res

Obyek Wisata Pantai Gunungkidul Mulai Ramai - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siklus Sejarah Terbentuknya Kecamatan Manggelewa

27 September 2021

Obyek Wisata Pantai Gunungkidul Mulai Ramai

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Obyek wisata pantai selatan di wilayah DIY dan di Gunungkidul kini semakin ramai. Banyak turis berdatangan untuk menikmati keindahan alam di seputar pantai.  Pada awal Oktober 2021 sedikitnya tempat obyek wisata di Gunungkidul semakin banyak wisatawan. Sebelumnya obyek wisata ditutup karena pandemi Covid-19.

 

Pengunjung yang datang diharapkan mengikuti protokol kesehatan untuk menangkal menyebarnya Covid-19. Seperti pejalan dan pemotor dan pengendara mobil diwajibkan dengan memakai masker. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi dirinya sendiri dan melindungi kesehatan terhadap orang lain.

 

Para wisatawan yang berkunjung ke  obyek wisata telah dinanti oleh para pedagang yang keliling di obyek wisata itu. Sehingga wisatawan ingin berkunjung ke obyek wisata Gunung Api Purba di Nglanggeran, kapanewon Patuk. Selain itu wisatawan boleh mengunjungi obyek wisata Kalisuci di kapanewon Semanu.

 

Selain itu wisatawan boleh mengunjungi pangai Baron dan pantai Kukup. Dua obyek wisata pantai ini dirasa sangat ditunggu oleh wisatawan. Sehingga akibatnya pada hari libur dan hari Minggu obyek wisata pantai Baron dan pantai Kukup banyak wisatawan datang.

 

Demikian diakui oleh Rakhmadian Wijayanto AP M.Si selaku panewu kapanewon Tanjungsari dan Eka Prayitno S.Sos MM selaku panewu anom Kapanewon Tanjungsari kala ditemui wartawan di kantornya. Pihaknya mengakui bahwa arus wisatawan semakin bergeliat dalam mengunjungi obyek wisata di Gunungkidul..

 

Panewu kapanewon Tanjungsari kala didatangi wartawan sedang memantau obyek wisata Guwa Bentar di desa atau kalurahan Hargosari dan beberapa obyek wisata lainnya. Pihak camat atau panewu kini sedang merealisasikan informasi dan kajiannya terhadap berbagai obyek wisata seperti wisata Guwa.

 

Tentang keselamatan dan perkembangan pengunjung jadi kajian pemerintah agar di hari depan obyek wisata disenangi oleh wisatawan. Senang berwisata di obyek wisata karena fasilitas yang disediakan berkesan atau menyenangkan. Kesan yang terbawa pulang akan menyebar ke berbagai pengunjung yang mereka peroleh di kala berkunjung di obyek wisata Guwa dan wisata pantai. Termasuk pantai Ngrenehan kalurahan Kanigoro kapanewon Saptosari Gunungkidul.

 

Makanya sekarang ini tiga sektor yaitu pemerintah, masyarakat (seperti kelompok sadar wisata) dan pengusaha sedang berlomba dengan giat untuk mengembangkan obyek wisata yang ada. Menyatunya tiga sektor tersebut diharapkan oleh pemerintah mampu menciptakan opini untuk meningkatkan sirkulasi ekonomi masyarakat pedesaan dan kalangan kelompok sadar wisata.

 

Diterangkan, kunjungan wisatawan ke Gunungkidul melewati berbagai koridor. Wisatawan dari Jogja bisa melewati kecamatan Piyungan menuju masuk di kecamatan atau kapanewon Patuk. Wisatawan dari Klaten dan Solo Semarang dan Jawa Tengah bisa melewati Njentir di desa Sambirejo kapanewon Ngawen. Juga bisa lewat Sukoharjo dan masuk dari Wonogiri.

 

Bahkan luapan wisatawan dari pantai Parangkusumo dan Parangtritis naik melewati desa Girijati kecamatan Purwosari ketimur menuju obyek wisata Pantai Baron dan Kukup dan wisata Kalisuci dan Gunung Api Purba Nglanggeran kapanewon Patuk. “Masih lumayan luapan wisatawan dari Parangkusumo naik masuk pantai Gesing dan Baron serta pantai Kukup,” jelasnya. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar