res

Kalurahan Ngeposari Sudah Dirikan Tanda Keistimewaan - Cakrawala Online

Breaking

26 Oktober 2021

Kalurahan Ngeposari Sudah Dirikan Tanda Keistimewaan

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Kalurahan Ngeposaro kapanewon Semanu kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta hingga September 2021 telah mendirikan atau memasang Gapura Tanda Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Demikian diakui oleh Alifta Zulaikha selaku carik kalurahan Ngeposari saat ditemui Sabar Pers Cakrawala Online Perwakilan DIY untuk liputan Gunungkidul pada hari Kamis Kliwon tanggal 21-10-2021 di ruang kerjanya.

Saat ditemui wartawan, Carik Alifta Zulaikha sedang mengemban amanah lurah, sebagai pelaksana tugas lurah Ngeposari. Karena Ciptadi lurah Ngeposari sejak 16 Oktober 2021 sampai 30-10-2021 cuti untuk persiapan ikut pemilihan lurah serentak pada 30-10-2021 di 58 kalurahan di pemkab Gunungkidul.

“Kami carik selaku pelaksana tugas lurah Ngeposari sejak 16 Oktober 2021 hingga 30 Oktober 2021,”  ungkapnya. Dijelaskan bahwa Logo atau Gapura Keistimewaan atau Tanda Keistimewaan Yogyakarta itu digarap menghabiskan dana dari Propinsi sebesar terbilang angka sebesar Rp 62.790.500,-. Terbilang dengan huruf Enampuluh duajuta tujuhratus sembilanpuluh limaratus rupiah.

Dikatakan, dana sebesar itu merupakan hibah dari propinsi berkait dengan Keistimewaan DIY. Dikucurkan ke tiap kalurahan di Gunungkidul yang memasang tanda Keistimewaan pada tahap pertama dan selesai September 2021. Anggaran dari propinsi untuk gapura itu jumlah di tiap kalurahan besarnya sama.

Dikabarkan, di wilayah pemerintahan kabupaten Gunungkidul sampai September 2021 kalurahan yang sudah selesai memasang Simbul Keistimewaan DIY sebanyak 28 kalurahan. Jumlah itu bagian dari sebanyak 144 kalurahan yang tercakup di 18 kapanewon.

Tanda Keistimewaan DIY untuk wilayah kalurahan Ngeposari dipasang didepan balai kalurahan. Berada ditepi Utara menghadap ke Selatan di jalan dari Semanu ke Timur menuju arah kapanewon Ponjong. Simbul atau tanda keistimewaan itu menambah megah dan gagah serta serasi balai kalurahan Ngeposari.

Setelah Ngeposari dipasang Tanda Keistimewaan DIY pada tahap pertama September 2021, ini merupakan salah satu dari sebanyak 28 kalurahan yang sudah mendirikan Tanda Istimewa  DIY. Tentunya, Lurah, carik dan semua lembaga kalurahan, termasuk segenap pamong, serta tokoh maupun warga masyarakat berterima kasih atas adanya Tanda Istimewa itu.

Dengan simbul Istimewa dan tanda Istimewa DIY itu, pihak lurah, carik dan pamong serta komponen yang ada di kalurahan dan kapanewon mengajak kepada seluruh warga masyarakat agar turut peduli dan merawat Tanda Istimewa itu. “Setelah Tanda Istimewa dibangun dengan baik, kami mengajak kepada semua merawat,” ungkapnya. (Sab/Yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar