res

Kalurahan Bendung Terbaik Dirikan Gapuro Istimewa DIY - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Anak SD di Tanggungharjo Grobogan Meninggal Akibat Terinfeksi Virus HIV/AIDS

15 November 2021

Kalurahan Bendung Terbaik Dirikan Gapuro Istimewa DIY

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalamerdeka.com – Kalurahan Bendung kapanewon Semin kabupaten Gunungkidul  sudah mendirikan Gapuro Tanda Keistimewaan DIY. Bangunan ini selesai digarap pada bulan September 2021.

Demikian diakui Didik Rubiyanto lurah Bendung Kapanewon Semin kabupaten Gunungkidul saat ditemui Sabar Pers Media Cakrawalamerdeka.com Biro DIY untuk Gunungkidul pada Senin Pon 08-11-2021. Saat itu di kalurahan Bendung sedang ada pertemuan atau sosialisasi tentang penjaringan aspirasi kepada KWT Bendung dan tokoh masyarakat dari DPRD Partai Golkar Gunungkidul.

Dikatakan, Logo atau Gapura Keistimewaan atau Tanda Keistimewaan itu digarap menghabiskan dana dari Propinsi DIY sebesar terbilang angka sebesar Rp 62.790.500,-. Terbilang dengan huruf Enampuluh duajuta tujuhratus sembilanpuluh limaratus rupiah. Untuk membuat gapura itu nampak lebih indah maka ditambah dana lain untuk membuat taman di bawah gapura itu.

Dana sebesar itu merupakan hibah dari propinsi berkait dengan Keistimewaan DIY. Anggaran dari propinsi untuk gapura itu jumlah di tiap kalurahan besarnya sama. Dikucurkan ke tiap kalurahan di Gunungkidul yang membangun Gapuro Tanda Keistimewaan DIY dalam tahap pertama selesai digarap bulan Oktober 2021.

Disampaikan, di wilayah pemerintahan kabupaten Gunungkidul sampai Oktober  2021 yang sudah memasang Gapuro atau Simbul Keistimewaan DIY sebanyak 28 kalurahan. Jumlah itu bagian dari sebanyak 144 kalurahan yang tercakup di 18 kapanewon.

Tanda Keistimewaan DIY untuk kalurahan Bendung dipasang didepan balai kalurahan. Berada ditepi Timur menghadap ke Barat di jalan besar kalurahan Bendung menuju kapanewon Semin.

Setelah depan balai kalurahan Bendung dipasang Gapuro Tanda Keistimewaan DIY pada tahap pertama itu menambah pemandangan semakin gagah dan mengingatkan bahwa kalurahan Bendung merupakan bagian Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kalurahan Bendung yang pada 2016 merupakan desa berkembang dan pada 2019 jadi desa maju, kini berorientasi jadi desa mandiri. Tentunya, Lurah, carik dan semua lembaga kalurahan Bendung, dan segenap pamong, serta tokoh masyarakat berterima kasih kepada pemerintah DIY.

Dengan dibangunnya Gapuro Tanda Keistimewaan DIY, pihak lurah, carik dan pamong serta komponen yang ada di kalurahan Bendung kapanewon Semin kabupaten Gunungkidul mengajak kepada seluruh warga masyarakat agar turut peduli dan merawat Gapuro Tanda Keistimewaan DIY itu.

“Setelah Gapuro Tanda Keistimewaan DIY berdiri megah, didirikan di depan Balai Kalurahan Bendung Semin, kami mengajak kepada semua komponen ikut merawatnya,” pesan Didik Rubiyanto, carik dan pamong kalurahan Bendung Semin. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar