res

Komplotan Maling Motor Dilibas Polres Taput - Cakrawala Online
Segenap Pimpinan dan Keluarga Besar Redaksi Cakrawala Media Group Mengucapkan Selamat Hari Raya Idhul Fitri 1 Syawal 1445 H

Breaking

06 November 2021

Komplotan Maling Motor Dilibas Polres Taput



Taput-Cakrawalaonline, Enam orang sidikat spesialis pencuri sepeda motor berhasil di ringkus satuan reserse kriminal Polres Tapanuli Utara jumat (5/11/2021) .


     Ke enam orang tersangka yakni REYNALDI SIMANJUNTAK (19 ) Desa Sangkar Nihuta Sihotang Kecamatan Balige Kabupaten Toba, INDRA P. BARINGBING ( 31) Desa Marsangap Kecamatan Sigumpar Kabupaten Toba , REZER HUTASOIT ( 22 ) warga Desa Tambunan Kecamatan Balige Kabupaten Toba, ALDY SYAHPUTRA Tambunan (22 ) warga  Silimbat Kecamatan Sigumpar,  CJP (17 )  warga Sitorang Kecamatan Silaen Kabupaten Toba dan SPR (  17 ) Desa Moho Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi Kabupaten Simalungun.


   Kapolres Taput AKBP Ronald Sipayung SH. SIK. MH yang di dampingi Waka Polres Kompol J. Sitompul SH dan Kasat Reskrim AKP  Jonser Banjarnahor kepada sejumlah wartawan saat press relise di polres taput sabtu ( 6/11/2021 ) menjelaskan " 


   Ke enam orang tersangka berhasil di tangkap dari tempat yang berbeda jumat kemarin. Pertama kita tangkap yaitu REYNALDI SIMANJUNTA dari kediaman nya di Sangkar Nihuta Balige.


   Setelah dilakukan interogasi , tersangka RS memberitahukan teman-teman  nya dan  anggota kita melakukan pengejaran sehingga tersangka yang lain bisa di amankan keseluruhan. 


    Pengungangkapan kasus ini berawal dari laporan pemilik kenderaan Maruhum Sianturi warga Kecamatan Muara Taput yang kehilangan sepeda motor Jumat ( 22/10/2021) lalu . 


  Setelah kita menerima laporan, lalu team bekerja untuk melakukan penyelidikan dan inilah hasil nya.


    Berdasarkan hasil pemeriksaan , tersangka mengakui seluruh perbuatan nya. Mereka merupakan suatu sindikat spesialis curanmor di bebera daerah . Bukan hanya di taput bahkan di daerah lain. 


    Keterangan tersangka dalam pemeriksaan , ketika mereka mau beraksi , mereka terlebih dahulu berkomunikasi lewat Hand phone supaya kumpul di satu titik biasa nya di balige. 


   Dari pertemuan itulah mereka untuk menentukan tujuan ke mana mereka akan beraksi serta berbagi tugas. Peran masing berbeda-beda. 


  TS, IPB, RH dan AST langsung menuju sasaran selanjut nya CJP  SPR membeli  hasil curian .  Saat beraksi ke lapangan ke empat tersangka selalu menggunakan mobil Avanza milik IPB . 


   Dari tangan tersangka , kita berhasil menemukan barang bukti berupa empat unit sepeda motor dan satu unit mobil Avanza warna hitam.


   Saat ini ke enam orang tersangka sudah kita tahan dengan menerapkan dua jenis  pasal . Untuk ke empat orang pelaku ke lapangan kita tetapkan Pasal 363 ayat (2) dari KUHPidana subs Pasal 363 ayat (1) ke-3e, ke-4e dan ke-5e dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. 


   Sedangkan untuk kedua orang tersangka lain yaitu CJP dan SPR kita terapkan pasal MEMBERIKAN PERTOLONGAN JAHAT ( PENADAH ) sebagaimana dimaksud dalam Pasal 480 ke-1e dari KUHPidana dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Panji S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar