res

Pada 2019-2020 Girisuko Garap 1030 Sertifikat PTSL - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

Cakrawala Online Hari ini

Anak SD di Tanggungharjo Grobogan Meninggal Akibat Terinfeksi Virus HIV/AIDS

15 November 2021

Pada 2019-2020 Girisuko Garap 1030 Sertifikat PTSL

 


Biro DIY, Gunungkidul, Cakrawalainterprize.online – Warga masyarakat Kalurahan Girisuko pada tahun 2019 menggarap Sertifikat 330 bidang dan pada 2020 mendapat jatah garapan 700 bidang sertifikat digarap dengan program PTSL atau Penserifikatan Tanah Sistimatis Lengkap.

 

Demikian menurut Anton Nurdiansyah ketua kelompok masyarakat yang menyelesaikan garapan PTSL desa atau kalurahan Girisuko kapanewon Panggang Kabupaten Gunungkidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Menurut Anton, pihaknya sebagai ketua kelompok dengan membawahi sebanyak 10 orang.

Dan Anton juga sebagai dukuh Sumber kalurahan Girisuko, dalam dua tahun terakhir yaitu pada tahun 2019 dan 2020 menggarap sebanyak 1030 bidang seritikat PTSL.

 

Garapan sertifikat sebanyak itu  merupakan realisasi dari jumlah target pemetaan awal ada 1300 bidang. Untuk tahun 2019 menggarap sertifikat sebanyak 330 bidang dan tahun 2020 menggarap 700 bidang. Sehingga dua tahun terakhir kalurahan Girisuko menyelesaikan 1030 bidang sertifikat tanah melalui PTSL.

 

Hal tersebut juga diakui oleh Jamin Paryanto selaku lurah di Kalurahan Girisuko kapanewon Panggang Kabupaten Gunungkidul propinsi DIY saat ditemui wartawan Cakrawalamerdeka.com Biro DIY untuk liputan di Gunungkidul belum lama ini.

 

Menurut Jamin Paryanto, garapan setifikat sebanyak itu menyebar di semua padukuhan di kalurahan Girisuko. Sertifikat itu digarap oleh kelompok masyarakat atau Pokmas yang diketuai oleh Anton Nurdiansyah yang juga dukuh Sumber, yang diselesaikan secara maraton dalam dua tahun terakhir, dan di tahun 2021 ini hampir selesai semua.

 

Sehingga diharapkan akhir tahun 2021 dan sudah diserahkan kepada warga masyarakat dan lancar. “Tidak ada kendala yang berarti. Karena kelompok masyarakat yang mengerjakan cukup disiplin dan rajin sesuai prosedur.

 

Sehingga tidak menimbulkan keributan, mengenai biaya tiap lembar SHM ini sebesar Rp150.000,-. Dan biaya lainnya sudah dijelaskan melalui sosialisasi kepada para pemohon sertifikat di wilayah kalurahan Girisuko Panggang,” jelasnya.

 

Kalurahan Girisuko dengan banyaknya usulan  pembuatan sertifikat tanah ini BPN Gunungkidul tahun 2020 kemarin memberi penyelesaian sertifikat tanah sebanyak 700 lembar.  

 

“Untuk penggarapan di tahun itu hingga November 2021 hampir selesai semua dari sebanyak 1030 lembar sertifikat itu. Ini dikerjakan dengan serius oleh Pokmas,” kata Jamin Paryanto didampingi Anton Nurdiansyah. (Sab)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar