res

Samidi Lurah Kemiri Melantik Dua Dukuh - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Kasus Dugaan Kopursi Anggaran APBD,Yuda: DPRD Gagal Paham!

30 Agustus 2021

Samidi Lurah Kemiri Melantik Dua Dukuh



Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Samidi lurah Kalurahan Kemiri Kapanewon Tanjungsari pada hari Jumat Kliwon 27-08-2021 jam 14.00 WIB melantik Diah Ajeng Titisari jadi dukuh Glagah dan Suharjono jadi dukuh Dayakan I. Pelantikan berlangsung di balai Kalurahan Kemiri Kapanewon Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul Propinsi DIY.

 

Dua dukuh tersebut setelah ditetapkan oleh panitia sebagai dukuh yang memperoleh nilai tertinggi dalam penyaringan dukuh yang dilaksanakan pada 25-08-2021. Diah Ajeng Titisari mengumpulkan nilai 86,15 mengalahkan tiga orang calon lainnya.

 

Sementara Suharjono mengumpulkan nilai 79,25 mengalahkan seorang calon lain yang memperoleh jumlah nilai lebih rendah. Sehingga dua orang putri dan putra ini ditetapkan sebagai dukuh yang berhak dilantik jadi dukuh di wilayah kalurahan Kemiri oleh ketua panitia pemilihan dukuh. Demikian dipaparkan oleh bp Wasno pamong kalurahan Kemiri saat ditemui wartawan.

 

Acara pengambilan sumpah dan pelantikan dukuh itu dilaksanakan secara singkat. Dengan thema pengambilan sumpah dan pelantikan serta koordinasi seusai pelantikan itu berjalan lancar, tanpa ada halangan suatu apapun. Dengan model prokes ketat acara itu berjalan sesuai program yang direncanakan. Acara dihadiri Polsek dan Babinsa serta Bamuskal serta tamu undangan lain yang penting. Pelantikan yang singkat hanya diikuti oleh 40 orang.

 

Seusai melantik dua dukuh, Samidi lurah Kemiri dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dukuh merupakan ujung tombok dan ujung tombak dalam pembangunan. Mereka berhubungan langsung dan lebih dekat dengan warga masyarakat. “Kepada dua dukuh setelah dilantik kami mengucapkan selamat bertugas. Dan selamat menjalankan tugasnya sesuai tugas pokok dan fungsinya di wilayah padukuhan Glagah dan wilayah Dayakan I kalurahan Kemiri,” ungkap lurah.

 

“Dukuh segera menyesuaikan diri di lingkungan birokrasi pemerintahan tingkat desa. Sehingga segala perilaku harus bisa jadi contoh. Selain itu harus bekerja selama 24 jam setiap hari. Karena dukuh selalu dibutuhkan setiap saat bila ada masalah yang penting,” jelasnya.

“Dukuh harus mampu mengendalikan RT dan RW di wilayahnya. Sehingga hal itu untuk mempermudah dalam menjalankan pekerjaan atau tugas dukuh itu sendiri,” tambahnya.

 

Rakhmadian Wijayanto AP M.Si panewu di Kapanewon Tanjungsari mengucapkan selamat kepada dua dukuh terlantik. “Selamat bertugas kepada dua dukuh terlantik. Semoga sukses dalam menjalankan tugashnya hingga akhir masa jabatannya nanti,” ungkapnya. “Dukuh sangat berperan penting dalam mendukung jalannya pemerintahan. Kepada masyarakat harus berhubungan lebih dekat. Sehingga bisa mempercepat dalam penarikan Pajak Bumi dan Bangunan atau tentang pembayaran PBB di padukuhan masing-masing,” tambahnya.(Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar