res

Warga Salutambung Majene Turun Jalan Protes Pengolahan Limbah Rumah Sakit - Cakrawala Online

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Siapa Yang Paling Bertanggungjawab Dalam Tragedi Kanjuruhan ?

05 September 2021

Warga Salutambung Majene Turun Jalan Protes Pengolahan Limbah Rumah Sakit



Majene-Cakrawala Merdeka: Tercatat sedikitnya, 30 warga Salutambung yang menamakan dirinya Ikatan Pemuda Mahasiswa Salutambung (IPMS), Sabtu (4/9), kemarin, melakukan aksi unjuk rasa.


Mereka turun ke jalan dan berjalan kaki sekitar 1 kilometer jaraknya, pada jalan poros Majene-Mamuju di Salutambung, Desa Salutambung. 


Sambil berorasi secara bergantian mereka membagi-bagikan selebaran pada pengguna jalan yang sedang melintas disepanjang jalan poros tersebut 


Hal ini sedikit membuat macet  pengguna jalan. Namun dalam aksi tersebut berjalan kondusif dan mendapat pengawalan dari sejumlah anggota Polri dan TNI setempat.


Para aksi demo ini yang tergabung dalam "Pemuda Salutambung Menggugat" menuntut agar pihak pengelolah Rumah Sakit (RS) Pratama dapat memperbaiki sanitasi air atawa pembuangan limbah kotoran.


Menurut Muh Tasrif, koordinator lapangan (korlap), seperti dikutip pada selebaran tersebut, mengatakan, sebelum penggusuran lokasi, setidaknya dua sungai kecil dari arah bukit menuju pemukiman warga menjadi saluran air yang alami. 


Ini berarti, juga sejumlah pohon yang tumbuh di arealnya itu dapat berfungsi menahan air hujan sejak turun lebat seperti  sekarang ini. 


"Setelah tergusur, air semakin deras karena tidak tersedianya sanitasi," kata Muh. Tasrif. Hal demikian itu akibatnya memantik sorotan aksi demo.


Kepada Cakrawala Merdeka, ia mengungkap, kejadian Minggu sore 15 Juli 2021 lalu. Bahwa, tercatat 30 rumah warga dan sejumlah sumur warga dibuat kotor akibat dampak banjir terjadi.


"Lima rumah warga diantaranya dimasuki air seukuran tumit dewasa," tukas Alumni UNM (Universitas Negeri Makassar) ini.


Respon positif pun mengalir usai aksi demo jelang sore harinya. Diungkap seorang aksi demo yang dibenarkan Muh.Tasrif


Disebutkan, dari pihak pengelolah rumah sakit tersebut merespon positif tuntutan para aksi demo.

"Persoalan ini baru-baru sudah ditanggapi," tuturnya yang enggan menyebut lebih jauh materinya pada media online Cakrawala.


Sekedar diketahui, pembangunan Rumah sakit Pratama ini dibangun akhir tahun 2020 yang diperkirakan menempati luas lokasi 35.601 M2. 


Adalah, Rumah sakit kedua di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, bertipe D yang berlokasi dibelakang Puskesmas Salutambung, Desa Salutambung. (Ras)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar