka juga menjanjikan, kalau korban memasukkan depositonya ke BPR tersebut akan mendapatkan hadiah sepeda motor dan emas. 


Korban pun tergiur atas bujuk rayu  tersangka langsung mengikuti arahan  tersangka dan memberikan uang tersebut.


Saat membuka Deposito di BPR Korban tidak diperbolehkan untuk ikut  langsung ke BPR.


Tersangka menganjurkan kepada  korban supaya deposito itu biar dibuat tersangka langsung, tersangka pun menyuruh  korban untuk mentransferkan uang sebesar Rp 500 juta, transferan uang tersebut dilakukan si korban dalam 11 tahap mulai tanggal 6 januari sampai 13 januari. 


Namun buku deposito dari BPR yang dijanjikan tersangka tak kunjung ada diserahkan kepada si korban.


Setelah beberapa lama, korban pun merasa curiga dan langsung menghubungi serta  menjumpai  tersangka PS pada tanggal 17 Januari 2021. 


Korban meminta supaya tersangka PS mengembalikan uang Rp 500 juta tersebut. 


Namun niat baik  tersangka pun tidak ada untuk mengembalikan uang korban, tersangka selalu membuat alasan. 


Tak terima dengan perbuatan  tersangka,  korban Sere Pina pun langsung melaporkan hal tersebut ke Polres Taput. 


Dari hasil penyidikan kita sudah ada alat bukti sudah terpenuhi dan PS  ditetapkan dan langsung kita tahan. 


Terhadap tersangka, kita menerapkan pasal 372 sub 378 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.  Panji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar